Yuk, Makan Makanan Penurun Kolesterol Ini Agar Tubuh Sehat

Padahal meski pun bisa jadi penurun kadar kolesterol di dalam tubuh, makanan ini tetap terasa lezat loh!

 Ilustrasi makan makanan sehat. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan makanan sehat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah makanan yang bisa jadi penurun kadar kolesterol dalam tubuh kita. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi kadarnya yang berlebihan justru dapat menimbulkan potensi dari berbagai penyakit.

Sayangnya bisa jadi masih banyak yang belum mengetahui aneka makanan yang bisa jadi penurun kadar kolesterol di dalam tubuh ini.  Alih-alih memilih menyantap makanan sehat, kita justru pilih menyantap junk food atau gorengan yang terasa lezat. Nah tak ada salahnya mulai sekarang melakukan diet sehat demi kesehatan.

Padahal meski pun bisa jadi penurun kadar kolesterol di dalam tubuh, makanan ini tetap terasa lezat loh! Berikut ini daftarnya seperti dikutip dari hellosehat.com pada Jumat (14/1/2022):

1. Oatmeal

Salah satu nutrisi yang baik untuk jaga kadar kolesterol sekaligus dapat menjadi sumber makanan penurun kolesterol adalah serat. Sebab, serat dapat turunkan kadar kolesterol dalam darah. Makanan berserat bisa Anda masukkan ke dalam menu makanan sehari-hari untuk menjaga kolesterol tetap aman.

Baca Juga:  Jaga Imunitas Tubuh, 4 Hal Ini Wajib Dilakukan

Salah satu makanan yang mengandung serat adalah oatmeal. Makanan ini mengandung serat larut, yang dapat mengurangi kadar lipoprotein low-density (LDL) atau kolesterol jahat. Selain pada oatmeal, serat larut yang baik untuk kolesterol juga bisa ditemukan pada kacang merah, apel, pir, dan plum. Serat larut dipercaya mampu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Mengutip Mayo Clinic, mengonsumsi 5-10 gram lebih serat larut per hari dapat menurunkan kolesterol LDL. Jika makan 1 1/2 cangkir oatmeal, Anda telah mendapatkan asupan serat sebanyak 6 gram. Sementara itu, saat menambahkannya dengan buah seperti pisang atau buah beri, Anda juga menambahkan asupan serat harian.

2. Kacang-kacangan

Salah satu makanan yang baik untuk kolesterol adalah kacang-kacangan. Pasalnya, makanan ini mengandung lemak tak jenuh dan juga serat yang baik untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal.
Salah satu jenis kacang-kacangan yang baik untuk kolesterol adalah almond dan kacang kenari. Selain baik untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, makanan ini juga dapat menurunkan berbagai komplikasi kolesterol, misalnya serangan jantung.

Baca Juga: Deretan Mitos Inhaler bagi Penderita Asma, Bagaimana Faktanya?

Meski begitu, Anda tetap harus memerhatikan porsi kacang-kacangan yang Anda makan. Pasalnya, kacang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkan kacang ke dalam salad atau mengonsumsinya sebagai cemilan untuk penderita kolesterol. Mengonsumsi makanan ini secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam darah.

3. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Salah satu jenis makanan penurun kolesterol yang tidak kalah penting adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Mengonsumsi berbagai macam sayur dan buah setiap hari dapat membantu Anda mencegah berbagai jenis penyakit jantung yang umumnya menjadi komplikasi dari kolesterol tinggi.

Ada banyak jenis buah  dan sayur yang tinggi serat yang bisa membantu turunkan kadar kolesterol di dalam darah. Makanan untuk kolesterol ini dapat menurunkan kadar LDL dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol jahat ini di dalam darah. Jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah sayuran hijau, misalnya bayam. Sayuran ini dipercaya dapat melindungi pembuluh darah arteri dari tumpukan kolesterol yang dapat berubah menjadi plak.

Baca Juga: Tiga Gejala Umum yang Menandakan Kolesterol Anda Tinggi

Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau setiap hari. Selain mengonsumsinya sebagai makanan untuk penurun kolesterol, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus atau smoothies. Selain kaya akan serat, ada pula buah yang memiliki kandungan lemak baik seperti alpukat. Mengonsumsi buah alpukat dapat membantu mengurangi kadar LDL dalam darah, khususnya pada orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Anda bahkan bisa menggunakan buah ini sebagai salah satu makanan alternatif pengganti asupan lemak jenuh dan lemak trans untuk memenuhi kebutuhan lemak harian. Dengan begitu, makanan ini dapat Anda gunakan untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap aman.

4. Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3

Salah satu makanan penurun kolesterol yang disarankan adalah mengonsumsi ikan. Namun, tidak semua ikan boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Pilih ikan yang kaya kandungan asam lemak omega-3.

Meski tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kadar kolesterol jahat di dalam darah, ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida. Selain itu, makanan ini juga dapat mengurangi risiko penggumpalan darah, salah satu kondisi yang mungkin terjadi jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi.

Bahkan, pada orang yang mengalami serangan jantung, salah satu komplikasi kolesterol tinggi, mengonsumsi ikan atau makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko kematian secara mendadak.

5. Susu kedelai

Jika Anda gemar minum susu, tidak ada salahnya mencoba untuk membiasakan diri minum susu kedelai. Susu yang satu ini cocok untuk pengganti susu sapi kaya lemak yang Anda konsumsi.

Susu kedelai cocok sebagai susu untuk penderita kolesterol, karena kedelai dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam darah. Bahkan, tidak hanya susu kedelai saja yang baik untuk dikonsumsi, melainkan makanan lain yang terbuat dari kedelai.

Sebagai contoh, edamame, tahu, dan kacang kedelai merupakan makanan yang baik untuk kolesterol. Mengonsusmi 25 gram kedelai setiap harinya dipercaya dapat mengurangi kadar LDL dalam darah hingga 5-6 persen.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Hoaks! Sembuhkan Omicron dengan Menghirup Bubuk Jahe

Seorang pakar kesehatan yang diklaim bernama Zarir Udwadia, dalam sebuah video di Twitter, merekomendasikan penggunaan bubuk jahe untuk sembuhkan infeksi varian Omicron.

50 Kota dengan Selfie Terbanyak di Dunia, Termasuk Yogyakarta

Yogyakarta dan  Denpasar masuk dalam daftar 50 kota dengan selfie terbanyak di dunia.

Hari Gizi Nasional, Ini 10 Tanda Gizi Buruk pada Bayi

Orang tua harus memiliki pengetahuan tentang gizi buruk pada anak sedini mungkin.

Studi: Varian Omicron Bertahan Lebih Lama di Kulit

Sebuah studi mengungkapkan jika varian Covid-19 Omicron dapat bertahan lebih lama daripada jenis virus sebelumnya pada permukaan plastik dan kulit manusia.

Viral! Ada Nasi Kucing Ayam Goreng, Begini Tampilannya

Nasi kucing kali ini berbeda dari biasanya lantaran diberikan ayam goreng dan dapat membuat orang yang melihatnya tertawa, begini tampilannya.

Gegara Video Ini, Ganjar Pranowo Dijuluki Gubernur Halu

Gara-gara mengunggah video ini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dijulukui gubernur halu. Sang istri sampai ikut berkomentar!

Doa Ketika Anak Sakit Biar Diberi Kesembuhan Menurut Islam

Berikut ini terdapat doa ketika anak sakit biar segera diberikan kesembuhan menurut ajaran Islam yang dijelaskan Nahdlatul Ulama (NU).

Begini Cara Menangani Diabetes pada Anak Seperti Diidap Matthew White

Cara pertama menangani diabetes pada anak adalah rutin cek gula darah.

Mengenal Diabetes pada Anak Seperti Dialami Aktor Matthew White

Secara umum, ada dua jenis diabetes yang terjadi pada anak, yaitu diabetes tipe 1 dan 2.

Covid-19 Bisa Menjadi Seperti Flu Biasa, Asalkan Prokes Diterapkan

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyebut Covid-19 bisa menjadi flu biasa di masa mendatang.

Bolehkah Membangunkan Orang yang Tidur Berjalan?

Nah, jika melihat seseorang yang mengalami tidur sambil berjalan ini, apa yang harus dilakukan?

Penting Perawatan Wajah Sebelum Tidur, Begini Caranya

Perawatan kulit di malam hari sebelum tidur berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

Mengenal Metode Surrogate Mother Seperti Dilakukan Priyanka Chopra

Apakah yang dimaksud dengan metode surrogate mother atau surogasi seperti dilakukan Priyanka Chopra ini?

Haruskah Bayi Baru Lahir Menggunakan Sarung Tangan Setiap Saat?

Tak sedikit orang tua percaya penggunaan sarung tangan untuk bayi baru lahir adalah suatu hal yang wajib.

Efek Kekerasan pada Anak Bisa Berlanjut Hingga Dewasa

Tak hanya menimbulkan luka fisik, kekerasan pada anak juga menimbulkan trauma dan menghancurkan masa depan korban.

Ramai di Twitter, Apa Itu Husband Stitch yang Dialami Pascapersalinan?

Dalam waktu singkat, cuitan soal husband stitch tersebut pun menjadi viral.