Walah, Angka Pengangguran Sukoharjo Naik 2 Kali Lipat Gegara Pandemi

Angka persentase pengangguran terbuka di Kabupaten Sukoharjo naik dua kali lipat akibat pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir dua tahun terakhir.

 Ilustrasi pengangguran. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengangguran. (Freepik.com)

Solopos.com, SUKOHARJO — Angka pengangguran terbuka di Sukoharjo melonjak tajam akibat pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 lalu. Persentasenya naik dua kali lipat dari 3,39 persen menjadi 6,93 persen.

Virtual Job Fair 2021 yang diselenggarakan pada akhir November tercatat mampu mengakomodasi 4.950 tenaga kerja di Sukoharjo. Hal ini bagian dari mengurangi angka pengangguran terbuka yang melonjak tajam akibat pandemi Covid-19 tersebut.

PromosiCara Elegan Isuzu Panther Tunjukkan Taji Sebagai Mobil Badak

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, ada lebih dari 5.000 pekerja yang terkena pemutuspan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan oleh perusahaan selama masa pandemi Covid-19. Guna mengurangi angka pengangguran terbuka, Pemkab Sukoharjo menggandeng 43 perusahaan dalam event virtual job fair atau bursa lowongan kerja pada pada 24-24 November.

Baca Juga: Perempuan Pembuang Bayi di Nguter Sukoharjo Alami Guncangan Mental

“Total jumlah pelamar sebanyak 4.950 orang selama job fair virtual. Para pelamar telah melakukan seleksi wawancara secara tatap muka di Balai Latihan Kerja [BLK] Sukoharjo,” kata Sekretaris Disperinaker Sukoharjo, Endang Mulyani, saat dihubungi dengan Solopos.com, Jumat (3/12/2021).

Endang menyebut lonjakan jumlah pengangguran berimplikasi pada meningkatnya angka kemiskinan di Sukoharjo selama masa pandemi Covid-19. Kedua permasalahan ini menjadi prioritas utama Pemkab Sukoharjo untuk segera ditangani pada 2021.

Pemkab berencana melaksanakan kegiatan serupa pada tahun depan. “Kami menargetkan menurunkan angka pengangguran terbuka secara bertahap mulai 2021. Salah satu upaya itu yakni menggulirkan job fair secara berkala. Paling tidak sekali atau dua kali dalam setahun,” ujarnya.

Baca Juga: 2 PSK Lansia Diciduk Satpol PP saat Mangkal di Persawahan Sukoharjo

Endang menyebut pemerintah berupaya memfasilitasi perusahaan dan tenaga kerja agar bisa kembali bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Sehingga percepatan pemulihan ekonomi daerah bisa dilakukan secara berkelanjutan.

Sekda Sukoharjo, Widodo, menyatakan pemerintah telah memberi pelonggaran dengan membuka keran aktivitas usaha dan bisnis guna mempercepat pemulihan ekonomi daerah. Sektor industri dan UMKM diandalkan untuk menyerap tenaga kerja dan mendongkrak ekonomi daerah. Saat ini, industri mulai bangkit dengan membuka lowongan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Ratusan Orang Berkumpul di Joglo Sunyan Klaten, Ada Apa?

Ratusan orang di Klaten, Jawa Tengah mengikuti Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) tahun 2022 yang digelar DPC PDIP Klaten, Jumat (20/5/2022) untuk ikut memecahkan rekor Muri dengan peserta terbanyak.

Ini Daftar Wisata Candi di Klaten, dari Prambanan hingga Merak

Salah satu daya tarik Kabupaten Klaten, yakni menyimpan deretan candi bersejarah.

61 CPNS & 788 PPPK Terima SK, Bupati Sragen: Jangan Terus Beli Mobil!

Sebanyak 61 CPNS dan 788 PPPK mendapatkan SK pengangkatan, Jumat (20/5/2022), Bupati Sragen berpesan jangan menambah motor atau mengganti dengan mobil.

Hantu KKN Rumah Kosong Klaten Ternyata Mbah-Mbah

Wujud hantu dalam kisah KKN di Rumah Kosong Klaten adalah mbah-mbah.

Bikin Deg-degan, Damkar Wonogiri Tangkap Ular Sanca di Permukiman Warga

Petugas Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Pokoh Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri pada Kamis (19/5/2022).

Kenapa Jalan Solo-Boyolali Kerap Terjadi Kecelakaan?

Kira-kira kenapa jalan di Solo-Boyolali kerap terjadi kecelakaan, bahkan ada korban yang meninggal dunia?

Bupati Karanganyar: Pilih Pengurus PGRI yang Rajin!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meminta Konferensi Kerja tahun ke-2 Kabupaten (Konkerkab) Karanganyar PGRI untuk memilih pengurus yang rajin.

Disdik Kota Solo Izinkan Kantin Sekolah Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah tidak melarang kantin sekolah membuka usahanya selama pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat ini.

KPU Sukoharjo Bocorkan Cara Memelihara Data Pemilih, Begini Lo...

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan beberapa cara memutakhirkan atau memperbarui Daftar Pemilih Tetap (DPT), salah satunya untuk mempersiapkan Pemilu 2024.

Simak! Inilah Daftar SMK Negeri di Kabupaten Boyolali

Berikut daftar SMK Negeri yang tersebar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pemkab Wonogiri Berniat Hentikan PTM Terbatas, Lo... Kenapa?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berniat menghentikan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Catat Gaes, Ini Daftar Lengkap SMA Negeri di Boyolali

Inilah daftar SMA Negeri di Kabupaten Boyolali.

Terbaru! Laka Kereta Kelinci di Andong Boyolali, Begini Kondisi Sopir

Sopir kereta kelinci yang terlibat kecelakaan maut di wilayah Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu (11/5/2022) belum dapat dimintai keterangan karena masih sakit.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik di Sukoharjo Hari Ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada hari ini, Jumat, 20 Mei 2022.

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.