SOLOPOS.COM - Tangkapan layar curhatan netizen di Tiktok terkait biaya yang dikeluarkan selama sepekan mudik ke Temanggung. (Tiktok @susansusiloputri)

Solopos.com, SEMARANG — Mudik atau pulang kampung seolah sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di Indonesia saat libur Lebaran. Demi mudik ini pun, banyak warga yang tak segan mengeluarkan dana yang besar, bahkan hingga menguras uang tabungan selama satu tahun.

Mudik dengan biaya besar ini pun diceritakan netizen di media sosial Tiktok. Pengguna akun @susansusiloputri ini menceritakan pengalamannya yang menggeluarkan biaya mencapai Rp20 juta untuk mudik ke Temanggung, Jawa Tengah (Jateng) dari Jakarta.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

20jtaan dihabiskan hnya utk 1minggu, balik ke Jakarta mikir biaya operational buat sehari2 kerja, bukan ngeluh tapi hnya, sharing aja ? #mudik #wonosobo #temanggung,” tulis akun @susansusiloputri, sambil mengunggah video terkait perincian biaya yang dikeluarkan selama mudik atau pulang kampung.

Dalam video yang diunggah dengan durasi 26 detik itu, netizen tersebut juga mencantumkan perincian kebutuhan yang dikeluarkan selama mudik. Kebutuhan itu antara lain untuk biaya tol, bensin Pertamax, biaya lain-lain seperti parkir dan toilet, hampers untuk keluarga yang dikunjungi, konsumsi selama perjalanan, biaya hotel saat di perjalanan, biaya operasional dan lain sebagaiannya.

mesti pegang 20jt utk semua, g pegang segitu g bakal berani nginep apalagi mampir2 ke saudara,” tulisnya.

Baca juga: Mudik Gratis Kereta Api dari Kemenhub Tak Sepenuhnya Bebas Biaya

@susansusiloputri 20jtaan dihabiskan hnya utk 1minggu, balik ke Jakarta mikir biaya operational buat sehari2 kerja, bukan ngeluh tapi hnya, sharing aja ? #mudik #wonosobo #temanggung ? Come Back Be Here x Teach Me How To Dougie mashup – DJ Rog


Unggahan akun @susansusiloputri ini pun menjadi sorotan warganet. Bahkan hingga Selasa (10/5/2022), curhatan netizen soal mahalnya biaya mudik Lebaran itu sudah mendapat 9.172 like dan dikomentari sekitar 2.368 netizen. Bahkan video unggahan netizen yang menghabiskan biaya Rp20 juta dalam sepekan pulang kampung itu telah dibagikan sebanyak 963 kali.

Unggahan netizen di Tiktok yang curhat terkait biaya mudik hingga Rp20 juta selama sepekan ini pun mendapat respons beragam. Ada yang menyebut biaya sebesar itu sebanding dengan kebahagian yang diperoleh orang tua saat melihat anaknya pulang kampung.

cuma Mao bilang.. harga segitu tidak sebanding dengan senyuman orang tua kita yg melihat kita pulang?.. semangat pejuang mudik.,” tulis akun @Sri M.

Baca juga: Viral di Tiktok, Begini Perasaan Keluarga Manurung

berangkat mudik pegang duit segepok .. plg mudik tinggal beberapa lembar, tp nga tau knpah, bahagia banged hati. melihat orang tua, dtengin saudara ?,” tulis akun @ayu_andriani89.

mknya org²dikampung kdg nganggap org²yg lg mudik psti org yg brduit,tajir dll pdhl selama staun qta ngumpulin dikit²biar bs mudik,” respons pengguna akun @Tata Ayudya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya