Waduh! 5 Jembatan Solo Ini Rawan Rusak Jika Jurug-Mojo Digarap Bareng

Sedikitnya lima jembatan yang semuanya mengarah ke Solo utara rawan rusak karena menjadi jalur pengalihan jika Jembatan Jurug dan Mojo digarap bersamaan.

 Jembatan Merah atau Kreteg Bang menjadi salah jembatan yang rawan rusak jika Jembatan Jurug dan Jembatan Mojo, Solo, dibangun bersamaan. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Jembatan Merah atau Kreteg Bang menjadi salah jembatan yang rawan rusak jika Jembatan Jurug dan Jembatan Mojo, Solo, dibangun bersamaan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sedikitnya lima jembatan yang mengarah ke kawasan Solo utara berpotensi mengalami kerusakan jika Jembatan Jurug dan Jembatan Mojo di Sungai Bengawan Solo diharap dalam waktu bersamaan tahun ini.

Kelima jembatan itu yakni Jembatan Ngemplak yang baru selesai dikerjakan, Jembatan Merah (Kreteg Bang), Jembatan Kandang Sapi, Jembatan Sabrang Lor, dan Jembatan Mipitan, Mojosongo.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Akan terjadi perpindahan arus kendaraan ke jembatan-jembatan yang menuju Solo utara tersebut seiring pengalihan arus lalu lintas di lokasi proyek tersebut. Belum lagi adanya sejumlah proyek infrastruktur strategis lain seperti rel layang Joglo dan Viaduk Gilingan yang juga berbarengan pada tahun ini.

Kasus jembatan di Jl Surya, Jagalan, Jebres, Solo, yang rusak dan ambrol karena menerima beban arus kendaraan saat pembangunan Jembatan Jonasan di Jl Ir Djuanda, Jebres, tahun lalu, harus menjadi pelajaran.

“Kami tidak menginginkan dibangunnya Jembatan Jurug akan muncul persoalan dengan jembatan-jembatan lain. Dengan dibangunnya jembatan Jurug dan Mojo jangan sampai seperti kejadian waktu pembangunan Jembatan Jonasan,” ujar Ketua Komisi III DPRD Solo, YF Sukasno, saat diwawancarai wartawan di Pucangsawit, beberapa hari lalu.

Baca Juga: Kementerian PUPR Merespons Positif, Proyek Jembatan Jurug Solo Diundur?

Politikus PDIP itu mengingatkan kejadian ambrolnya jembatan di Jl Surya, Jagalan, Jebres, karena peningkatan beban secara signifikan di jalur itu. Peningkatan beban terjadi karena Jl Ir Djuanda tidak bisa dilewati lantaran pembangunan Jembatan Jonasan.

“Ada yang jadi korban pembangunan Jembatan Jonasan, jembatan di Jagalan amblek,” urainya. Sukasno menghitung sejumlah jembatan yang kemungkinan menjadi pilihan pengguna jalan sehingga rawan rusak akibat proyek strategis infrastruktur, utamanya yang dari dan ke utara Solo.

Jangan Overload

Seperti Jembatan Ngemplak yang baru selesai dikerjakan, kemudian Jembatan Merah (Kreteg Bang), Jembatan Kandang Sapi, serta Jembatan Sabrang Lor. Kemudian ada Jembatan Mipitan, Mojosongo.

Baca Juga: Waduh! Jembatan Jurug Solo Memiliki Perilaku Mengkhawatirkan, Apa Itu?

“Itu ke utara semua. Itu bisa dipakai, tapi jangan overload bebannya. Kalau nanti semua berebut lewat sana, terkonsentrasi di satu titik, ya kan sangat membahayakan bagi jembatan tersebut,” katanya. Sukasno berharap ada solusi terkait bertumpuknya proyek infrastruktur di Solo.

Sebelumnya, Komisi III DPRD Solo bersama pimpinan DPRD Solo sudah bertemu dengan Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Yudha Handita, belum lama ini. Respons pejabat kementerian dinilai Sukasno cukup positif lantaran tahu betul dampak dari berbagai proyek tersebut.

“Pak Direktur akan menghitung limit waktu karena beliau tahu betul ya, termasuk teknis pembongkaran yang dipaparkan beliau menguasai. Menghitung limit waktu, sehingga kesimpulannya Jembatan Jurug bisa dimulai agak mundur, Mojo diminta dimulai tapi waktunya tidak sampai seperti yang direncanakan,” ujarnya.

Baca Juga: Rawan Picu Kemacetan, DPRD Solo Minta Proyek Jembatan Jurug Diundur

Untuk itu, Sukasno menerangkan akan dilakukan rapat kembali bersama para kontraktor dengan melibatkan Yudha Handita. “Beliau minta diadakan rapat lagi, dihadirkan termasuk kontraktor Jembatan Mojo dan Joglo. Menurut beliau Joglo tak bisa diowah-owah, itu prioritas pembangunan nasional, instruksi Presiden langsung,” katanya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Tanpa Potensi Hujan

Prakiraan cuaca di Sagen hari ini, Jumat (1/7/2022) akan sama seperti kemarin. Cuaca berawan mendominasi tanpa ada potensi turun hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Lebih Bersahabat

Cuaca cerah berawan akan menemani Anda, warga di Karanganyar, mengawali  Jumat (1/7/2022) pagi ini. Tak perlu khawatir akan turun hujan karena prakiraan cuaca Karanganyar hari ini akan didominasi berawan.

Hari Ini Cerah Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Jumat 1 Juli 2022

Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari Jumat (1/7/2022) yang tersaji secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Solo 1 Juli: Cerah Berawan, Waspada Angin Dari Timur

Cuaca Kota Solo hari ini, Jumat (1/7/2022), berdasarkan prakiraan BMKG Solo akan berawan dan cerah berawan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 1 Juli 2022: Cerah Berawan Ada Hujan

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari Jumat (1/7/2022) dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Pedagang Tak Tahu Pasar Jongke-Kabangan Digabung, Ini Kata Disdag Solo

Dinas Perdagangan Kota Solo belum melakukan sosialisasi secara menyeluruh mengenai rencana penggabungan Pasar Jongke-Kabangan.

Penuhi Kebutuhan PLTSa Putri Cempo, DLH Solo Siap Impor Sampah 10 Tahun

DLH Solo saat ini tengah berdiskusi dengan pemerintah daerah sekitar mengenai rencana impor sampah untuk memenuhi kebutuhan PLTSa Putri Cempo yang akan beroperasi Desember 2022.

Mobil Meluncur ke Jurang di Boyolali Sempat Terbang dan Tabrak Pohon

Video tentang mobil berwarna merah yang hilang kendali di sebuah jalan turunan hingga akhirnya terjun ke jurang viral di media sosial.

Heboh, Gubernur Ganjar Diserbu Emak-Emak Saat Kunjungi Sukoharjo 

Gubernur Ganjar datang ke Sukoharjo untuk memantau pelaksanaan vaksinasi PMK pada hewan ternak.

Ada Kecamatan Tak Punya SMA Negeri Di Solo, Ombudsman Bilang Begini

Ombudsman RI menyoroti tidak adanya SMA negeri di Pasar Kliwon saat kunjungan ke Kota Solo, meminta Pemprov Jateng segera mencari solusi.

Bawang Merah Langka, Pengepul Luar Kota Datangi Petani di Selo Boyolali

Kelangkaan bawang merah terjadi karena para petani bawang merah mengalami gagal panen.

Polemik Holywings, Apa Pengaruhnya ke Pembangunan Holywings Solo Baru?

Holywings Solo Baru dibangun oleh PT Alpha Solo Berjaya yang menyewa lahan seluas 1.500 meter persegi di sisi timur The Park Mall Solo Baru.

Uji Coba PLTSa Putri Cempo Solo: Jenis Sampah Ini Tidak Bisa Diolah

Sampah basah sehabis hujan sempat menjadi kendala saat uji coba PLTSa di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, yang dimulai Selasa (28/6/2022).

3 Penganiaya Nasabah Bank Plecit Wonogiri Divonis 5 Bulan Penjara

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri memvonis lima bulan penjara kepada tiga terdakwa kasus penganiayaan kepada nasabah bank plecit di Kabupaten Wonogiri, Kamis (30/6/2022).