Warna Darah Haid Bisa Tunjukkan Kesehatan Wanita Hlo! Cek di Sini!
Ilustrasi menstruasi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Menstruasi atau haid adalah siklus alami yang dialami wanita setiap bulan. Siklus itu terjadi dalam waktu kurang dari sebulan, di mana ketika haid wanita mengeluarkan darah melalui vagina. Namun taukah Anda bahwa warna darah haid memiliki banyak arti?

Dikutip dari Medical News Today, Jumat (28/8/2020), darah haid yang dikeluarkan setiap bulan dapat menjadi tanda kondisi fisik seseorang wanita. Warnah dari darah itulah yang menunjukan kondisi wanita sehat atau tidak.

Berikut ulasan mengenai warna darah mestruasi dan kesehatan wanita:

Merah Terang

Darah haid yang merah terang menunjukan darah segar dan aliran darah stabil. Biasanya, haid dapat dimulai dengan pendarahan merah cerah dan menggelap menjelang akhir periode haid. Warna merah terang pada darah haid juga menandakan bahwa tubuh dalam kondisi sehat.

Merah Muda

Darah haid dapat berwarna merah muda ketika darah haid bercampur dengan cairan serviks. Selain itu, warna merah muda menunjukkan menurunnya kadar estrogen pada tubuh.

Kurangnya hormon estrogen juga dapat menyebabkan osteoporosis pada tulang. Warna merah muda pada darah mestruasi juga disebabkan anemia dan diet yang tidak sehat.

Oranye

Darah atau cairan berwarna oranye sering kali mengindikasikan adanya infeksi, seperti vagionasis bakteriaatau trikomoniasis. Orang dengan warna darah oranye pada haid harus memeriksa gejala lain, seperti Miss V terasa gatal, meresa tidak nyaman saat haid, dan keluarnya cairan berbau busuk.

Meskipun darah atau keluarnya cairan berwarna oranye tidak selalu menandakan adanya infeksi, ada bainya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Hitam

Ketika melihat warna darah mestruasi hitam, mungkin akan membuat Anda menjadi khawatir. Tetapi, warna hitam ini berhubungan dengan darah cokelat, yaitu darah tua.

Prank Filter Jerawat, Cewek Ini Malah Diblok Calon Gebetan

Darah hitam biasanya merupakan darah yang membutuhkan waktu yang lama untuk keluar dari rahim. Biasanya, Anda akan menjumpai darah haid Anda berwarna hitam saat menjelang akhir menstruasi.

Abu-abu

Darah haid berwarna merah keabu-abuan menjadi pertanda buruk pada organ reproduksi wanita. Warna darah haid abu-abu menandakan alat reproduksi mengalami infeksi, seperti penyakit menular seksual dan infeksi menular seksual.

Petani di Sukoharjo Ngeluh Kesulitan Dapat Pupuk Bersubsidi

Biasanya, gejalanya disertai dengan deman, bau busuk, rasa sakit atau gatal pada area vagina. Apabia mengalami gejala seperti itu, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan langsung.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom