SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu dan bayi positif Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Dua bayi berjenis kelamin laki-laki dan perempuan di Sukoharjo terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19. Saat ini, kedua bayi itu masih dirawat intensif di rumah sakit rujukan.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Senin (20/7/2020). Kedua bayi yang baru lahir ini diduga tertular virus corona dari ibunya.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Beda Kekuatan, Bajo Siap Lawan Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020

Saat menjalani swab test, ibu bayi tersebut dinyatakan positif corona. "Salah satu bayi yang terinfeksi virus Covid-19 berasal dari wilayah Kecamatan Gatak. Kondisi bayi sehat dan masih dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19," kata dia, Senin.

Kedua bayi itu merupakan pasien baru positif corona di Sukoharjo yang terkonfirmasi antara 13 Juli-19 Juli. Keduanya bagian dari pasien positif tambahan selama sepekan terakhir sebanyak 65 orang.

Mbalela! Pasutri Gemolong Sragen Menolak Percaya Hasil Tes Swab-nya Positif Covid-19

Selain bayi, gugus tugas juga menemukan seorang anak balita yang juga terkonfirmasi positif corona berdasarkan hasil tracing atau pelacakan kontak erat pasien positif corona.

Pasien Tertua

Sementara pasien positif baru tertua berusia 60 tahun. "Kurva pandemi Covid-19 di Sukoharjo terus melonjak. Hampir setiap hari ada penemuan pasien positif baru," ujar dia.

Kasus Covid-19 Meledak, Pemkot Solo Akan Buka Lagi 2 Rumah Karantina

Gugus tugas meminta kalangan anak-anak dan lanjut usia (lansia) tidak bepergian ke pusat keramaian dan mal. Kerumunan massa berisiko memunculkan klaster baru dalam persebaran Covid-19.

Gara-Gara 1 Pasien Tidak Jujur, 10 Warga Satu RT Di Sukoharjo Positif Corona

Terlebih, anak-anak dan lansia rentan terpapar virus Covid-19 lantaran imunitas tubuhnya lemah. "Gugus tugas bakal bekerja ekstra keras untuk melacak kontak erat pasien positif. Hal ini bagian dari upaya pencegahan persebaran Covid-19," papar Yunia.

Dikeroyok Sejumlah Orang, Ketua Anak Ranting PDIP di Jebres Solo Lapor Polisi

Sementara itu, jumlah total kasus positif Covid-19 di Sukoharjo hingga Senin tercatat sebanyak 173 orang. Dari jumlah itu, 25 orang dirawat, 58 orang isolasi mandiri, 80 orang sembuh, dan 10 orang meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya