Jaga Imunitas Tubuh, 4 Hal Ini Wajib Dilakukan

Ada empat hal yang wajib dilakukan untuk jaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19, selain melalui vaksinasi.

 Ilustrasi makan salad. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan salad. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Bukan hanya vaksinasi Covid-19 untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus corona, melainkan ada empat hal yang juga wajib dilakukan. Menjaga  daya tahan tubuh tetap sehat dan kuat sangat penting terutama di masa pandemi.

PromosiRp8,1 Triliun per Bulan dari "Servis Telinga", Spotify Juaranya

Ada empat hal yang wajib dilakukan untuk jaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19, selain melalui vaksinasi. Menurut Leong Hoe Nam seorang dokter penyakit menular di Rophi Clinic, sistem imun tubuh tidak hanya terdiri dari satu organ saja. “Faktanya, ini adalah jaringan kompleks yang terdiri dari sel darah putih, antibodi, limpa, sumsum tulang dan timus,” kata ahli kesehatan itu.

Melansir CNA dan Bisnis.com, Jumat (14/1/2022), para ahli merekomendasikan empat hal wajib dilakukan demi jaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19 :

1. Tidur yang cukup

Salah satu dari empat hal wajib dilakukan untuk jaga imunitas tubuh adalah tidur berkualitas. Tidur yang berkualitas dapat meningkatkan jumlah sel T dalam tubuh Anda, yang penting untuk melawan infeksi. Alasan lainnya menurut Leong, otak memiliki cara untuk membersihkan limbah dan hanya diaktifkan selama fase tidur REM.

Baca Juga: Perhatikan Pola Makan Penderita Stroke Seperti Tukul Arwana

“Tujuan dari sistem glymphatic adalah untuk membersihkan otak dari racun yang terakumulasi sepanjang hari, sambil mengangkut antigen dan jenis kekebalan lainnya di sekitar otak untuk fungsi kognitif yang optimal,” tutur Leong. Dan sama seperti vaksin, tidur dapat memperkuat memori ini atau kemampuan untuk mengenali penyerang dan patogen asing. Itu artinya, Anda harus mendapatkan tidur yang cukup, yakni tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

2. Makan beragam makanan bernutrisi

Jika Anda seringkali hanya terpaku pada satu makanan saja, ada baiknya untuk mulai mengonsumsi beragam makanan yang kaya akan nutrisi. “Ingat bahwa segala sesuatu harus dikonsumsi dalam jumlah sedang karena mengonsumsi satu makanan secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping atau toksisitas,” tutur seorang ahli gizi, Melanie Anthonysamy.

Daripada hanya mengonsumsi makanan yang sama, ahli gizi tersebut menyarankan untuk makan makanan yang beragam untuk mendapatkan manfaat dari berbagai nutrisi agar tubuh kita dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Deretan Mitos Inhaler bagi Penderita Asma, Bagaimana Faktanya?

3. Minum air yang cukup

Anthonysamy menuturkan bahwa sistem imun tubuh kita sangat bergantung pada nutrisi dalam aliran darah kita. Karena aliran darah sebagian besar terdiri dari air, tubuh tidak dapat mengangkut nutrisi dengan baik ke setiap sistem organ bila kita tidak minum cukup air. Selain itu, dengan tetap terhidrasi, ini akan membantu menghilangkan racun seperti meningkatkan drainase limfatik untuk membersihkan penyerbu asing dan bahan limbah. Dan yang terpenting, air dibutuhkan untuk memproduksi lendir dan air liur, yang merupakan garis pertahanan tubuh Anda yang lain.

Baca Juga: WHO: Omicron Berbahaya Terutama untuk Orang Tidak Divaksin

4. Rutin berolahraga

Ada beberapa alasan yang bagus mengapa Anda perlu berkeringat. Pertama, aliran darah Anda menjadi lebih baik, yang memungkinkan sel-sel kekebalan bekerja lebih efektif. Kedua, olahraga dapat menurunkan kadar hormon stress. Dan alasan lainnya menurut Leong adalah olahraga dengan intensitas sedang telah dikaitkan dengan tingkat infeksi saluran pernapasan atas yang lebih rendah seperti pilek dan flu. Di lain sisi, Anthonysamy mengatakan bahwa Anda tidak wajib mengonsumsi vitamin, terutama vitamin C.

“Kita tidak boleh menganggap vitamin C sebagai satu-satunya obat atau nutrisi untuk pemulihan. Sebaliknya, kita harus memastikan bahwa kita juga mengonsumsi nutrisi lain, karena semuanya membantu tubuh agar bisa berfungsi dengan baik,” ungkapnya.

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Berikut Ini Sejumlah Fakta Varian IHU yang Ditemukan di Prancis

Belum selesai persebaran virus SARS-CoV-2 varian Omicron di berbagai negara, kini muncul varian baru lain yaitu IHU atau B.1640.2.

WHO Ungkap Penyebab Varian Omicron Lebih Cepat Menular

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan penyebab Covid-19 varian Omicron lebih cepat menular dibandingkan varian lainnya.

Fakta Baju Seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week

Saat menghadiri pagelaran Paris Fashion Week, Arnold memadukan seragam Pemuda Pancasila dengan dalaman kaos hitam.

Viral Video NCT Dream Joget Lagu Koplo, Ndarboy Genk: Kok Bisa Ya?

Ndarboy Genk mengaku heran lagu yang ia populerkan digunakan untuk latar joget boyband asal Korea Selatan, NCT Dream.

Viral! Video Aktor Steven Seagal Cium Mandau, Ini Respons Netizen

Aktor senior asal Amerika Serikat, Steven Seagal, baru-baru ini menjadi perhatian netizen Indonesia karena videonya diduga mengunjungi Suku Dayak di Kalimantan dan mencium Mandau.

Kemenkes Sediakan Pelayanan Bagi Pasien Positif Omicron, Begini Caranya

Teknologi telemedisin Kemenkes ini bertujuan menyediakan akses kesehatan terjangkau secara online dengan fleksibel, terjangkau, dan mudah.

Waspada! Gejala Omicron Bisa Bertahan Lama di Tubuh

Beberapa penelitian menyebutkan varian Omicron ini memiliki gejala yang dapat bertahan lama di dalam tubuh orang yang terpapar virus tersebut.

Jadi Enggak Seram! Jalan Permakaman Dipenuhi Bakul Jajanan dan Mainan

Permakaman yang identik dengan tempat menyeramkan bagi sebagian orang malah digunakan bakul jajanan berjualan.

Joget Mendung Tanpo Udan, Instagram NCT Dream Diserbu Netizen Indonesia

NCT Dream membuat heboh netizen Indonesia dengan joget lagu koplo Mendung Tanpo Udan, yang dipopulerkan oleh Ndarboy Genk.

Doa Agar Anak Rajin Ibadah Salat, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa agar anak rajin ibadah salat yang bisa dibaca oleh para orang tua, dilengkapi dengan latin dan artinya.

Viral! Pria Pamerkan Kekuatan Mistis yang Buat Mandau Terbang

Sosok pria menampilkan kekuatan mistis yang membuat mandau terbang tanpa disentuh.

Tata Cara Salat Jenazah, Lengkap dengan Doa

Berikut tata cara dan doa salat jenazah sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad.

Begini Tanda Seseorang Merasa Klik dengan Orang Lain

Penelitian tentang bagaimana tanda seseorang klik dengan orang lain ini diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

7 Dekorasi Imlek Ini Dipercaya Mendatangkan Keberuntungan

Setiap dekorasi dalam perayaan Imlek memiliki makna tersendiri dan dipercaya dapat membawa keberuntungan pada sebuah rumah berikut penghuninya.

Unik! Bakul Mi Ayam Ini Masak Sambil Joget, Alasannya Bikin Heran

Seorang bakul berjoget saat memasak mi ayam pesanan pembeli, konon agar masakannya lebih lezat.

Awas! Lima Ruam Kulit Ini Menunjukkan Gejala Awal Covid-19

Ada lima jenis ruam kulit yang menunjukkan gejala awal Covid-19, apa saja ya?