Yuk! Ketahui Manfaat Omega 3 dan Fiber Bagi Kesehatan
Infografis Santan Omega (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO -- Omega 3 dan Fiber merupakan kandungan dalam makanan yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan Omega 3 disebut sebagai bahan super yang kaya manfaat. Namun tahukah Anda, apa sebenarnya manfaat Omega 3 dan fiber bagi kesehatan?

Berikut penjelasan dari dr Amelya Augustina Ayusari MGizi SpGK, dokter spesialis gizi dari FK UNS dan RSUD Dr Moewardi Surakarta.

Dr Amel memaparkan Omega 3 termasuk salah satu lemak sehat. Bahan makanan yang mengandung Omega 3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya melawan penyakit jantung, mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, menjaga kesehatan indera mata, mencegah demensia, meredakan nyeri sendi pada artritis dan mengurangi risiko depresi.

“Berdasarkan beberapa penelitian, mengonsumsi makanan yang mengandung Omega 3 dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan juga risiko stroke. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah,” jelasnya.

Selain itu, sebuah penelitian pada tahun 2010 menemukan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Omega 3 sebanyak dua kali dalam sepekan, bisa mengurangi risiko degenerasi makula.

“Degenerasi makula merupakan gangguan penglihatan pada orang tua yang membuat pandangan menjadi buram,” imbuhnya.

Manfaat lain dari Omega 3 menurut dr Amel adalah mencegah demensia atau penurunan daya ingat, daya pikir dan perilaku. “Tidak kalah penting adalah asam lemak Omega 3 dapat membantu mengurangi gejala depresi pada wanita serta dapat mengurangi nyeri sendi pada penderita artritis.  Hanya saja, perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait hal ini,”tukasnya.

Ini Manfaat Santan untuk Kesehatan

Masakan Bersantan

Selain Omega 3, fiber atau serat juga merupakan salah satu sumber zat gizi penting yang tidak boleh dilewatkan. Ada beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya menurunkan kolesterol jahat dan risiko diabetes. Memelihara kesehatan pencernaan, membantu menurunkan berat badan dan risiko kematian.

“Serat yang larut dalam air dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh sehingga risiko penyakit jantung pun bisa berkurang,” ujarnya. Dia menambahkan bahwa penderita diabetes sangat memerlukan serat. Sebab dapat memperlambat penyerapan gula, serta membantu mengendalikan kadar gula darah.

Keutamaan serat lainnya, imbuh dr Amel adalah membantu menjaga pencernaan dari berbagai gangguan, membantu menurunkan berat badan dan risiko kematian. “Jenis serat tertentu dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab serat dapat mengurangi nafsu makan dan memberikan sensasi kenyang. Menyerap air di usus, serta memperlambat penyerapan nutrisi,” pungkasnya.

Makanan khas Jawa Tengah identik dengan olahan masakan bersantan. Kandungan Omega 3 dan Fiber bisa ditemukan juga pada produk Sasa Santan. Sasa Santan merupakan satu-satunya santan siap pakai mengandung Omega 3 dan Fiber yang baik untuk Kesehatan.

Tak hanya itu, Sasa Santan memiliki tekstur dan kekentalan sama persis santan asli, tanpa perlu repot memeras kelapa. Sehingga lebih praktis dan konsumen bisa memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas lain.

Dengan konsep SantanTerindah, Sasa Santan ingin menghadirkan pengalaman masak dan menikmati makanan lezat yang sehat bersama orang yang disayang.

Jadi tidak perlu takut untuk megkonsumsi masakan bersantan, asalkan jangan lupa diimbangi pola hidup sehat. Seperti menggunakan variasi bahan makanan yang kaya protein, vitamin, dan mineral, olahraga dan istirahat yang cukup, serta mengelola stress dengan baik. Kini tidak perlu ragu lagikan untuk mengkonsumsi masakan bersantan. Saatnya move on ke Sasa Santan, Santan terindah dan Aslinya Santan.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom