1.350 Orang Ikuti Tes Swab Massal di Balaikota Solo
Kompleks Balai Kota Solo. (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 1.350 orang dari sejumlah kelompok masyarakat Solo mengikuti tes swab massal di Balaikota Solo, Sabtu (18/7/2020).

Kelompok tersebut terdiri dari pedagang Pasar Harjodaksino, aparat keamanan (TNI), guru, ASN yang bertugas di Stadion Manahan, pegawai puskesmas, hingga petugas kebersihan. Tak ketinggalan sejumlah anggota masyarakat lainnya juga mengikuti uji swab tersebut.

Tes swab massal yang difasilitasi BNI itu dilakukan pada sejumlah bilik yang disediakan khusus di Pendapi Gede kompleks Balaikota Solo.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan pihaknya sudah menyiapkan rumah sakit lini ketiga di Solo untuk menampung masyarakat yang positif Covid-19 dalam pemeriksaan itu.

Seluk Beluk Prostitusi Artis, Ada Kelas dan Tarif Khusus

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BNI yang telah memberikan fasilitas uji swab massal. Semoga hasil uji swab ini nanti semuanya negatif. Tapi kalau ada yang positif dan jumlahnya banyak, kami sudah siapkan rumah sakit sampai lini ketiga, yakni RS Bung Karno, RS Panti Waluyo, RS DKT, RS Byarat Minulya, dan RS Hermina,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pemkot Solo menutup sejumlah hotel, pasar, hingga tempat umum lantaran meningkatnya angka kasus positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir. Adapun beberapa tempat yang ditutup adalah Pasar Harjodaksino, Beteng Trade Center (BTC), dua hotel, Taman Jayawijaya, dan Alun-alun Selatan.

HUT BNI

Dalam kesempatan itu Direktur Treasuri dan Internasional BNI, Putrama Wahju Setyawan, mengatakan tes swab massal bagi warga Solo merupakan bagian dari BNI Berbagi. Acara itu digelar dalam rangka memperingati HUT ke-74 BNI.

“Ini rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT ke-74 BNI melalui BNI Berbagi. Saat ini pandemi Covid-19 masih merebak, sehingga kami dari manajemen dan pegawai memutuskan BNI Berbagi ini dalam bentuk swab gratis,” ujarnya.

Jadi Ketua DPRD Se-Jateng, Ini Jumlah Utang Suparno

Selain Solo, tes swab massal juga menyasar daerah yang berada di 17 wilayah BNI di Indonesia. “Kegiatan kami tidak hanya uji swab gratis, tetapi juga pembagian masker, APD [alat pelindung diri], dan sarana PCR [polymerase chain reaction]. Untuk kegiatan di Solo ini kami harapkan bisa membantu Wali Kota dalam mengendalikan persebaran Covid-19,” imbuhnya

Ini Mak Keti Rektor Universitas Merapi, Tinggal Sendiri di Bekas Dusun yang Ambyar Disapu Erupsi

Sementara itu, spesimen yang diuji swab tersebut langsung dibawa ke Rumah Sakit Pertamina di Cilacap untuk diteliti. Diharapkan, semua sampel dalam tes swab massal di Solo ini selesai diperiksa pada Minggu (19/7/2020).

Kegiatan uji swab massal itu dihadiri pejabat BNI, Pertamina Bina Medika IHC, PT Sritex, Korem 074/Warastratama, Kodim 0735, Polresta Solo dan lainnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom