Wabah Virus Corona Dikhawatirkan Pengaruhi Pasar Gadget, Kok Bisa?
Ilustrasi smartphone. (Reuters)

Solopos.com, SOLO -- Penyebaran virus corona di Tiongkok yang belum juga berakhir dikhawatirkan akan berdampak pada pasar gadget nasional. Mengingat, sebagian produk handphone (HP) yang beredar di Indonesia merupakan merek dari China.

Namun begitu kalangan distributor maupun penjual HP menyebutkan hingga akhir pekan lalu, belum ada dampak signifikan.

Perempuan Semanggi Selundupkan Narkoba ke Rutan Solo Susul Suami Masuk Penjara

Marketing Communication Director Erajaya Group, Djatmiko Wardoyo, mengatakan ketersediaan barang, khususnya gadget merek Tiongkok belum ada masalah.

"Sampai saat ini masih berjalan seperti biasa. Tidak ada masalah. Tapi kalau kondisinya [wabah corona] terjadi berkepanjangan, kemungkinan akan berdampak," kata dia kepada wartawan di Solo, Jumat (7/2/2020).

Pejabat Sragen Sambangi Pelajar 80 SMA/SMK, Ini Pesan Mereka

Sebab meskipun saat ini beberapa merek smartphone ada yang dirakit di dalam negeri, tambah dia, bukan tidak mungkin ada sebagian komponen didatangkan dari Tiongkok. Dia pun berharap persoalan mewabahnya virus corona di Tiongkok bisa segera terselesaikan.

Djatmiko mengatakan saat ini Erajaya Group telah melakukan langkah antisipasi untuk menjaga stok barang, termasuk untuk memenuhi kebutuhan barang di 1.100 toko jaringan Erajaya Retail Group yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pengantin Wanita Nekat Tinggalkan Resepsi Demi Ikuti Tes CPNS

Diketahui, beberapa HP asal Tiongkok yang beredar di pasaran Indonesia, di antaranya ada Oppo, Vivo, Xiaomi, Huawei, dan sebagainya.

Sementara itu salah satu penjual HP di Pasar Singosaren, Solo, Edy Listyanto, juga mengatakan untuk saat ini ketersedian barang maupun harga barang khususnya HP merek Tiongkok masih stabil tidak ada persoalan.

Mak Tratap! Gibran Kaget Sepesawat dengan Puguh ke Jakarta

"Sepertinya beberapa merek sudah dirakit di Indonesia, sudah ada pabriknya. Tapi tidak tahu juga untuk komponennya masih ada yang didatangkan atau tidak. Hanya, untuk saat ini stok masih aman, harga juga tidak ada perubahan," kata dia saat ditemui solopos.com di lapaknya, Sabtu (8/2/2020).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho