Wisata Alam Pemalang Ini Bakal Picu Adrenalin Pengunjung

Bukit Mendelem ini dikenal juga dengan julukan Gunung Jimat, karena  kawasan ini juga terdapat  makam keturunan raja dan petilasan para wali.

 Wisata Taman Rancah Via Feratta Bukit Mendelem (Okezone.com)

SOLOPOS.COM - Wisata Taman Rancah Via Feratta Bukit Mendelem (Okezone.com)

Solopos.com, PEMALANG -- Para pencinta wisata petualangan sudah pasti tergiur untuk datang ke salah satu wisata di kawasan pantura ini. Bukit Mendelem di kawasan wisata Taman Rancah yang berjarak sekitar 42 km dari Pemalang Kota ini menawarkan wisata yang penuh tantangan.

Melansir dari  situs Okezone.com, Senin (17/5/2021), sebagai informasi,  Bukit Mendelem ini dikenal juga dengan julukan Gunung Jimat, karena  kawasan ini juga terdapat  makam keturunan raja dan petilasan para wali.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Jika bisa mencapai puncak bukit, pengunjung akan mencapai spot terbaik untuk menikmati panorama Gunung Slamet yang menjulang indah di sebelah barat daya. untuk berpetualang via Verrata itu, pengunjung harus membayar tarif berkisar Rp40.000 hingga Rp100.000 per  orang sesuai panjang jalur yang ditempuh.

Baca Juga : Bumbak, Seni Musik Bambu dari Lereng Gunung Slamet Pemalang

Untuk mendaki tebing, pengunjung akan didampingi oleh pemandu profesional dan saat mendaki, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan alam yang terhampar di sekitar Pemalang meskipun belum sampai puncak bukit.

Bukit Mendelem sendiri memiliki ketinggian sekitar 1.450 meter diatas  permukaan laut (mdpl). Meski membutuhkan ketahanan fisik dan kewaspadaan yang tinggi, pengunjung pasti tetap akan merasa puas karena udara di area ketinggian terasa sangat sejuk, apalagi ditambah keindahan alam yang tersaji selama pendakian.

Adrenalin akan terpacu kencang saat sudah melewati beberapa tebing yang memiliki kemiringan hingga 90 derajat. pasalnya, jika melihat ke bawah, maka bulu kuduk langsung berdiri karena saking tingginya posisi pendakian.

Baca Juga : Kue Lebaran Khas Pemalang Ini Kini Sudah Jarang Ditemui

Namun jangan khawatir karena pemandu professional akan menuntun dan memberikan arahan demi keselamatan pendaki. Untuk mencapai puncak, memakan waktu sekitar 3 jam dan saat sudah berada di titik inilah, rasa lelah akan hilang karena pemandangan indah dari Gunung Slamet yang menjulang serta hamparan hijau dari pepohonan yang mempesona terlihat nyata.

Offroad di Hutan Penggarit (Okezone.com)
Offroad di Hutan Penggarit (Okezone.com)

Selain pengalaman pendakian yang menantang, kawasan ini juga memiliki hutan yang bisa memberikan nuansa petualangan yang tak kalah menantang. Hutan Penggarit, yang terletak di Kecamatan Taman dan Kecamatan Ampelgading ini bisa dijelajahi secara offroad dan tentunya hutan ini memiliki jalur lintas yang bisa memacu adrenalin.

Penghargaan Pesona Indonesia

Karena begitu mempesona dan menantangnya objek wisata ini,  Wisata Taman Rancah Via Feratta Bukit Mendelem ini mendapatkan penghargaan Anugrah Pesona Indonesia untuk kategori wisata petualangan di tahun 2019 silam.

Penghargaan Pesona Indonesia
Penghargaan Pesona Indonesia (Pemalangkab.go.id)

Baca Juga : Sedapnya Lontong Dekem Pemalang, 1 Piring Pasti Kurang

Melansir situs Pemalangkab.go,id, penghargaan ini diberikan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Gedung Sapta Pesona Jakarta. Pemberian penghargaan dilakukan oleh Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Guntur Sakti, kepada pemerintah Kabupaten Pemalang yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

Kepala Disparpora Pemalang, Sapardi, mengatakan dengan meraih penghargaan ini menunjukkan objek wisata dengan ciri khusus patut untuk dikembangkan. Objek wisata ini dikelola oleh kelompok pecinta  alam Sabawana Belik.

Sumber: Okezone.com, Pemalangkab.go.id

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Misteri Pembunuhan Keluarga di Magelang Mulai Terkuak, Pelaku Diduga Anak Kedua

      Teka-teki seputar kasus pembunuhan tiga orang dalam satu keluarga di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), mulai terkuak.

      24 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Belajar Kerja Sama Sister City dari Magelang

      Kerja sama antara Kota Magelang dan Kota Tula, Rusia menjadi salah satu bahasan pada Rapat Koordinasi Kerja Sama Daerah dengan Pihak Luar Negeri, yang diselenggarakan di Hotel Aston Inn, Senin (28/11/2022).

      Liburan ke Benteng Portugis Jepara, Bangunan Bersejarah di Tepi Jawa

      Benteng Portugis merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jepara yang menyajikan perpaduan bangunan bersejarah dengan panorama alam di tepi laut.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik Semarang Hari Ini (29/11/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Semarang, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 29 November 2022.

      Perhatian! Ini Cara Urus BLT Tidak Cair di Semarang karena NIK Ganda

      Sejumlah warga Kota Semarang penerima manfaat kesulitan mencairkan bantuan langsung tunai atau BLT karena mengalami NIK ganda.

      3 Orang Sekeluarga di Magelang Diracun, Pelaku Ditangkap

      Polisi telah menangkap terduga pelaku yang melakukan pembunuhan terhadap tiga orang sekeluarga dengan cara memberikan racun.

      Innalillahi, Tabrak Truk, Pelajar Perempuan Kudus Meninggal Dunia

      Seorang pelajar perempuan di Kudus meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan maut menabrak sebuah mobil truk boks.

      Cekcok, Suami di Batang Tembak Istri dengan Airsoft Gun

      Seorang suami di Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), tega tembak istri dengan airsoft gun setelah keduanya terlibat pertengkaran.

      Pameran Fotografi di Salatiga, Sajikan Kondisi Rawa Pening Terkini

      Sebuah pameran fotografi yang membahas seputar problematika di Rawa Pening digelar di Salatiga.

      Berakhir, GIIAS Semarang Tarik Minat 30.000 Pengunjung

      GIIAS The Series 2022 di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), ternyata sanggup menarik perhatian 30.000 lebih pengunjung.

      Bus Trans Semarang Ramah Disabilitas Resmi Mengaspal, Begini Tampilannya

      Bus Trans Semarang yang ramah bagi penyandang disabilitas resmi meluncur di Kota Semarang.

      Tetapkan UMP Jateng 2023 Naik 8,01%, KSPI: Ganjar Belum Berpihak ke Buruh

      Serikat buruh yang tergabung dalam KSPI Jateng menilai kenaikan UMP 2023 sebesar 8,01 persen belum mengakomodasi kelompok buruh.

      Diduga Diracun, 3 Orang Sekeluarga di Magelang Meninggal

      Tiga orang dalam satu keluarga di Magelang meninggal dunia setelah dibunuh dengan cara diracun.

      Ganjar Sebut Backingan Tambang Ilegal Gede-Gede, Tapi Tidak Tahu Siapa

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membenarkan adanya peran 'orang besar' sebagai backing tambang ilegal di wilayahnya.

      Ngaku, Bupati Pemalang Terima Uang dari Promosi Jabatan

      Bupati nonaktif Pemalang, Mukti Agung Wibowo, mengaku telah menerima uang setoran dari para pejabat Pemkab Pemalang yang menjadi terdakwa atas kasus suap jual beli jabatan.