Kategori: Solo

21 Legislator Harus Karantina Mandiri, DPRD Solo Tunda Rapat Paripurna


Solopos.com/Mariyana Ricky P.D

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah rapat paripurna DPRD Solo yang sedianya digelar pekan ini terpaksa ditunda lantaran ada 21 legislator yang harus karantina mandiri.

Mereka yang merupakan kontak erat Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, yang positif Covid-19 telah menjalani tes swab pada Sabtu (25/7/2020).

Tes diikuti juga oleh para pejabat Pemkot termasuk Wali Kota FX Hadi Rudyatmo dan para wartawan.

Pilkada Solo: Purnomo Tolak Gabung Tim Pemenangan Gibran-Teguh, Mau Maju Sendiri?

Selain legislator, dua orang staf Sekretariat Dewan atau Sekwan yang menjadi kontak dekat Achmad Purnomo juga menjalani swab test dan harus karantina mandiri. Rapat ditunda sembari menunggu hasil uji swab mereka keluar.

Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, mengatakan sedianya pada Senin (27/7/2020) adalah hari terakhir komisi menjadwalkan penyusunan rencana kegiatan anggaran (RKA).

Tim Paslon Independen Bajo di Pilkada Solo Serahkan 21.063 Dukungan Tambahan

Namun karena legislator DPRD Solo harus karantina mandiri, rapat ini harus batal. “Karena hampir separuh anggota DPRD ikut uji swab selama dua hari terakhir, kami sudah minta sekretariat dewan agar kegiatan itu ditunda," kata dia kepada wartawan, Minggu (26/7/2020).

Selain itu, Badan Musyawarah (Bamus) juga dijadwalkan membahas Nota Pengantar Wali Kota terkait Perda APBD Perubahan 2020, pada Selasa (28/7/2020).

PDIP Sukoharjo Tancap Gas Dorong Pengurus Dan Kader Menangkan EA Di Pilkada 2020

Agenda tersebut kemungkinan juga ditunda mengingat hasil uji swab yang kemungkinan baru keluar pada Rabu (29/7/2020) atau Kamis (30/7/2020). “Kami belum tahu Selasa atau kapan hasilnya bisa keluar,” ucap Budi.

Tidak Beraktivitas Di Luar Rumah

Untuk sementara, 21 legislator DPRD Solo dan dua orang staf Sekretariat DPRD yang menjalani uji swab diminta karantina mandiri, tidak beraktivitas di luar rumah atau ke luar kota.

Tergeletak Berjam-Jam Dikira Tidur di Masjid Nglangon Sragen, Kakek-Kakek Ini Ternyata Pingsan

Jika pekan ini hasilnya bisa diketahui dan negatif, akhir bulan bisa dimaksimalkan untuk mengejar agenda-agenda yang belum terselesaikan.

Seperti diberitakan, puluhan anggota DPRD Solo menjadi kontak erat dan dekat Wawali Solo Achmad Purnomo yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kematian Akibat Covid-19 Boyolali Tambah 2, Total Jadi 6 Orang

Hal itu karena sebelum dinyatakan positif corona pada Jumat (24/7/2020), Wawali mengikuti rapat paripurna dan bertemu para legislator di DPRD Solo.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih