Tutup Iklan -->
Waspada, Ini Penjelasan Masa Inkubasi Orang Terpapar Corona
Ilustrasi tes virus corona (Freepik)

Solopos.com, SOLO - Sebagian orang yang terpapar virus corona memiliki gejala demam, batuk, dan sesak napas. Sementara sebagian lainnya tidak bergejala. Ilmuwan melihat kecenderungan pasien terpapar corona menunjukkan masa inkubasi 2-14 hari.

Masa inkubasi virus corona adalah waktu ketika pasien terpapar virus corona dan mulai menunjukkan gejala mengalami Covid 19. World Health Organization (WHO) menyebutkan, masa inkubasi corona 2-14 hari.

PNS Dilarang Mudik, Cegah Penyebaran Wabah Virus Corona

WHO juga menyebut inkubasi virus corona paling umum adalah sekitar 5 hari. Beberapa hasil riset juga mengatakan demikian.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) juga menyebut, masa inkubasi virus corona dapat muncul 2-14 hari setelah paparan. Dengan ciri-ciri orang yang mengalami virus corona yakni demam, batuk, dan sesak napas.

Karena itu, masyarakat diminta untuk berdiam diri di rumah selama 14 hari. Pemerintah Indonesia juga telah menerapkan aturan seperti itu. Belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah dari rumah, serta karantina wilayah.

APPI Keberatan Pemotongan Gaji, Persis Solo Enggan Komentar

WHO juga menyebutkan bagaimana melindungi diri dari virus corona. Pertama gunakan masker jika Anda sakit dengan gejala COVID-19 (terutama batuk) atau merawat seseorang yang mungkin menderita COVID-19.

Jika Anda tidak sakit atau merawat seseorang yang sakit maka Anda membuang-buang masker. WHO mendesak orang untuk menggunakan masker dengan bijak sebab tenaga medis masih kekurangan masker.

Kedua, sering membersihkan tangan dengan air. Selain itu jika batuk tutup dengan tangan atau tisu. Buang tisu atau segera cuci tangan dengan air.

Orang Mudik Saat Wabah Corona, Sultan HB X: Mosok Pulang Enggak Boleh

Terakhir, untuk menghindari virus corona dengan menjaga jarak setidaknya 1-2 meter dari orang yang batuk atau bersin. Hal ini demi menghindari percikan air liur kepada orang lain.

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho