Komplet! Ini Daftar Menu Hidangan Welcome Dinner G20 Di Keraton Solo

Keraton Solo menyiapkan menu kuliner perpaduan tradisional dengan unsur Eropa dan Cina untuk welcome dinner para delegasi G20, Selasa (5/7/2022) malam.

 Kerabat Keraton Solo mengadakan acara wilujengan sebagai persiapan menggelar acara Welcome Dinner delegasi G20 di Sasana Ondrowino, Kompleks Keraton Solo, Senin (4/7/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Kerabat Keraton Solo mengadakan acara wilujengan sebagai persiapan menggelar acara Welcome Dinner delegasi G20 di Sasana Ondrowino, Kompleks Keraton Solo, Senin (4/7/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLOKeraton Solo akan menjamu para delegasi dan tamu undangan Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) Group of Twenty atau G20 dengan hidangan khas tradisional saat welcome dinner, Selasa (5/7/2022) sore. Para delegasi dikabarkan mulai tiba di Solo pada Senin (4/7/2022).

Sedangkan pertemuan G20 akan berlangsung pada 5-7 Juli 2022. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menjadi venue Welcome Dinner G20 pada Selasa (5/7/2022) sore. Untuk memohon kelancaran dan keselamatan kegiatan TIIWG G20,  Keraton mengadakan wilujengan di Sasana Andrawina, tempat Welcome Dinner akan berlangsung.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Wilujengan diikuti para abdi dalem, perwakilan panitia G20, keluarga dalem, dan perwakilan pemerintahan. Pengageng Parentah Keraton Solo KGPH Dipokusumo seusai acara wilunjengan mengatakan ada beberapa hidangan yang telah direncanakan oleh Keraton dan panitia.

Menu-menu untuk welcome dinner delegasi G20 yang disajikan Keraton Solo tersebut pada dasarnya mirip dengan menu ala Eropa, namun dimodifikasi sedemikian rupa dan rasa agar cocok dengan cita rasa ala Jawa. “Memang ini menu semua makanan based Eropa tapi sudah diramu dengan alat dan rasa khas Jawa,” tutur Dipo kepada awak media, Senin sore.

Makanan yang disiapkan di antaranya ada setup makaroni dan bestik galantin. Setup makaroni sendiri merupakan olahan yang diduga berasal dari tinggalan Belanda. “Makanan itu antara lain ada setup makroni, bestik galantin,” imbuhnya.

Baca Juga: Ada 2 Event Internasional Di Solo, 796 Personel Keamanan Dikerahkan

Kedua makanan tersebut, menurut Dipo, menjadi main course yang disajikan bagi para delegasi dan tamu. “Makanan yang akan dijadikan main course-nya untuk welcome dinner itu,” tuturnya.

Selain setup makaroni dan bestik galantin, ada juga sajian roti kecik yaitu camilan sejenis roti yang berbentuk stick berukuran sekitar 3-4 cm. Kemudian ada ketan biru yang merupakan sajian khas Keraton Solo juga melengkapi menu welcome dinner delegasi G20.

Merekatkan Persaudaraan

Ketan sendiri memiliki tekstur lengket, sehingga diklaim mempunyai makna filosofis dapat merekatkan persaudaraan. Terakhir, ada apem atau apam yang terbuat dari tepung beras dicampur telur, santan, dan gula.

Baca Juga: Inilah Tiga Isu yang Dibahas G20 di Solo Pekan Ini

Selain itu, Pengageng Kerja Sama Dalam dan Luar Negeri RAy Febri Dipokusumo menambahkan ada sajian nasi gunung sari, satai pentul, dan dendeng age.

“Nasi gunung sari itu kita menunjukkan ada tumpeng ciri khas Indonesia. Yang khusus ada satai pentul dan dendeng age sebagai lauk yang hanya disajikan delapan tahun sekali pada saat adang Dal untuk dimakan bersama nasi yang dimasak oleh Sinuwun,” tutur Febri.

Untuk makanan penutup welcome dinner G20, Keraton Solo akan menyajikan ada wedang ronde yang diakui menjadi wujud akulturasi budaya Jawa-Tiongkok. “Ronde juga sebagai penutup merupakan bentuk akulturasi karena ada Chinese-nya,” tuturnya.

Baca Juga: Ini Yang Disiapkan Mas Wali Untuk G20 Lebih Meriah 

Selain itu ada juga sajian cokelat truffle dan prol kopyor yang akan disajikan. “Prol kopyor ini masuk makanan tradisional. Jadi kami ingin menyajikan yang betul-betul tradisional. Memang bukan makanan hotel, tampilan juga akan tradisional meski kolaborasi,” imbuhnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      + PLUS Antiklimaks Penuntasan Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

      Penerbitan Keputusan Presiden tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Nonyudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu bisa menjadi antiklimaks penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM berat pada masa lalu.

      Berita Terkini

      Tiap Hari Wong Sragen Beli 57 Kendaraan Bermotor Anyar

      Pembelian kendaraan baru oleh warga Sragen pada 2021 mencapai 1.702 unit per bulan atau 56-57 unit per hari.

      Desa Ibunda Jokowi di Boyolali Absen jadi Percontohan IF, Kenapa?

      Desa masa kecil ibunda Presiden RI, Joko Widodo, yakni Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali menjadi daerah percontohan program unggulan kementerian pertanian dengan nama Integrated Farming (IF) pada 2021.

      Sewindu FSRD UNS Solo, Ada Pameran Internasional hingga Kompetisi Lho

      FSRD UNS Solo memperingati Dies Natalis kedelapan atau sewindu dengan berbagai kegiatan mulai dari pameran internasional hingga kompetisi seni.

      Sampah Berserakan Seusai Karnaval Karanganyar, Pramuli Jadi Solusi

      Sampah berserakan setelah Karnaval Jalan Kaki Pemkab Karanganyar usai. Beruntung ada Pramuka Peduli (Pramuli) Karanganyar dan sukarelawan lain yang mau terjun turun tangan memungut sampah-sampah yang berserakan.

      Pemanfaatan Aset BUMDes Girimarto, Kejari: Tak Perlu Tunggu Putusan

      Pemanfaatan aset Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama Lenggar Bujo Giri tidak perlu menunggu putusan pengadilan.

      Sukoharjo Gudangnya Tanaman Obat dan Kosmetik, Ini Daftar Lokasinya

      Penanaman biofarmaka di Sukoharjo tersebar di 12 kecamatan. Daerah Sukoharjo Selatan  seperti Nguter, Tawangsari, Bulu dan Bendosari menjadi lokasi persebaran terbanyak tanaman biofarmaka.

      Kuasa Hukum Ahli Waris: Silakan Bersih-Bersih Sriwedari Solo, Tapi...

      Kuasa hukum ahli waris tanah Sriwedari, Solo, mempersilakan Pemkot melakukan bersih-bersih kawasan tanah sengketa itu, tapi juga mengingatkan ihwal putusan pengadilan.

      Walah, Proyek Rel Layang Joglo Solo Munculkan Lokasi Kemacetan Baru

      Pengerjaan tahap II proyek rel layang memunculkan lokasi kemacetan baru di Simpang Tujuh Joglo, Banjarsari, Solo.

      Penjual Jamu di Nguter Sukoharjo Bungah Banget, Ini Penyebabnya

      Bahan baku jamu tradisional di Sukoharjo terbilang mencukupi  meskipun beberapa diambilkan dari daerah lain. Oleh karena itu, penjual bahan baku jamu tidak perlu mengimpor untuk mencukupi kebutuhan penjualan.

      Ada Fashion Show Batik Ciprat Karya Disabilitas di Karnaval Wonogiri

      Batik ciprat buatan penyandang disabilitas asal Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, turut ditampilkan saat karnaval kebangsaan di Kecamatan Kismantoro, Kamis (18/8/2022).

      Soto Budhe Djiman Boyolali, 31 Tahun Gratis untuk Anak Yatim Piatu

      Pasangan suami istri pemilik Warung Soto Budhe Djiman, Jiman, dan Sri Arbaini, selalu menggratiskan makan dan minum bagi anak yatim, piatu, dan yatim piatu sejak tahun 1991.

      Pengusutan Jual Beli Lahan Bong Mojo Solo Lanjut, Ada Tersangka Lain?

      Meski sudah menetapkan dua tersangka, penyidik Polresta Solo memastikan penyidikan kasus jual beli lahan makam Bong Mojo masih terus berlanjut.

      Soal Sriwedari Solo, Gibran Disarankan Konsultasi ke Kementerian Ini

      Pemkot Solo disarankan untuk berkonsultasi ke pemerintah pusat sebelum melakukan upaya penataan di lahan kawasan Sriwedari.

      Banyak Ditemukan di Wonogiri Bagian Selatan, Ini Manfaat Tanaman Sorgum

      Wonogiri bagian selatan dinilai menjadi sentra produksi tanaman sorgum.

      Murah dan Segar Soto Kuah Rempah Budhe Djiman di Nogosari Boyolali

      Menikmati kuliner legendaris yakni Warung Soto Budhe Djiman milik Jiman yang berdiri sejak 1991 di Dusun Nogosari Baru, Desa Glonggong, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali.