Jateng
Rabu, 17 Mei 2017 - 18:50 WIB

Uskup Agung Semarang Dilantik, Begini Rangkaian 3 Acaranya...

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Monsinyur (Mgr.) Robertus Rubiyatmoko (tengah) didampingi Rama Sukendra (kiri) dan Rukma Setyabudi (kanan) saat sesi jumpa pers di Kantor Keuskupan Agung Semarang, beberapa waktu lalu. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Y.S.)

Uskup Agung Semarang terpilih Monsinyur Robertus Rubiyatmoko akan segera menjalani pelantikan.

Semarangpos.com, SEMARANG – Keuskupan Agung Semarang sebentar lagi menggelar hajatan besar. Keuskupan yang membawahi 100 paroki di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu akan segera menggelar acara pelantikan Monsinyur (Mgr.) Robertus Rubiyatmoko sebagai uskup agung Semarang.

Advertisement

Salah seorang panitia pelantikan, Rama Sukendra, menyebutkan pelantikan Mgr. Robertus Rubiyatmoko sebagai uskup agung Semarang akan dilakukan dalam rangkaian tiga acara yang digelar Kamis-Sabtu (18-20/5/2017).

Baca juga USKUP AGUNG : Inilah Profil Rama Rubi Pemimpin Baru Keuskupan Agung Semarang

“Acara pelantikan ini akan dilakukan dalam tiga rangkaian kegiatan. Pertama ibadah Salve Agung dan Pemberkatan Insignia di Gereja Katedral, kedua acara penahbisan di Lapangan Akpol, dan ketiga adalah misa perdana Monsinyur Rubi [sapaan Mgr. Robertus Rubiyatmoko] sebagai Uskup Agung Semarang di Gereja Katedral,” tutur Rama Sukendra saat dijumpai Semarangpos.com di sela-sela gladi resik acara Penahbisan Uskup Agung Semarang di Lapangan Akpol, Semarang, Rabu (17/5/2017).

Advertisement

Rama Sukendra menambahkan acara ibadah Salve Agung dan Pemberkatan Insignia di Gereja Katedral, Kota Semarang, akan dimulai pukul 17.00 WIB. Agenda di Kota Semarang itu yang akan dipimpin oleh Duta Besar Vatikan, Antonio Guido Filipazzi, yang berisi pemberkatan peralatan atribut uskup, seperti tongkat, dan salib dada.

“Selain itu, pada acara ibadah Salve Agung nanti juga akan dibacakan janji suci dari uskup agung Semarang untu setia melayani Tuhan,” beber Rama Sukendra.

Sementara itu, acara puncak Pelantikan Uskup Agung Semarang di Lapangan Akpol, Jumat, akan dimulai sejak pukul 16.00 WIB. Acara yang diawali dengan misa dan pembacaan doa itu kemudian akan dilanjutkan dengan ramah tamah antara uskup agung Semarang dengan sejumlah tokoh kerukunan umat beragama dan pejabat setempat, seperti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono, dan pejabat pemerintah Kota Semarang.

Advertisement

Acara puncak pelantikan atau penahbisan Monsinyur Rubi sebagai uskup agung Semarang itu rencana juga akan dihadiri 40 uskup se-Indonesia. Acara ini kabarnya juga akan dihadiri puluhan ribu umat Katolik yang ada di Jateng-DIY. “Sementara itu, untuk rangkaian acara ketiga atau terakhir adalah misa perdana Monsinyur Rubi setelah dilantik sebagai uskup agung di Gereja Katolik atau Gereja Katedral. Misa perdana itu akan digelar Sabtu mulai pukul 17.30 WIB,” terang Rama Sukendra.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif