Welcome Dinner G20 di Keraton Solo, KGPH Purboyo Akan Tampil

Putra mahkota Keraton Solo KGPH Purboyo akan tampil memberikan sambutan pada acara Welcome Dinner G20, Selasa (5/7/2022) ini.

 Keraton Solo menggelar wilujengan menjelang acara Welcome Dinner delegasi G20 yang akan berlangsung Sasana Andrawina, Selasa (5/7/2022) sore ini. Foto diambil Senin (4/7/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Keraton Solo menggelar wilujengan menjelang acara Welcome Dinner delegasi G20 yang akan berlangsung Sasana Andrawina, Selasa (5/7/2022) sore ini. Foto diambil Senin (4/7/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Selain hidangan makanan dan minuman, Welcome Dinner para delegasi dan tamu undangan Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) Group of Twenty atau G20 di Keraton Solo juga diramaikan pertunjukan seni.

Sementara itu, Putra Mahkota Keraton Solo Kanjeng Gusti Pangeran Harya (KGPH) Purboyo akan tampil mewakili Keraton menyampaikan kata sambutan pada acara yang berlangsung Selasa (5/7/2022) sore tersebut.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Dari keraton rencananya nanti yang menyampaikan [sambutan] dari Putra Pangeran. Tapi nanti sepertinya Sinuhun [Paku Buwono XIII] juga miyos [keluar],” tutur Pengageng Kerja Sama Dalam dan Luar Negeri Keraton Solo, RAy Febri Dipokusumo, saat diwawancarai wartawan, Senin (4/7/2022).

Pertemuan G20 akan berlangsung pada 5-7 Juli 2022 di Hotel Alila Solo. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menjadi venue Welcome Dinner G20 di Solo pada Selasa. 

Pengageng Parentah Keraton Solo KGPH Dipokusumo, Senin (4/7/2022), mengatakan delegasi dan tamu akan disambut dengan atraksi abdi dalem prajurit di kawasan Kori Kamandungan. Prajurit juga akan mengiringi para delegasi dan tamu masuk ke Astana Andrawina, tempat berlangsungnya Welcome Dinner.

Baca Juga: Komplet! Ini Daftar Menu Hidangan Welcome Dinner G20 Di Keraton Solo

“Seni budaya penyambutan oleh abdi dalem prajurit. kemudian prajurit mengiringi delegasi masuk di ruangan dinner,” tutur Dipo. Di Astana Andrawina, penari putri dari Keraton Solo akan menyambut para tamu dengan Tari Srimpi Gondokusumo.

Beksan Srimpi Gondokusumo merupakan ciptaan PB VIII. Ada penyesuaian durasi penampilan tari tersebut saat acara Welcome Dinner delegasi G20 di Keraton Solo. Mulanya, tarian tersebut ditampilkan puluhan menit.

Penampilan Sruti Respati

Namun saat di hadapan para tamu G20 nanti hanya akan ditampilkan sekitar 15 menit. Gondo berarti bau, dan kusumo berarti bunga. Dipo menambahkan nama tarian tersebut diharapkan mampu memberikan keharuman bagi Indonesia di hadapan negara-negara lain.

Supaya event yang digelar di Solo ini mengharumkan nama Indonesia dan hubungan dengan berbagai negara ini menjadi semakin baik. Durasinya kami sesuaikan dengan agenda besok,” katanya.

Baca Juga: Ada 2 Event Internasional Di Solo, 796 Personel Keamanan Dikerahkan

Tak hanya tarian saja, pertunjukan musik keroncong oleh penyanyi keroncong Sruti Respati juga akan menemani makan malam para delegasi dan tamu. Sruti juga piawai dalam membawakan lagu bergenre campursari dan dangdut. 

Peragaan busana ala Keraton Solo akan melengkapi hiburan pada acara Welcome Dinner delegasi dan tamu pertemuan G20. Dipo menambahkan peragaan busana bertujuan mengenalkan kepada para delegasi dan tamu tentang jenis-jenis busana yang lekat dengan budaya Keraton Solo.

”Ada juga peragaan busana akan ditampilkan beberapa pakaian terutama pakaian untuk kegiatan upacara,” tuturnya. Para peraga akan mengenakan busana adat. Mereka akan berbusana sesuai adat dan aturan yang berlaku di Keraton Solo.

Misalnya busana untuk orang yang sudah menikah dan belum menikah, kemudian busana kepangeranan, busana keprajuritan, dan lainnya. “Pada intinya mereka menampilkan pakaian dengan tingkatan umum, dewasa, dan sudah menjadi krama menikah. Busana kepangeranan dan sebagainya,” ujar Dipo.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bendera Raksasa Berkibar di Bendung Tirtonadi Solo

      Bendera Merah Putih raksasa berkibar di Bendung Tirtonadi Solo, Rabu (17/8/2022).

      Terminal Tirtonadi Solo Lepas Balon Berhadiah, Ini Cara Tukar Hadiah

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, Terminal Tirtonadi Solo melepas 45 ekor merpati dan 77 balon merah putih berhadiah.

      Daftar Kuliner di Tawangmangu Baru: Nasi Kucing - Kambing Guling

      Inilah daftar menu makanan di kawasan kuliner Tawangmangu Baru Karanganyar.

      Cek! Jadwal KRL Solo-Jogja Sampai ke Palur mulai 17 Agustus 2022

      Inilah jadwal terbaru KRL Solo-Jogja sampai ke Stasiun Palur yang mulai dicoba hari ini, Rabu (17/8/2022).

      Upacara Kemerdekaan di Sriwedari, Gibran Targetkan Percepatan Vaksinasi

      Rangkaian upacara ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Komandan Upacara dijabat oleh Kapten Kal. Prasetio sedangkan Perwira Upacara diemban Kapten Lak. Widayat.

      Begini Cara Warga Jambeyan Sragen Sambut HUT RI

      ada enam pencinta alam mengajak tiga anak untuk bertadabur alam dalam mensyukuri nikmat kemerdekaan pada malam menjelang HUT RI di Bukit Tuk Kungkung

      Bawaslu Wonogiri Ingatkan Kades Tak Ikut Urusi Parpol

      Bawaslu Wonogiri mengindikasikan ada kepala desa (Kades) yang masuk dalam kepengurusan partai politik (Parpol).

      Catat, Besok Jl Lawu Papahan Karanganyar Ditutup Sementara, Ada Apa?

      Penutupan akan dimulai sekitar 12.30 WIB, menyesuaikan dengan persiapan dimulainya pawai karnaval, hingga selesai.

      Tumpeng hingga Miniatur Pesawat Diarak Warga Jatikuwung Karanganyar

      Warga antusias mengikuti upacara tersebut setelah dua tahun tak digelar karena pandemi Covid-19

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 17 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Rabu (17/8/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Begini Cara Komunitas Difabel Ampel Boyolali Tingkatkan Pede Anggota

      Tujuannya dibentuk KDA adalah merangkul difabel agar selalu berkarya dan bermanfaat untuk orang lain.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 17 Agustus 2022, Bebas Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (17/8/2022), akan bebas dari hujan.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar 17 Agustus 2022, Merdeka dari Hujan

      Anda bisa merayakan momen HUT RI pada hari ini, Rabu (17/8/2022), tanpa khawatir hujan mendadak turun.

      Cuaca Boyolali Rabu Ini: Cerah Berawan di Hari Kemerdekaan RI

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (17/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Cuaca Sukoharjo Rabu Ini: Cerah Ceria di Perayaan HUT Ke-77 RI

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Rabu (17/8/2022).

      HUT RI, Ponpes Al Mukmin Ngruki bakal Kibarkan Bendera dari Danrem

      Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achirudin menyerahkan bendera Merah Putih secara simbolis kepada Ustaz Abu Bakar Ba'asyir, Selasa (16/8/2022).