Wow Mantap! Vaksinasi Covid-19 Salatiga Tertinggi se-Jateng

Berdasarkan persentase jumlah sasaran vaksinasi, Kota Salatiga tergolong tertinggi se-Jateng terutama pemberian vaksin dosis pertama.

 Wali Kota Salatiga, Yuliyanto dan Kepala DKK Salatiga, Siti Zuraidah, menyaksikan penyuntikan vaksin Covid-19 kepada seorang anak di Gedung Disbun Kota Salatiga, Sabtu (14/8/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemkot Salatiga)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Salatiga, Yuliyanto dan Kepala DKK Salatiga, Siti Zuraidah, menyaksikan penyuntikan vaksin Covid-19 kepada seorang anak di Gedung Disbun Kota Salatiga, Sabtu (14/8/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemkot Salatiga)

Solopos.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga terus menggencarkan program vaksinasi Covid-19 sebagai upaya meningkatkan kekebalan warga terhadap penularan virus corona.

Bahkan berdasarkan persentase jumlah sasaran yang divaksin, Salatiga tergolong paling cepat atau tertinggi se-Jawa Tengah (Jateng) dalam melakukan vaksinasi, terutama dosis pertama.

PromosiMengenal Tradisi Sendang Unik dan Sakral di Sendang Gambir Salatiga

Dikutip dari laman Internet resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), total sudah sekitar 134.665 warga Salatiga yang menerima suntikan vaksin dosis pertama hingga 18 Agustus 2021.

Baca juga: Data Covid-19 Salatiga Tuai Pujian Satgas Covid-19 Nasional Karena Ini

Jika dihitung secara persentase, maka vaksinasi dosis pertama di Salatiga telah mencapai 88,21% dari total sasaran 152.657 penduduk. Angka ini pun tergolong paling tinggi di Jateng, mengungguli Kota Magelang dengan persentase vaksinasi dosis pertama 79,11%, Kota Solo dengan 76,76%, dan Kota Semarang sekitar 67,31%.

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan dan warganya yang turut menyukseskan program vaksinasi. Menurutnya, tingginya tingkat vaksinasi dosis pertama di Salatiga tidak terlepas dari antusias warga untuk mendapatkan vaksin dan terhindar dari Covid-19.

Vaksinasi Salatiga Kurangi Risiko

“Untuk vaksinasi di Salatiga memang terus kita gencarkan. Bahkan, sasaran kita tidak hanya warga yang ber-KTP Salatiga, tapi juga warga dari luar. Ini dikarenakan banyak warga luar Salatiga yang tinggal di Salatiga, baik untuk menempuh pendidikan atau bekerja. Jadi, kami tidak pilih-pilih untuk vaksinasi,” jelas Yuliyanto kepada Solopos.com, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Vaksinasi di SMAN 1 Purwodadi, Pelajar Ingin Segera Belajar di Sekolah

Meski demikian, Yuliyanto meminta warganya untuk tidak cepat puas. Ia menilai vaksin bukan jaminan terhindar dari Covid-19.

Menurutnya, vaksin hanyalah upaya dalam mengurangi risiko penularan Covid-19. Ia pun meminta warganya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan 5M agar terhindar dari bahaya penularan Covid-19.

“Program vaksinasi ini belum sepenuhnya selesai. Apalagi [vaksinasi] tahap kedua juga baru mencapai 40,85%. Jadi yang utama, kita harus tetap menerapkan 5M dan 3T untuk menekan angka penularan Covid- 19,” ujar Yuliyanto.

Baca juga: Sudah Divaksinasi, Ibu Hamil di Klaten Tak Lagi Waswas

Target Vaksinasi di Salatiga

Terpisah juru bicara vaksinasi Kota Salatiga, Prasit Al Hakim, berharap target vaksinasi di Salatiga bisa tercapai akhir tahun ini. Meski demikian, untuk mencapai target itu pihaknya juga sangat bergantung dengan pasokan vaksin dari pemerintah pusat.

“Kami tidak menargetkan vaksinasi selesai kapan. Jumlah alokasi vaksin tidak bisa dirata-rata karena tidak pasti. Semoga saja bisa selesai tahun ini,” ujar Prasit.
Selain lansia, Salatiga saat ini juga tengah mengencarkan program vaksinasi bagi remaja atau anak usia 12-17 tahun. Hingga saat ini sudah sekitar 3.073 anak di Salatiga yang mendapat vaksin, atau sekitar 17,17% dari total sasaran yang mencapai 17.895 anak.

“Sejauh ini jumlah remaja yang sudah divaksin mencapai 3.073 anak. Jadi masih ada sekitar 14.822 anak yang belum menerima vaksin dosis satu,” terangnya.

 

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

Terbanyak di Jateng, Segini Jumlah Kiai di Pati

Kabupaten Pati ternyata menjadi wilayah yang memiliki jumlah kiai terbanyak di Jawa Tengah (Jateng).

Aksi Pembacokan di Jepara, Satu Pelaku Tertangkap Satunya Buron

Seorang pelaku pembacokan menggunakan sebilah pedang di desa Ujung watu, Kecamatan Donorojo, Jepara berhasil ditangkap polisi.

Jos! Desa di Pemalang Ini Bebas dari Status Miskin Berkat Pupuk Organik

Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, bisa terlepas dari status desa miskin berkat pengolahan pupuk organik.

Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Bandara Semarang, Ini Sebabnya

Pesawat Citilink bernomor penerbangan QG 483 dengan rute Banjarmasin ke Cengkareng mengalami kerusakan mesin dan akhirnya mendarat darurat di Semarang.

Bawa 146 Penumpang, Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Semarang

Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 483 mendarat darurat di Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang.

Air Berkah Waisak Diambil di Umbul Jumprit, Airnya Bisa Bikin Awet Muda

Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung, memiliki sejarah panjang dan airnya dipercaya memiliki banyak khasiat.

Disemayamkan di Candi Mendut, Ini Makna Api Dharma Waisak dari Mrapen

Api Dharma Waisak 2566 Budhist Era (BE) yang diambil dari Sumber Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, disemayamkan di Candi Mendut, Kabupaten Magelang.

Air Berkah Waisak Diambil dari Umbul di Lereng Gunung Sindoro

Air berkah Waisak 2566 Buddhis Era (BE) diambil dari lereng Gunung Sindoro tepatnya Umbul Jumprit di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Kota Lama Semarang, Spot Wisata Favorit di Jawa Tengah

Kawasan Kota Lama Semarang menjadi objek wisata terfavorit di Jawa Tengah.

Gunung Manggir, Wisata Alam Ngehits di Blora

Gunung Manggir merupakan objek wisata alam ciamik di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sakral! Begini Ritual Waisak di Candi Borobudur

Perayaan Hari Raya Triusuci Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, telah menjadi daya tarik wisata.

Blora Penghasil Kayu Jati Terbaik di Dunia, Tapi...

Separuh wilayah Kabupaten Blora yang berada di kawasan Kendeng merupakan kawasan hutan, khususnya hutan pohon jati penghasil kayu terbaik di dunia.

Geger! Mayat Perempuan Misterius Ditemukan Warga Kebumen, Ini Cirinya

Sosok mayat perempuan tanpa identitas atau misterius ditemukan warga di sebuah ladang di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen.

Polda Jateng Sebut 237 Hewan Ternak di Jateng Terindikasi PMK

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) menyebut ada 237 hewan ternak di wilayah Jateng yang terindikasi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Api Dharma Tri Suci Waisak dari Mrapen Disakralkan di Mendut

Pengambilan Api Dharma Tri Suci Waisak dilakukan di Api Abadi Mrapen, Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (14/5/2022).