SOLOPOS.COM - Ilustrasi uji coba vaksin Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA - Rusia berencana memproduksi 30 juta dosis vaksin Covid-19 eksperimental secara domestik tahun ini. Selain itu, ada kemungkinan penambahan 170 juta dosis untuk di luar negeri.

Hore! Moderna Sukses Uji Coba Vaksin Virus Corona kepada 45 Orang

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

Hal ini diungkap kepala Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), Kirill Dmitriev. Katanya, uji klinis pertama vaksin pada manusia, yang dilakukan selama sebulan dan melibatkan 38 orang, berakhir pekan ini. Para peneliti menyimpulkan bahwa vaksin tersebut aman digunakan dan memberikan respons imun, meski kekuatan responsnya masih belum pasti.

Uji coba tahap ketiga yang lebih besar dan melibatkan ribuan orang diharapkan dapat berlangsung mulai Agustus, kata Dmitriev. "Kami yakin bahwa berdasarkan hasil saat ini (vaksin) itu akan disetujui di Rusia pada Agustus dan di sejumlah negara lainnya pada September, berpotensi menjadikannya vaksin pertama yang disetujui di dunia," kata Dmitriev dilansir Reuters, Rabu (16/7/2020).

Rusia Rampung Uji Vaksin Covid-19 ke Manusia, Apa Hasilnya?

Lebih dari 100 calon vaksin sedang dikembangkan dan diuji coba dalam upaya menghentikan wabah Covid-19. Sedikitnya dua vaksin sedang dalam uji coba tahap ketiga pada manusia, yakni vaksin yang dikembangkan di China dan di Inggris, menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Uji coba vaksin tahap ketiga itu akan dilakukan di Rusia dan dua negara Timur Tengah dan akan dimulai setelah uji coba tahap kedua dengan skala lebih kecil, yang melibatkan 100 orang, dan rampung pada 3 Agustus, kata Dmitriev.

Kabar Baik! Vaksin Covid-19 Bikinan Sinovac untuk Indonesia Ditargetkan Produksi Januari-April 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya