Wow! Merti Dusun di Bandungan Catatkan Transaksi Ekonomi Rp300 Juta

Acara Merti Dusun Kedungwangan, Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, mampu mencatatkan transaksi ekonomi sekitar Rp300 juta.

 Suasana Merti Dusun Kedungwangan di Bandungan, Kabupaten Semarang, Rabu (29/6/2022). (Solopos.com-Humas Desa Wisata Banyukuning)

SOLOPOS.COM - Suasana Merti Dusun Kedungwangan di Bandungan, Kabupaten Semarang, Rabu (29/6/2022). (Solopos.com-Humas Desa Wisata Banyukuning)

Solopos.com, BANDUNGAN — Acara merti dusun atau bersih desa yang digelar di Dusun Kedungwangan, Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, sanggup mencatatkan transaksi ekonomi mencapai Rp300 juta. Acara Merti Dusun yang digelar rutin setiap tahun ini berlangsung pada Rabu (29/6/2022).

Ketua Panitia Merti Dusun Kedungwangan, Waluto, mengatakan Desa Banyukuning di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, saat ini telah ditetapkan sebagai salah satu desa wisata. “Acara Merti Dusun kali ini didesain secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Acara ini begitu teras setelah status desanya ditetapkan menjadi Desa Wisata,” ujar Waluyo, dalam keterangan tertulis kepada Solopos.com, Jumat (1/7/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Rangkaian acara Merti Dusun Kedungwangan di Bandungan, Kabupaten Semarang, itu diawali dengan ziarah ke makam leluhur. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kenduri cinta Merti Dusun Kedungwangan. Kemudian digelar acara diskusi regional tentang wisata khusus dan dilanjutkan dengan Pagelaran Rayonan Seni Kuda Lumping yang melibatkan lima grup kesenian.

Acara Merti Dusun Kedungwangan ini juga menghadirkan pengunjung dan pejabat dari berbagai instansi terkait. Hadir dalam acara kenduri cinta Merti Dusun Kedungwangan adalah organisai pemuda desa, PKK, tokoh masyarakat dan pemuka lintas agama, pemerintahan desa, anggota Muspika kecamatan, Satpoldamkar, Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Semarang.

“Selaku ketua panitia, kami melihat bahwa efek ekonomi dari rangkaian kegiatan Merti Dusun Kedungwangan mampu terjadi transaksi ekonomi secara global senilai hampir Rp300 juta,” terang Waluyo.

Baca juga: Asyik! Objek Wisata Anyar Hadir di Bandungan saat Libur Lebaran

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Heru Subroto, memberikan apresiasi atas terselenggaranya Merti Dusun Kedungwangan itu. Ia pun meminta kelompok sadar wisata atau Pokdarwis semakin memunculkan kreativitas, sehingga semakin bagus untuk menjadi salah satu daya tarik wisata Kabupaten Semarang.

“Sekaligus semakin banyak UMKM yang akan didorong untuk tumbuh serta berkembang menjadi daya dukung dan daya pikat pariwisata melalui ekonomi kreatif dan berpesan untuk kegiatan Merti Dusun Kedungwangan dijadikan Kalender Pariwisata Kabupaten Semarang,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Wow! Pemuda Semarang Ternak Emprit, Harganya Capai Rp10 Juta Per Pasang

      Pemuda asal Kota Semarang membudidayakan burung emprit yang harganya mencapai Rp10 juta per pasang.

      Siswa SMK Semarang yang Terseret Ombak di Parangtritis Belum Ketemu

      Seorang siswa SMK Kartini Semarang yang terseret ombak di Pantai Parangtritis belum ditemukan sampai sekarang.

      Komunitas Sepeda dan Satlantas Grobogan Gelar Detik-Detik Proklamasi

      Komunitas sepeda tua, Satlantas Polres Grobogan dan warga menggelar upacara bendera Detik-Detik Proklamasi di sejumlah ruas jalan.

      Mobil di Grobogan Terbakar, Pemilik Mengalami Luka Bakar

      Satu unit mobil terbakar di Dusun Demangan, Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022). Satu orang menderita luka bakar.

      HUT Ke-77 RI, 184 Narapidana Lapas Purwodadi Terima Remisi Umum

      Kemenkum HAM memberikan remisi umum dalam rangka HUT-77 RI kepada 184 narapidana Lapas Kelas II B Purwodadi.

      Siswi SMA N 2 Kudus Jadi Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana

      Siswi SMA N 2 Kudus, Jawa Tengah, I Dewa Ayu Firsty menjadi pembawa bendera merah putih dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

      Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini, Cerah Berawah di Hari Kemerdekaan

      Berikut prakiraan cuaca di Semarang pada hari ini, Rabu (17/8/2022) atau bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Unik! Malam Tirakatan di Purworejo, Warga Malah Diajak Bayar PBB

      Warga Parikesit, Kelurahan Pangenjuru Tengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, memiliki cara unik melaksanakan malam tirakatan memperingati HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022).

      Kronologi Pengeroyokan yang Sebabkan Pemuda di Kendal Meninggal

      Berikut kronologi pengeroyokan yang menyebabkan seorang pemuda di Desa Plantaran, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, meninggal dunia.

      PHMI Ingin Ekspansi ke Jateng, Ini Misi yang Diusung

      Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia atau PHMI berencana melakukan ekspansi atau melebarkan sayapnya di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

      Pelajar SMK Semarang Terseret Ombak Parangtritis, Begini Kata Orang Tua

      Pelajar SMK di Semarang terseret ombak saat berwisata di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

      Galau Kena Tilang, Pemuda di Semarang Letakkan Sabu-Sabu di Pos Polisi

      Aparat Polrestabes Semarang menangkap seorang pemuda yang berniat meletakkan narkoba jenis sabu-sabu di dekat Pos Polisi Bangkok, Jalan M.T. Haryono.

      Unik, Petugas Satpas SIM Polres Grobogan Pakai Baju Adat dan Pejuang

      Merayakan HUT ke-77 RI, petugas layanan SIM Satlantas Polres Grobogan kenakan baju adat dan pejuang, Selasa (16/8/2022).

      Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km

      Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km terbentang di jalan Desa Honggosoco, Kudus, untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Terinspirasi Jokowi, Ganjar Akan Kenakan Baju Adat saat Upacara HUT RI

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku terkesima dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat mengikuti Sidang Tahunan MPR.