102 Kabupaten/Kota Zona Hijau Covid-19 Segera Terapkan New Normal, Jateng Cuma Tegal
Ini daftar 102 kabupaten/kota zona hijau Covid-19. (Youtube)

Solopos.com, WONOGIRI – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mencatat ada 102 kabupaten/kota yang tidak nihil kasus positif Covid-19 alias termasuk zona hijau. Di wilayah Jawa Tengah (Jateng), hanya Tegal yang termasuk dalam kawasan zona hijau.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengatakan, daerah hijau bisa mulai menerapkan skenario new normal. Hal itu dilakukan agar kegiatan masyarakat kembali produktif.

“Presiden Jokowi memerintahkan ketua gugus tugas memberikan kewenangan kepada 102 pemerintah kabupaten/kota yang berada dalam zona hijau untuk melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman Covid-19,” kata Doni dalam konferensi pers di Graha BNPB, Sabtu (30/5/2020).

Tak Sampai Semenit, 5 Residivis Pelaku Curanmor di Wonogiri Gondol Motor Incaran

Doni Monardo menegaskan masyarakat di zona hijau Covid-19 harus tetap produktif. Mereka juga wajib mematuhi protokol kesehatan dan tetap waspada terhadap ancaman penularan virus corona.

“Seterusnya setiap daerah juga harus memperhatikan ketentuan tentang testing-testing yang agresif. Isolasi yang ketat, serta treatment yang dapat menyembuhkan pasien Covid-19,” sambung dia.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah menyebut new normal sebagai perubahan budaya keseharian. Juru bicara Gugus Tugas Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan konsep new normal nantinya bakal mengubah pelayanan kesehatan.

New Normal di SD Swasta di Solo, Separuh Siswa Masuk Pagi, Separuh Siang

Dia menjelaskan konsep new normal yang segera diterapkan di zona hijau Covid-19 menuntut masyarakat disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Hal ini menjadi protokol wajib agar kegiatan masyarakat berjalan normal di tengah pandemi Covid-19.

Meski demikian skenario new normal tetap berpotensi meningkatkan kasus Covid-19. Apalagi jika masyarakat mengabaikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Meski demikian pemerintah telah menginstruksikan 102 kabupaten/kota yang termasuk zona hijau Covid-19 untuk menerapkan new normal. Langkah ini diharapkan dapat membuat kehidupan kembali normal, terutama di sektor ekonomi.

Viral Koran Solopos Jadi Dekorasi Kamar Estetik, Bisa Tidur Sambil Ngisi TTS & Cari Loker


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho