Jateng
Kamis, 18 Mei 2017 - 22:50 WIB

KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG : Penahbisan Uskup Agung Dipastikan Tanpa Menag

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mgr. Robertus Rubiyatmoko (kanan) dipilih oleh Paus Fransiskus untuk memimpin Keuskupan Agung Semarang.(www.hidupkatolik.com)

Keuskupan Agung Semarang bakal menggelar acara penahbisan Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko.

Semarangpos.com, SEMARANG – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin batal menghadiri acara pelantikan pemimpin Keuskupan Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko di Lapangan Bhayangkara, kampus Akademi Kepolisian (Akpol), Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (19/5/2017).

Advertisement

Vikaris Episkopalis Gereja Katedral Semarang, Rama Sukendar, menyebutkan Menag Lukman Hakim Saifuddin dipastikan tidak bisa datang dalam acara penahbisan Mgr. Robertus Rubiyatmoko sebagai uskup agung Semarang karena sedang menjalani tugas kenegaraan di Malaysia.

“Sebagai gantinya, yang datang dari Kemenag [Kementerian Agama] adalah Eusabius Binsasi, yang saat ini menjabat sebagai Dirjen Bimas Katolik,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Vikjen Keuskupan Agung Semarang itu kepada Semarangpos.com, Rabu (18/5/2017).

Baca juga PEMIMPIN AGAMA : Vatikan Tunjuk Rama Rubi sebagai Uskup Agung Semarang

Advertisement

Meski Menag dipastikan tidak hadir, para pejabat lainnya dipastikan datang dalam acara penahbisan uskup agung Semarang itu. Acara yang digelar sejak pukul 16.00 WIB dan berlanjut pada pukul 18.30 WIB itu bahkan akan dihadiri puluhan tokoh lintas agama di Jateng dan DIY.

Acara penahbisan Mgr. Robertus Rubiyatmoko sebagai uskup agung Semarang itu rencana juga dihadiri puluhan ribu umat Katolik di Jateng dan DIY. Mereka akan menyaksikan pelantikan sang uskup yang sejak 16 bulan terakhir mereka nantikan sosoknya.

Baca juga Uskup Agung Dilantik, Begini Rangkaian 3 Acaranya

Advertisement

“Penahbisan ini menjadi hadiah bagi kami yang selama 16 bulan terakhir tidak memiliki sosok pemimpin di Keuskupan Agung Semarang,” ujar Rama Sukendar.

Acara puncak pelantikan Uskup Agung Semarang itu juga akan dihadiri 40 uskup se-Indonesia. Sementara, Duta Besar Vatikan juga akan hadir dalam acara penhbisan uskup asal Sleman, Yogyakarta itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif