Vaksinasi Pelajar di Solo Segera Dimulai, Ini Prioritas Penerima

Vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di Solo diprioritaskan bagi siswa Kota Bengawan dan sekolah yang pernah mengadakan uji coba pembelajaran tatap muka.

 Ilustrasi vaksin Moderna. (opeaccesgoverment.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Moderna. (opeaccesgoverment.com)

Solopos.com, SOLO — Vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di Solo diprioritaskan bagi siswa Kota Bengawan dan sekolah yang pernah mengadakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Etty Retnowati, mengatakan siswa yang berasal dari luar Kota Solo tetap akan mendapatkan vaksinasi.

“Untuk sementara vaksinasi pelajar di Solo ini kita utamakan bagi siswa asal Solo. Yang luar Solo tetap nanti akan mendapatkan. Yang jelas vaksinasi ini kan bertahap tergantung ketersediaan vaksinnya nanti,” ujarnya saat ditemui di sela-sela vaksinasi perdana pelajar Solo di SMAN 3 Solo, Rabu (4/8/2021).

Sebagaimana diketahui, vaksinasi Covid-19 bagi pelajar usia 12-17 tahun di Solo sudah mulai bergulir sejak Rabu (4/8/2021). Diawali dengan vaksinasi bagi 500 siswa SMP dan SMA dan dipusatkan di SMAN 3 Solo. Selanjutnya, vaksinasi bagi pelajar akan dilanjutkan/dipusatkan di Sentra Vaksinasi Grha Wisata Solo secara bertahap.

Baca juga: Wiiii… Mantan Atlet Badminton China Huang Hua Rival Susi Susanti Ternyata Tinggal di Klaten Hlo! Ini Profilnya

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga memastikan bahwa vaksinasi terhadap pelajar Solo akan terus dilanjutkan hingga seluruh pelajar sasaran memperoleh vaksin.

“Vaksinasi jalan terus,” ujarnya singkat saat memantau kegiatan di SMAN 3 tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih juga mengatakan bahwa vaksinasi bagi pelajar akan diutamakan bagi siswa asal Solo.

“[Siswa] Solo dulu supaya capaian untuk vaksinasi di Solo ini lebih cepat,” ujarnya.

Meski demikian pihaknya tidak memberikan data alokasi harian vaksinasi untuk pelajar. “Adanya berapa vaksinnya, nanti kita kasihkan ke Bu Etty [Etty Retnowati]. Misalnya ada 100 dosis yang kita kasihkan 100.  Nanti Bu Etty yang mengatur distribusinya untuk sekolah mana saja. Tetapi yang jelas diutamakan untuk sekolah yang sudah uji coba PTM dulu,” ujarnya di sela-sela pemantauan vaksinasi di SMAN 1 Solo, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Pesisir Pantura Jateng Menolak Tenggelam, Ini Jurus Gubernur Ganjar

Untuk diketahui, hari kedua vaksinasi pelajar dipusatkan di SMAN 1 Solo dengan sasaran 500 siswa SMA. Kepala SMAN 1 Solo, Harminingsih mengatakan vaksinasi pelajar ini sangat dinanti siswa. Dibuktikan dengan antusiasme mereka saat melakukan pendaftaran.

“Jatahnya 500, tetapi yang mendaftar sekitar 800 siswa. Jadi untuk yang belum nanti menyusul,” ujarnya.

Baca juga: Mitos Pacaran di Tawangmangu Karanganyar Bikin Putus, Masih Percaya?

Sementara itu, salah satu peserta vaksinasi asal SMAN 1 Solo, Khaerani mengaku mendaftar vaksinasi hari Rabu [4/8/2021]. “Begitu ada pendaftaran, saya langsung disuruh orang tua mendaftar. Tapi saya juga memang ingin segera ikut vaksinasi biar lebih hati tenang menghadapi Covid-19,” ujar siswa Kelas XI ini.

Siswa lainnya, Calista berharap vaksinasi pelajar ini dapat memperbesar peluang dibukanya kembali sekolah. “Kalau semuanya divaksinasi semoga bisa segera PTM. Kami kangen kepengin sekolah,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Selain Bhre-Paundra, Sosok Ini Dinilai Layak Pimpin Mangkunegaran Solo

Selain Bhre dan Paundra yang merupakan putra Mangkunagoro IX, ada sosok lain yang dianggap layak memimpin Pura Mangkunegaran Solo.

Agrowisata Desa Pasung Klaten Punya Koleksi 1.000 Lebih Tanaman Buah

Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Klaten mengembangkan agrowisata, sejak empat tahun terakhir. Hingga sekarang, Desa Pasung telah memiliki lebih dari 1.000 tanaman buah.

Ngeri! Ratusan Sarang Tawon Vespa Diamankan Damkar Wonogiri

Ratusan sarang tawon vespa di Wonogiri telah dievakuasi anggota damkar dalam kurun waktu Januari hingga September 2021.

Solo Tuan Rumah Liga 2, Ini Pesan Gibran untuk Suporter

Pasoepati dan warga Solo, diminta menjadi tuan rumah yang baik terkait penyelenggaraan pertandingan Grup C Liga 2 tahun 2021 di Stadion Manahan.

Bupati Wonogiri Beri Sinyal Siswa Boleh Naik Angkot Saat PTM

Saat pembelajaran tatap muka (PTM) nanti berlangsung, siswa di Wonogiri akan diperkenankan naik transportasi umum.

Akibat Korsleting Listrik, Kandang Kambing di Sambirejo Sragen Hangus

Kebakaran menghanguskan kandang kambing milik, Pranoto, 45, warga Jatirejo RT 004, Blimbing, Sambirejo, Sragen.

Siap-Siap, Disdik Kota Solo akan Tes Covid-19 Acak di Sekolah

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo berencana mengadakan uji swab deteksi Covid-19 secara acak (random test) terhadap warga sekolah.

Ciamik! Colomadu Dirancang Jadi Solo Baru-nya Karanganyar

Bupati Karanganyar berencana menjadikan Kecamatan Colomadu sebagai pusat industri dan perdagangan selayaknya Solo Baru.

Jos, Atlet Jateng dari UTP Solo Juara Umum Kickboxing PON Papua

Atlet kickboxing Jawa Tengah (Jateng) meraih juara umum di PON XX Papua merupakan mahasiswa UTP Solo.

Rasa Teh di Solo Ternikmat No Debat, Sepakat?

Teh ginastel di Kota Solo yang diracik dengan mengoplos berbagai merek merupakan sajian kuliner khas ternikmat, sepakat?

Melihat Bayangan Seperti Makhluk Gaib di CCTV, Warga Wonogiri Trauma

Kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) yang terpasang di rumah pengusaha properti di Wonogiri merekam bayangan hitam.

Sambil Nglarisi Bakul, Bupati Sukoharjo Sosialisasi Prokes

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memiliki cara tersendiri untuk menyosialisasikan protokol kesehatan kepada pedagang di pasar tradisional.

Jos! Vaksinasi Covid-19 di Desa Sidomulyo Boyolali Capai 75%

Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali, antusias dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal itu terbukti dengan capaian vaksinasi yang menembus angka 75%.

Kebakaran Pasar Janglot Sragen: 50 Kios Kobong, Rp4,1 Miliar Melayang

Nilai kerugian akibat kebakaran di Pasar Janglot Sragen, Jawa Tengah, Minggu (26/9/2021) diperkirakan mencapai Rp4,1 miliar.

Saingan Ketat CPNS Solo: SKD Tinggi, Diambil 3 Orang Per Formasi

Tes CPNS untuk pegawai Pemkot Solo kali ini memiliki daya saing yang sangat tinggi karena rata-rata peserta meraih nilai tinggi di atas passing grade.