SOLOPOS.COM - Ilustrasi ziarah kubur. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Saat melakukan ziarah kubur menjelang Ramadan 2023, terdapat doa di mana dibaca untuk leluhur yang telah meninggal dunia.

Ziarah kubur sudah menjadi tradisi turun temurun dan biasanya dilakukan pada waktu tertentu, seperti pada saat menjelang Ramadan maupun Hari Raya Idulfitri. Selain itu, ada pula yang melakukan ziarah kubur di Kamis setelah asar dan Jumat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ternyata mengunjungi makan orang yang sudah meninggal dunia juga dilakukan Rasulullah SAW. Bahkan, Rasulullah SAW mempunyai bacaan khusus saat ziarah kubur.

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), berikut urutan doa yang dibaca saat ziarah kubur menjelang Ramadan.

Assalaamu‘alaikum daara qaumin mu’miniin wa ataakum maa tuu‘aduun ghadan mu’ajjaluun, wa innaa insyaa-Allaahu bikum laahiquun.

Artinya: Assalamu’alaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.

Setelah membaca doa ziarah kubur di atas, Rasulullah SAW melanjutkan dengan doa, “Ya Allah, ampunilah orang-orang yang disemayamkan di Baqi’.” Doa ini bisa diganti dengan memohonkan ampun kepada para ahli kubur tempat peziarah berkunjung.

Sementara itu, istri Rasul, Siti Aisyah sempat bertanya mengenai doa apa yang dibaca ketika mengunjungi makam.

Kemudian, Rasulullah mengajarkan doa yang berbeda, tetapi hampir mirip. Berikut ini lafalnya.

Assalaamu ‘alaa ahlid diyaar minal mu’miniina wal muslimiin yarhamukumullaahul-mustaqdimin minkum wa minnaa wal musta’khiriin, wa wa innaa insyaa-Allaahu bikum laahiquun.

Artinya: Assalamu’alaikum, hai para mukmin dan muslim yang bersemayam dalam kubur. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada mereka yang telah mendahului dan yang akan menyusul kalian. Sesungguhnya kami insyaallah akan menyusul kalian.

Selain membaca doa, ada tata cara yang harus diperhatikan saat ziarah kubur, berikut ini selengkapnya.

  • Berwudu.
  • Mengucapkan salam kepada ahli kubur.
  • Mengirimkan doa untuk almarhum.
  • Melafalkan ayat-ayat pendek Al-Qur’an.
  • Tidak menduduki atau menginjak bagian atas kuburan.
  • Menjaga adab dan jangan berbuat yang berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya