SOLOPOS.COM - Pedagang cabai di Pasar Karangpandan, Karanganyar. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Harga cabai rawit merah pasar di Kabupaten Karanganyar bikin menangis saking tingginya. Harga cabai tersebut kini menembus Rp105.000 per kilogram (kg) atau nyaris menyamai harga daging sapi Rp110.000 per kg.

Bakul sayur keliling asal Karangpandan, Riyanto, mengatakan harga cabai belum menunjukkan penurunan sejak dua pekan terakhir. Bahkan harganya terus melambung. Untuk cabai jenis rawit merah kini harga di pasaran melebihi Rp100.000 per kg.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Dua hari lalu masih Rp100.000 per kg. Sekarang sudah Rp105.000 per kilo,” tuturnya kepada Solopos.com, Selasa (14/6/2022).

Riyanto mengaku tak berani menyetok cabai. Ia khawatir cabai membusuk yang membuatnya rugi besar. Ia pun harus pintar membeli cabai yang kondisi baik. Sebab sejak harga cabai merangkak naik, pedagang mencampur cabai busuk dengan yang masih segar.

“Jadi kalau mau kulakan dan dijual lagi harus cari yang bagus. Kalau udah busuk percuma, paling tidak tahan sehari dua hari,” katanya.

Baca Juga: Harga Cabai dan Bawang Diklaim Kementan Segera Turun, Kapan?

Ia tak mengetahui sampai kapan harga cabai terus merangkak naik. Untuk mensiasati harga cabai rawit merah yang mahal, ia mencampurkan dengan rawit putih. “Kalau merah semua mahal harganya. Paling beli dicampur sama yang putih,” katanya.

Pedagang lain, Joko P. mengatakan kenaikan harga cabai sudah tidak bisa dibendung karena terbatasnya stok di tingkat pedagang pasar tradisional. Minimnya stok cabai akibat cuaca ekstrem di berbagai daerah yang mengganggu hasil panen.

“Harga cabai rawit merah naik lagi. Pekan lalu masih Rp95.000 per kilogram. Sekarang sudah Rp100.000 per kilogramnya,” katanya.

Ia tak memungkiri harga cabai rawit merah saat ini setara dengan daging sapi Rp110.000 per kilogram. Selain harga cabai rawit merah, cabai rawit hijau juga menembus Rp60.000 per kilogram. Sedangkan harga cabai merah besar dan cabai merah keriting masing-masing Rp50.000 per kilogram.

Baca Juga: Cabai Rawit Tembus Rp120.000/Kilogram, Ini Bentuk Intervensi Bapanas

“Curah hujan tinggi mengakibatkan banjir dan merusak tanaman cabai. Ini yang berdampak pada hasil petani menurun drastis dan menyebabkan pasokan ke pedagang berkurang,” katanya.

Merujuk data dari Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Karanganyar, harga kebutuhan pokok untuk beras bervariasi Rp9.000 per kilogram hingga tertinggi Rp11.000 per kilogram. Gula pasir Rp12.500 per kilogram, minyak goreng Rp24.000- Rp25.000 per liter, daging ayam Rp36.000 per kilogram.

Telur ayam Rp26.000 per kilogram, bawang merah Rp44.000 per kilogram, bawang putih honan Rp21.000 per kilogram, bawang putih kating Rp30.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya