Wow! Seniman Boyolali Pamer Wayang dan Kain Merah Putih Raksasa

Para seniman di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali menggelar pawai budaya untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022).

 Pawai budaya oleh seniman dan warga Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Rabu (17/8/2022). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia. (Solopos/Ni’matul Faizah).

SOLOPOS.COM - Pawai budaya oleh seniman dan warga Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Rabu (17/8/2022). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia. (Solopos/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI — Para seniman di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali menggelar pawai budaya untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Tak hanya pelaku seni, warga sekitar ikut memeriahkan pawai budaya tersebut. Seratusan orang peserta pawai budaya tersebut menggunakan pakaian tradisional, petani, pakaian anak SD, hingga kostum hantu berkeliling Desa Tegalgiri.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Kami pawai juga membawa wayang buto raksasa dan kain merah tujuh meter kemudian putih tujuh meter karena Indonesia berulang tahun ke-77,” kata koordinator pawai budaya, Ki Gondo Wartoyo, seusai pawai.

Ki Gondo menjelaskan wayang buto raksasa ikut diajak berkeliling dalam pawai sebagai simbol melawan Covid-19.

Baca juga: Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

Lebih lanjut, Ki Gondo menjelaskan setelah kegiatan pawai budaya akan diadakan kegiatan kesenian seperti reog, jathilan, janggrungan, dan kegiatan lain.

“Semoga Indonesia pulih dengan cepat, ekonomi merambat dengan pesat. Sudah lama tidak ada kegiatan seperti ini saat Covid-19,” kata dia.

Sementara itu, salah satu warga Dusun Bulu, Erna, 35, merasa senang dengan kegiatan pawai budaya yang diselenggarakan para seniman.

“Ini masyarakat kompak ikut dan bersuka cita menyambut kemerdekaan. Kami juga senang karena sudah lama tidak ada kegiatan seperti selama Covid-19,” kata dia.

Baca juga: Awas Macet! Besok, Pemkab Wonogiri Gelar Karnaval di 25 Kecamatan

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Meriah, 72 Peserta SBC 2022 Bawa Optimisme untuk Batik di Hati Warga Solo

      Solo Batik Carnival atau SBC ke-13 berlangsung meriah di sepanjang koridor Jl Jenderal Sudirman dari Balai Kota hingga Bundaran Gladak Solo, Minggu (2/10/2022).

      Duh! Meja Layanan Pemantau Pemilu di Boyolali Masih Nol Pendaftar lo

      Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Boyolali telah membuka pendaftaran meja layanan pemantau pemilu sejak Juli 2022.

      Kuota Perempuan Belum Terpenuhi, Pendaftaran Panwascam di Boyolali Diperpanjang

      Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Boyolali resmi memperpanjang pendaftaran panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) di wilayah setempat.

      Hari Kesaktian Pancasila, Ratusan Anak Suguhkan Tarian Nusantara di Klaten

      Sebanyak 200-an anak tampil menari saat digelar srawung budaya di Sanggar Sayuk Rukun, Dukuh Girimulyo, Desa Tibayan, Kecamatan Jatinom, Sabtu (1/10/2022).

      Fasilitas OMAC Tulung Klaten Rusak di Mana-Mana, Waterslide Mangkrak sejak 2009

      Kawasan Objek Mata Air Cokro (OMAC) Tulung ditarget dapat direhab mulai tahun depan.

      Festival Batik Wonogiren, Upaya Menjaga Warisan Nenek Moyang di Wonogiri

      Belasan perajin batik yang tersebar di sejumlah kecamatan di Wonogiri berkumpul di Alun-alun Giri Krida Bakti, Sabtu (1/10/2022).

      Puan Maharani dan Wali Kota Gibran Diserbu Anak-Anak di Kratonan Solo

      Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Wali Kota Solo melakukan kunjungan sekaligus memberikan bantuan kepada warga dan anak-anak di Kratonan, Serengan, Minggu (2/10/2022).

      Kenalkan Potensi Daerah ke Pengunjung Festival, Kopi Wonogiri Dibagikan Gratis

      Sebanyak 1.000 cup kopi dibagikan gratis ke pengunjung Festival Kopi dan Batik di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Paundra Ikut Bergoyang saat Farel Prayoga Tampil di Loji Gandrung Solo

      Penyanyi cilik yang sedang naik daun, Farel Prayoga bikin GPH Paundrakarna Jiwo Suryonegoro bergoyang bersama warga yang beraktivitas pada Solo car free day (CFD) dalam peringatan Hari Batik Nasional.

      Pedagang Bakso Se-Indonesia Donasikan Rp58 Juta ke Korban Kecelakaan Jatiyoso

      Keluarga Pedagang Bakso Nusantara (KPBN) mengumpulkan dana secara sukarela untuk membantu keluarga korban kecelakaan di Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, yang terjadi Senin (26/9/2022).

      Puan Maharani Minta Investigasi Total Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

      Ketua DPR, Puan Maharani, meminta pihak terkait melakukan investigasi secara tuntas atas tragedi kerusuhan yang menelan 127 korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

      380 Juru Parkir di Sragen Ditarget Setoran Rp1,2 Miliar

      Sebanyak 380 orang juru parkir yang menyebar di sembilan kecamatan di Bumi Sukowati ditarget bisa setor ke pendapatan asli daerah (PAD) sebanyak Rp1,2 miliar pada 2022 ini.

      Agenda Berkebaya Bersama Ibu Negara Siang Ini, Cek Lokasi Parkirnya

      Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menutup Jl. Slamet Riyadi selama kegiatan Berkebaya Bersama Ibu Negara, Minggu (2/10/2022). Ada 10 fasilitas parkir yang tersedia.

      Heroik, Tim Damkar Klaten Selamatkan Kucing yang Sepekan Terjebak di Sumur

      Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten melakukan penyelamatan seekor kucing yang tercebur sumur sedalam belasan meter di Desa Kanoman, Kecamatan Karangnongko.

      Polres Wonogiri Serahkan Dua Ton Beras kepada Warga Miskin

      Polres Wonogiri menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa beras sebanyak dua ton kepada 200 warga miskin di Wonogiri, Jumat (30/9/2022).