SOLOPOS.COM - Ustaz Khalid Basalamah. (Youtube/ Afdal Mishary)

Solopos.com, SOLO — Video lawas Ustaz Khalid Basalamah menjadi sorotan banyak orang setelah tersebar di media sosial. Video lawas yang viral itu berisi jawaban sang ustaz soal permainan wayang menurut ajaran Islam.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com di Youtube, video berdurasi 2 menit 23 detik itu diunggah di akun Youtube Afdal Mishary berjudul Hukum Wayang – Ustadz Khalid Basalamah, empat tahun silam.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Dalam video, sang ustaz menjawab salah satu pertanyaan dari pendengar ceramahnya. Pertanyaan tersebut menyinggung soal hukum dari tradisi wayang yang masih digandrungi sebagian masyarakat Jawa. Ustaz Khalid Basalamah lantas menjawab bahwa seseorang yang sudah masuk Islam dipandu oleh agama.

“Tanpa mengurangi tradisi dan budaya, semua suku di Indonesia, Suku Bugis, Suku Jawa, Suku Makassar, kita tidak akan berbicara dalam ceramah seperti ini bukan menjatuhkan sama sekali, tapi kita harus sadar bahwa kita muslim. Dan muslim itu dipandu oleh agama. Harusnya Islam menjadi tradisi dan budaya. Jangan kita kebalik, jangan budaya di-Islamkan susah,” kata Khalid Basalamah.

Baca Juga: Keren! Bocah 15 Tahun Ini Bisa Mainkan Musik DJ dan Wayang Bersamaan

Ustaz Khalid Basalamah juga menyebut wayang yang menjadi peninggalan nenek moyang diperbolehkan untuk dikenang. Namun, Sang ustaz menjelaskan bahwa Islam melarang permainan wayang.

“Kalau itu peninggalan nenek moyang dulu, mungkin kita bisa kenang dahulu, oh ini tradisi dulu seperti ini, tetapi tidak harus dilakukan, sementara di Islam dilarang, kita sudah muslim, harusnya kita tinggalkan,” imbuh sang ustaz.

Netizen pun banyak yang tak sependapat dengan jawaban pendakwah tersebut. “Ilmu Islam tentang Jawa Anda belom tamat ustaz . Tolong jangan rendahkan tradisi budaya kita, warisan leluhur. Pelajari dari cerita pewayangan. Jangan diambil musyriknya… Kita hanya mengingat perjuangan sejarah penyebaran Islam di Jawa. Yang syirik hanyalah menyekutukan Tuhan,” tulis pengguna akun Hmp Chanel.

Baca Juga: Ada Seni Instalasi Wayang Jerami di Balai Kota Solo, Spot Foto Baru Nih

“Ingat, Sunan Kalijaga dakwah dengan wayang. Habib Luthfi juga senang wayang, Habib Luthfi itu seorang habib dan tokoh ulama toriqoh dunia lhooo,” timpal pengguna akun Wahidin Bengkelung .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya