SOLOPOS.COM - Pengendara kendaraan melintas di ruas jalan Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri di dekat Bundaran Patung Ir. Soekarno, Senin (29/8/2022). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Kejuaraan balap motor bertajuk Casytha Manahadap Road Race Seri III 2022 bakal digelar di Wonogiri, Sabtu-Minggu (10-11/9/2022) mendatang. Ruas jalan Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri akan menjadi lokasi trek balap motor jalanan tingkat Provinsi Jateng itu.

Ketua Pelaksana Casytha Manahadap Road Race Seri III 2022, Santo, mengatakan balap motor road race di Wonogiri ini merupakan putaran ketiga dari lima putaran yang diselenggarakan Manahadap Manajemen.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Wonogiri dipilih lantaran dinilai antusiasme masyarakat terhadap balap motor tinggi. Selain itu, Wonogiri memiliki potensi besar untuk mengembangkan olahraga balap motor. 

“Wonogiri itu daerah yang luas, minat masyarakat terhadap balap motor juga tinggi. Oleh karena itu, kami memilih Wonogiri sebagai lokasi balap motor road race putaran ketiga. Ini juga sebagai upaya kami untuk menumbuhkan bakat-bakat pebalap motor di Wonogiri,” kata Santo saat dihubungi Solopos.com, Selasa (30/8/2022).

Dia melanjutkan, ada enam kategori dengan 26 kelas yang akan dilombakan. Berbagai kategori itu bisa diikuti pemula hingga profesional, baik laki-laki maupun perempuan. Termasuk di antaranya kelas lokal yang dapat diikuti pebalap-pebalap khusus lokal Wonogiri dan eks Karesidenan Surakarta.

Baca Juga: GAJAH MUNGKUR MOTORPRIX 2016 : Dipakai Balapan, Arus Lalu Lintas di Wonogiri akan Dialihkan

“Dulu pada 2016, Wonogiri pernah menjadi tuan rumah kejuaraan nasional Motoprix. Tapi, setelah itu tidak ada lagi. Nah ini kami berupaya datang lagi ke sana. Hal ini sekaligus upaya kami mengetuk Pemerintah Wonogiri agar memberikan fasilitas atau wadah bagi pebalap-pebalap lokal,” ujar dia.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, Haryanto, mengatakan lokasi trek balap road race berada ruas jalan Alun-alun Giri Krida Bakti dan jalan Ir. Soekarno mulai dari perempatan Ponten hingga bundaran Patung Ir. Soekarno. Lokasi start dan garis finish berada di ruas jalan alun-alun atau depan Kantor DPRD Wonogiri.

“Trek balap motor di semua ruas jalan Alun-alun Giri Krida Bakti hingga perempatan Ponten. Pemerintah Kabupaten hanya sebagai fasilitator ajang kejuaraan balap motor jalanan tingkat provinsi ini. Kami berharap dengan ajang ini, bisa menumbuhkan bakat-bakat pebalap motor dari Wonogiri sekaligus edukasi bagi masyarakat agar tidak melakukan balapan liar,” jelas Haryanto.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Waluyo, mengatakan Dishub sudah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas di kawasan Alun-alun Wonogiri guna mendukung kelancaran balap motor tersebut. Ruas jalan yang menuju kawasan tersebut akan ditutup mulai, Jumat (10/9/2022) malam hingga Minggu (11/9/2022). 

Baca Juga: Event Balap Motor di Kawasan Alun-Alun Wonogiri Ditunda, Ini Jadwal Barunya

Kendaraan umum yang dari arah Sukoharjo menuju arah Ponorogo dapat melintasi pertigaan Klampisan menuju Alas Kethu hingga depan Kantor Pertanahan. Sementara kendaraan dari arah Ponorogo menuju arah Sukoharjo atau Pracimantoro bisa melintasi jalan depan RS. Muhammadiyah Wonogiri hingga perempatan Gudang Seng, Giritirto. 

Dari perempatan itu, kendaraan yang akan menuju ke arah Pracimantoro bisa langsung belok ke arah kiri. Kendaraan yang akan menuju Sukoharjo bisa berbelok kanan melewati perempatan Ponten.

Sedangkan kendaraan dari arah Pracimantoro menuju arah Ponorogo harus melintasi pertigaan Klampisan belok kanan melintasi Alas Kethu hingga depan Kantor Pertanahan.

“Rekayasa arus sama persis seperti rekayasa arus saat car free sunday (CFS). Hanya, ini lebih lama, yaitu mulai Jumat malam karena harus ada persiapan-persiapan material yang digunakan dalam kegiatan hingga Minggu,” kata Waluyo.

Baca Juga: Penonton Festival Keselamatan Berkendara Wonogiri Disuguhi Aksi Freestyler

Sebagai informasi, gelaran Casytha Manahadap Road Race Seri III 2022 di Wonogiri ini dapat ditonton masyarakat umum dengan membayar tiket senilai Rp25.000/lembar.

Pada tahun 2020 gelaran yang sama hampir terlaksana di Wonogiri, namun kala itu terbentur pandemi Covid-19 hingga diputuskan untuk dibatalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya