Wisata Ranto Canyon, Surga Tersembunyi di Brebes

Untuk mengakses wisata ngarai ini, Anda harus dihantar dengan mobil pick-up dan biasanya Anda akan berada di satu tumpangan dengan pengunjung lainnya.

 Ranto Canyon Kabupaten Brebes (Facebook.com/ Ranto Canyon)

SOLOPOS.COM - Ranto Canyon Kabupaten Brebes (Facebook.com/ Ranto Canyon)

Solopos.com,  BREBES — Suka dengan wisata ekstrem? Objek wisata Ranto Canyon di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, ini mungkin cocok untuk Anda kunjungi.

Objek wisata alam ini berada di salah satu jalur lintas pantai utara (pantura) Jawa Tengah. Tempat ini memiliki pesona keindahan yang luar biasa sekaligus menyuguhkan tantangan untuk memacu adrenalin dengan menyusuri tebing dan menyusuri sungai.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Ranto Canyon Brebes merupakan tempat rekreasi alam yang menyediakan berbagai kegiatan liburan menarik seperti body raftingcliff jumping atau pun sekadar berenang dengan background menakjubkan. Objek wisata ini berupa ngarai dengan air terjun yang alirannya berasal dari Sungai Windusari. Tempat ini cocok dikunjungi bagi Anda yang merindukan suasana alam asri nan memesona untuk menghilangkan penat.

Baca juga: Danau Beko, Wisata Bekas Tambang di Tegal yang Aduhai

Jarak Tempuh

Berdasarkan pantauan Solopos.com di sebuah kanal Youtube, Sabtu (12/2/2022), untuk mengakses wisata ngarai ini, Anda harus menumpang pikap. Jarak tempuhnya menghabiskan waktu sekitar tiga jam dari pusat Kabupaten Brebes.

Berdasarkan peta digital dari pusat Kabupaten Brebes, Anda bisa menempuh perjalanan ke arah selatan melalui jalur Mahayu-Salem sepanjang kurang lebih 41 km. Sesampainya di desa lokasi ngarai,  Anda harus berjalan menapaki jalan kecil yang menurun cukup terjal sekitar 200 meter.

Sesampainya di Ranto Canyon Brebes, Anda akan disambut dengan pemandangan yang begitu indah. Tebing-tebing terjal yang asri dengan hawa sejuk pegunungan memagari aliran sungai sepanjang 700 meter. Gemericik air yang bening akan langsung menyapa pengunjung.

Baca juga: Profil Muria Raya yang Diusulkan jadi Provinsi Baru

Tantang Adrenalin

Jika ingin menyusuri sungai dan tebing, Anda diharuskan menggunakan perlengkapan sebagai standar keamanan, berupa  pelampung dan juga helm keselamatan. Perlu diketahui, objek wisata ini memiliki tujuh lompatan yang ekstrem di mana pengunjung harus memiliki fisik yang kuat.

Bukan hanya fisik yang kuat saja, namun mentalitas juga diperlukan. Seperti kemampuan mengatasi rasa takut dan kepanikan. Bagi yang belum pernah melakukan petualangan di alam bebas, tempat ini tidak direkomendasikan karena medannya cukup ekstrem.

Jika terpeleset atau hanyut dalam aliran air, kemungkinan terbentur sangat tinggi. Oleh karena itu, ketahanan fisik dan mental serta penggunaaan pelampung dan helm sebagai stadar keamanan yang tepat harus benar-benar diperhatikan.

Baca juga: Rujak Belut Khas Brebes, Lembut Legit Lazizzz, Mau Coba?

Kesegaran Alami

Selain menikmati wisata menantang adrenalin, Ranto Canyon Brebes juga menawarkan kesegaran alami. Anda bisa langsung meminum air dari aliran ngarai tersebut karena airnya berasal dari sungai cigunung yang masih alami. Rasa dari air ini terbilang segar dan tidak berasa dan berbau seingga aman untuk diminum.

Udara di kawasan Ranto Canyon Brebes ini sangat sejuk karena berada di kawasan pegunungan. Ditambah dengan gemercikya aliran air yang nyaring juga akan menyapa Anda saat tiba di kawasan tersebut. Tebing ngarainya memiliki ketinggian kurang dari 10 meter.

Untuk berwisata ke Ranto Canyon ini, Anda cukup membayar pemandu wisata sebesar Rp30.000 per orang. Harga itu sudah termasuk fasilitas sewa helm dan pelampung. Sangat terjangkau bukan?

Sumber: Youtube, berbagai sumber

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

+ PLUS Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan.

Berita Terkini

Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan.

Viral Dugaan Perawat Lecehkan Pasien, Ini Kata RSUD Kartini Jepara

RSUD RA Kartini Jepara angkat bicara terkait viral pemberitaan dari media sosial Twitter terkait dugaan perawat di rumah sakitnya melakukan pelecehan seksual terhadap pasien.

Cek! 63.717 Peserta Lulus UM-PTKIN 2022, Ada Nama Kalian?

Pengumuman UM-PTKIN 2022 mencantumkan 63.717 peserta yang lolos atau diterima di sejumlah perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

Rumah Zakat Salurkan 400 Paket Superqurban ke Suku Samin Blora

Diharapkan dengan adanya Ekspedisi Superqurban yang dilakukan Rumah Zakat membawa kebahagian untuk warga suku Samin.

Ini 5 SMP di Semarang Paling Banyak Diminati pada PPDB 2022

Berikut daftar lima SMP negeri di Kota Semarang yang paling banyak diminat calon peserta didik dalam PPDB 2022.

Disnakkan Akan Cek Info Puluhan Sapi Mati di Geyer Diduga PMK

Disnakkan Grobogan akan mengecek kebenaran info mengenai adanya puluhan sapi mati di Desa Jambangan, Kecamatan Geyer diduga PMK.

Dianggap Liar, Tempat Karaoke di Terminal Purwodadi Bakal Digusur

Tempat karaoke di kawasan Terminal Induk Purwodadi, Grobogan, bakal digusur karena dianggap tidak mengantongi izin operasi.

37 Desa di Temanggung Gelar Pilkades Serentak, 1.601 Petugas Dikerahkan

Pilkades serentak di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), akan digelar pada 30 Juni 2022.

Kerap Dirazia Satpol PP, PSK Jalanan Semarang Pasang Tarif Segini

Praktik prostitusi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) kerap dirazia Satpol PP Kota Semarang karena berlangsung di jalanan.

Lahan Dipatok BBWS, Petani Penggarap Datangi Kantor BPN Grobogan

Belasan petani penggarap datangi Kantor Pertanahan Grobogan untuk meminta informasi kemungkinan tanah garapan mereka dibuatkan sertifikat.

Piknik Yuk! Ini Objek Wisata di Ambarawa yang Seru

Berikut daftar tempat wisata di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang layak dikunjungi untuk liburan.

Lawan Bhayangkara di Jatidiri, Panpel PSIS Belum Putuskan Lokasi Parkir

Menjelang laga perempat final Piala Presiden 2022 antara PSIS Semarang dengan Bhayangkara FC di Stadion Jatidiri, pihak panpel masih mencari lokasi lahan parkir untuk suporter.

Cek PPDB di Temanggung, Gubernur Ganjar Temukan Ini

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meninjau pelaksanaan pendaftaran PPDB SMA dan SMK Jateng 2022 di Temanggung, Rabu (29/6/2022).

Siap-Siap! Tahun 2022, Jateng Buka Lowongan 4.000 ASN

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) akan membuka lowongan untuk aparatur sipil negara atau ASN pada tahun 2022 ini sebanyak 4.000 orang atau formasi.

Simak! Ini Syarat PPDB SMA dan SMK Jateng 2022

Berikut syarat pendaftaran bagi calon peserta didik baru yang ingin mendaftar penerimaan peserta didik baru atau PPDB Jateng 2022 untuk jenjang SMA dan SMK.

Lokasi Prostitusi Murah di Jalanan Semarang, Awas Kena Razia!

Inilah lokasi prostitusi murah di Semarang yang sering terjaring razia aparat Satpol PP.