Kategori: Wonogiri

Viral, Inilah Andhik Prass Pencipta Lagu Wonogiri Mblenjani Janji yang Dinyanyikan Syafa Inema


Solopos.com/Aris Munandar

Solopos.com, WONOGIRI – Lagu Wonogiri Mblenjani Janji yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Jawa Timur, Syafa Inema, akhir-akhir ini tengah viral dan sering dinyanyikan kalangan anak muda di Wonogiri.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di aplikasi Instagram maupun Whatsapp, lagu tersebut kini sering dibuat status maupun backsound dari sebuah video.

Lagu yang diunggah pada channel Youtube Inema Music Digital tersebut hingga Minggu (15/11/2020), pukul 12.30 WIB, sudah ditonton sebanyak 64.677 kali. Lagu itu mulai diunggah ke Youtube sejak 11 September 2020.

Lolos Seleksi, 2 Peserta CPNS Sukoharjo Malah Mengundurkan Diri Gegara Ini

Lokasi syuting video klip Wonogiri Mblenjani Janji sebagian besar dilalukan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Meski dinyanyikan oleh penyanyi asal Jawa Timur, dan sebagian besar video klip diambil di daerah Kediri, pencipta lagu tersebut merupakan pemuda asli Wonogiri bernama Andhik Prastiarto, 21, warga Kecamatan Pracimantoro.

Andhik mengatakan lagu ciptaannya tersebut dirilis melalui akun Youtube-nya pada 17 Agustus 2020. Hingga Minggu, pukul 12.30 WIB, lagu yang dirilis melalui chanel Andhik Prastiarto sudah ditonton sebanyak 9.005 kali.

Selang beberapa hari, lagu ciptaannya tersebut disetorkan ke Inema Music Digital. Penyanyi Syafa Inema merupakan salah satu penyanyi di Management Inema Music Digital. Syafa masih satu manajemen dengan Safira Inema.

Klaster Hajatan di Sragen Mengancam, Ini Instruksi Gubernur Ganjar

Kediri

Andhik mengatakan pada awalnya syuting video klip akan dilakukan secara keseluruhan di Wonogiri. Namun, karena tidak memungkinkan akibat pandemi Covid-19, akhirnya syuting video klip sebagian besar dilakukan di Kediri.

"Itu porsi pengambilan video klipnya di Kediri 80% dan di Wonogiri 20%. Kalau yang di Wonogiri saya yang mengambil sendiri. Saya ambilkan di wilayah perkotaan Wonogiri," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Menurut Andhik, latar belakang diciptakannya lagu tersebut tidak berdasarkan cerita pribadi atau pengalaman nyata. Namun berdasarkan imajinasi yang ia miliki.

"Lagu itu mengisahkan seorang pasangan kekasih. Laki-lakinya pamit ingin bekerja, namun laki-laki itu justru selingkuh dengan perempuan lain. Maka dalam lagu itu ada lirik pamitmu mangkat kerjo nyatane ngeliyo," ujar dia.

Pasutri di Tirtomoyo Wonogiri Ditemukan Meninggal di Kamar Tidur

Angkat Nama Wonogiri

Salah satu tujuan diciptakannya lagu tersebut tak lain untuk mengangkat nama Wonogiri. Dalam lagu Wonogiri Mblenjani Janji itu terdapat lirik neng lampu merah ponten slirahmu mblenjani janji. Lampu merah ponten merupakan salah satu simpang empat yang ada di kawasan perkotaan Wonogiri.

Andhik tidak menyangka lagu ciptaannya tersebut bisa disukai dan dinikmati banyak orang. "Tidak menyangka bisa naik cepat. Awalnya cuma iseng, ternyata banyak yang suka. Lirik yang saya buat dibuat sesederhana mungkin," kata dia.

Wedyan Tenan! Klaten Tambah 201 Pasien Positif Covid-19

Andhik mengaku tertarik di dunia musik sejak usia 16 tahun. Saat itu ia masih duduk di kelas satu SMK. Hingga saat ini ia sudah menciptakan lebih dari 10 lagu. Namun yang baru dirilis sebanyak delapan lagu. Berkat usahanya tersebut, kini Andhik sudah mempunyai studio sendiri.

Andik berharap generasi muda di Wonogiri tidak berkecil hati atau minder untuk berkarya. Tidak punya alat bukan alasan untuk tidak berkarya. Diawali dengan alat seadanya, jika terus berusaha dan dimaksimalkan bisa tercapai.

"Saya berharap industri musik di Wonogiri, khususnya dangdut jawa bisa semakin maju. Sehingga daerah Wonogiri, khususnya di sektor pariwisata bisa lebih dikenal dan menarik wisatawan," kata Andhik.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita