Wujudkan Smart City, Pemkab Boyolali Kembangkan Teknologi Pengarsipan

Pemkab Boyolali berkomitmen memperbaiki pelayanan terhadap masyarakat.

 Bupati Boyolali, Seno Samodro meresmikan peluncuran Boyolali Taksi bersamaan dengan peringatan Hari Jadi ke-166 Kabupaten Boyolali, Rabu (5/6/2013). (Septhia Ryanthie/JIBI/SOLOPOS)

SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali, Seno Samodro meresmikan peluncuran Boyolali Taksi bersamaan dengan peringatan Hari Jadi ke-166 Kabupaten Boyolali, Rabu (5/6/2013). (Septhia Ryanthie/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, BOYOLALI – Kabupaten Boyolali terus berupaya agar menjadi smart city. Salah satu cara yang ditempuh adalah penggunaan teknologi dalam pengelolaan arsip dan pelayanan.

Pemkab lantas menggelar acara bertajuk Workshop Pengawasan Kearsipan Internal dan Digitalisasi Arsip Menyongsong Industri 4.0, Jumat sore (31/1/2020). Bupati Boyolali, Seno Samodro, mengatakan pelayanan di Boyolali harus memadukan sistem kearsipan dengan teknologi seperti yang dikenal dengan nama Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD).

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Dinyatakan Sehat, Ini Alasan WNI dari Wuhan Wajib Dikarantina

“Dengan digitalisasi arsip, Organisasi Perangkat Daerah [OPD] di Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Boyolali tidak perlu membutuhkan tempat penyimpanan arsip yang banyak dan besar. Mereka bisa dengan mudahnya mencari berbagai arsip yang dibutuhkan,” ujarnya saat ditemui Solopos.com.

Ia mengatakan dalam Industri 4.0 konsep penjagaan arsip semakin jelas. Setiap OPD harus bisa mengarsipakan dokumen tanpa membutuhkan ruangan yang besar. Melalui digitaliasi ini, beberapa arsip arsip lama akan ditata dan diamankan supaya mudah mencarinya.

Green Canyon Pangandaran, Mistis Sekaligus Eksotis

“Saya harap semua OPD di Boyolali dapat mengimplementasikan pengelolaan arsip secara optimal. Sehingga dalam penyimpanan arsip dapat tertata sistematis, tidak memerlukan banyak tempat serta mudah dalam pencarian,” kata dia.

Menurutnya pada era revolusi industri 4.0 ini sudah cukup maju mengamankan banyak arsip. “Misalnya, ada beberapa dokumen yang menumpuk di suatu ruangan, tiba–tiba dokumen itu terselip. Padahal kita buru–buru mencari dokumen tersebut, kita membutuhkan waktu yang lama untuk mencarinya. Namun, dengan konsep digitalisasi kita bisa mencari dokumen dengan cepat,” ujarnya.

Ngeri, Kondisi Jembatan Rapuh di Sragen Nyaris Ambrol Perlu Perbaikan!

Workshop Pengawasan Kearsipan Internal dan Digitalisasi Arsip Menyongsong Industri 4.0 ini diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali. Harapannya mengajak semua OPD Di Kabupaten Boyolali agar mampu menjamin terciptanya arsip, ketersediaan arsip yang otentik dan terpercaya, serta terwujudnya pengelolaan arsip yang andal.

“Mendinamiskan penyelenggaraan kearsipan nasional, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinas Arpus) Kabupaten Boyolali, Siti Askariyah.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Bukti adanya akses penyeberangan kuno Sungai Bengawan Solo yang dibangun pada masa Kerajaan Medang atau Mataram Kuno tertuang dalam Prasasti Telang yang ditulis pada 6 Poroterang bulan Posya tahun 825 Saka (11 Januari 903 M).

      Berita Terkini

      Harga Kedelai Stabil Tinggi, Perajin Tempe Wonogiri Terpaksa Perkecil Ukuran

      Harga kedelai di Wonogiri stabil tinggi, sejak munclnya pandemi Covid-19 hingga sekarang.

      Pendaftar Perempuan Kurang dari 30%, Perekrutan Panwascam Sragen Diperpanjang

      Bawaslu Sragen memperpanjang masa pendaftaran panwascam di empat kecamatan karena tak terpenuhi kuota 30% pendaftar perempuan.

      Total Ada 3 Jembatan Sasak Sukoharjo - Solo, Ada yang Baru Proses Bangun

      Total ada 3 jembatan sasak Sukoharjo - Solo yang digunakan sebagai jalur alternatif warga selama penutupan Jembatan Mojo dan Jurug. Salah satunya masih proses pembangunan.

      Polres Karanganyar Salurkan Bantuan 20 Ton Beras

      Polres dan polsek-polsek di Kabupaten Karanganyar serentak menyalurkan bantuan beras total 20 ton kepada warga yang membutuhkan.

      Ditinggal Salat Jumat di Al Aqsha Klaten, 2 Helm Warga Trucuk Diembat Maling

      Aksi pencurian helm terjadi ketika pemilik sedang melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Jumat (30/9/2022) pukul 12.17 WIB.

      Jeritan Pelaku UMKM Karanganyar, Bahan Baku Naik Hingga Daya Beli Menurun

      Pelaku UMKM di Karanganyar berharap ada bantuan imbas dari kenaikan BBM. Mereka mengaku omzet mereka merosot setelah harga bahan baku naik dan daya beli masyarakat menurun akibat harga BBM naik.

      Launching Sidoguro Klaten Desember 2022, Mulyani Masih Impikan Kereta Gantung

      Bukit Sidoguro hingga kini masih ditutup lantaran ada proyek penataan di objek wisata yang berlokasi bersebelahan dengan Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat tersebut.

      Berstatus Ilegal, Jagal - Warung Kuliner Anjing di Solo Jalan Tanpa Pengawasan

      Karena statusnya yang ilegal, jagal hingga warung kuliner anjing di Kota Solo beroperasi tanpa pengawasan dari instansi terkait.

      Imbas Harga BBM Naik, Polda Jateng Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Boyolali

      Polda Jateng memberikan bantuan berupa paket beras kepada warga Boyolali yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Ini Daftar Parpol di Wonogiri yang Dilaporkan Mencatut Nama Warga

      Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri memperoleh laporan warga yang merasa namanya dicatut sebagai anggota partai politik (parpol).

      Muncul Jembatan Sasak Ketiga di Plumbon Sukoharjo, Proses Dibangun Jumat Ini

      Warga membangun jembatan sasak ketiga di Desa Plumbon, Mojolaban Sukoharjo, menghubungkan dengan wilayah Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (30/9/2022).

      Bakal Ada Patroli Besar-Besaran Tim Gabungan Sragen Mulai Malam Ini

      Polres Sragen menggandeng sejumlah instansi lain terkait akan menggelar operasi besar-besaran dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

      161 Nama Warga Wonogiri Dicatut Parpol, KPU Lakukan Klarifikasi

      Sebanyak 161 nama warga di Wonogiri dicatut sebagai anggota Parpol.

      Jaga Netralitas, Bawaslu Sragen Larang ASN Like dan Share Postingan Kampanye

      Bawaslu Sragen mewanti-wanti ASN untuk menjaga netralitas selama pelaksanaan Pemilu 2024. Salah satunya dengan tidak like, share materi kampanye di media sosial.

      Audiensi dengan Pemkot Solo, Walhi Minta Amdal PLTSa Putri Cempo Dievaluasi

      Walhi Jateng mendesak Pemkot Solo mengevaluasi amdal PLTSa Putri Cempo, Mojosongo, salah satunya karena khawatir dampak ekonomi pada pemulung.