SOLOPOS.COM - Seorang wisatawan domestik berumur 63 tahun meninggal ketika berwisata ke Pulau Padar Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. (ANTARA/Ho-Polres Manggarai Barat)

Solopos.com, LABUAN BAJO — Seorang wisatawan berumur 63 tahun meninggal ketika berwisata ke Pulau Padar, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Wisatawan bernama Assuri A. Widianto itu meninggal akibat serangan jantung.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Berdasarkan informasi dari keluarga, almarhum memiliki riwayat jantung. Almarhum mengalami sesak nafas namun tidak terselamatkan dan meninggal dunia,” kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Felli Hermanto melalui Kasat Reskrim Iptu Yoga Dharma Susanto di Labuan Bajo, Jumat (18/3/2022).

Baca Juga: Bali dan Labuhan Bajo Jadi Pilihan Menginap Penonton MotoGP Mandalika

Berdasarkan kronologi kejadian, almarhum melakukan perjalanan wisata ke Pulau Padar bersama 22 orang dalam rombongan Politeknik Medan. Rombongan wisatawan itu didampingi pemandu wisata bernama Edi Setiawan ketika melakukan perjalanan ke puncak Pulau Padar.

Pada pukul 10.10 WITA, Assuri mengalami sesak nafas saat berjalan ke pos tiketing seusai pemotretan di puncak. Ia pun sempat menyampaikan ke pemandu wisata bahwa dirinya memiliki sakit jantung.

Assuri berjalan pelan, kemudian duduk karena merasa sakit pada bagian dada. Tak lama kemudian ia pingsan sehingga dievakuasi ke pos tiketing yang berada di pantai.

Baca Juga: Mau Lihat Komodo Kawin? Ini Waktu Terbaik Liburan di Labuan Bajo

Namun saat itu Assuri tidak selamat meski ranger dan petugas Taman Nasional Komodo di lokasi kejadian telah melakukan pertolongan.

Almarhum dievakuasi menuju Pelabuhan Pelni Labuan Bajo dengan menggunakan speed boat New Hope 6 pada pukul 11.30 Wita.

Begitu tiba di pelabuhan, tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 4 Labuan Bajo melakukan pemeriksaan.

Assuri dinyatakan meninggal pukul 12.08 WITA oleh dr. Regina selaku KTU KKP Kelas 4 Labuan Bajo.

Baca Juga: Kapal Pinisi Karam di Labuan Bajo, Rombongan Wartawan Peliput Jokowi Selamat

Selanjutnya jasad almarhum dibawa menuju RS Siloam Labuan Bajo untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Diduga mengalami kecapekan saat melakukan treking menuju puncak Pulau Padar sehingga mengalami serangan jantung dan meninggal dunia,” tambah Yoga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya