SOLOPOS.COM - Tim pemenangan paslon independen Bajo menyerahkan syarat dukungan tambahan ke KPU Solo, Minggu (26/7/2020). (Istimewa/Arif Nuryanto)

Solopos.com, SOLO -- Tim pemenangan pasangan calon atau paslon dari jalur independen, Bagyo Wahyono-FX Supardjo alias Bajo menyerahkan berkas dukungan tambahan untuk maju Pilkada ke KPU Solo, Minggu (26/7/2020).

Jumlah dukungan tambahan yang diserahkan Tim Bajo kepada KPU Solo sebanyak 21.063 orang. Jumlah itu sudah di-input yang bisa diakses secara online di aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU, serta tinggal didaftarkan saja (submit).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan hasil rekapitulasi verifikasi dukungan Bajo yang dilakukan KPU Solo, beberapa waktu lalu, jumlah pendukung Bajo yang dinyatakan memenuhi syarat ada 28.629 orang. Artinya pasangan itu masih kekurangan 7.241 suara dukungan.

Wawali Purnomo Positif, DPC PDIP Solo Tunda Roadshow Gibran-Teguh

Sesuai aturan, jumlah dukungan tambahan yang diserahkan tim paslon independen Bajo ke KPU Solo agar bisa maju Pilkada minimal dua kali lipat dari jumlah kekurangan itu. Dengan jumlah dukungan tambahan 21.063 berarti Bajo menyerahkan hampir tiga kali lipat kekurangan.

Berkas dukungan tambahan yang diserahkan Bajo akan melalui proses pengecekan dan verifikasi administrasi terlebih dulu. Verifikasi faktual dilakukan terhadap pendukung yang berkasnya lolos tahap verifikasi administrasi.

Penanggung Jawab Tim Pemenangan Bajo, Budi Yuwono, yang memimpin langsung penyerahan berkas dukungan tambahan berharap hanya cukup sekali memanfaatkan masa perbaikan. “Semoga dengan ini cukup,” ujar dia.

UNS Solo Buka Jalur Seleksi Mandiri, Ini Jadwal Pendaftarannya

Menurut Budi, tim pemenangan paslon independen Bajo di Pilkada Solo sudah lebih matang dalam penggalangan dan input data dukungan tambahan di aplikasi Silon. Dengan begitu diharapkan jumlah dukungan yang rontok saat verifikasi tak sebanyak sebelumnya.

Menutup Kekurangan Dukungan

Penuturan senada disampaikan Ketua Tim Pemenangan Bajo, Robert Hananto. Menurut dia, penyerahan jumlah dukungan tambahan hingga 21.063 orang diharapkan mencukupi untuk menutup kekurangan dukungan.

Dengan begitu tidak perlu dilakukan penggalangan dukungan tambahan lagi oleh Tim Pemenangan Paslon Bajo. “Harapan kami semua kekurangan dukungan langsung tertutup dengan dukungan yang kami serahkan hari ini,” tutur dia.

Ini Alasan Muhammadiyah, NU, dan PGRI Mundur dari POP Nadiem Makarim

Bila syarat minimal dukungan terpenuhi, paslon Bajo akan mengukir sejarah sebagai pasangan cawali-cawawali pertama dari jalur independen di Pilkada Solo. Selama ini belum pernah ada paslon jalur perseorangan di pilkada Solo.

Sedangkan Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti menyatakan akan melakukan verifikasi administrasi terlebih dulu terhadap berkas dukungan tambahan Bajo. Setelah itu KPU Solo beru melakukan verifikasi faktual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya