Tutup Iklan
Urusan PT RUM Dianggap Beres, Ganjar Tak Agendakan Mediasi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Antara-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mengaku belum mengagendakan mediasi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri, Pemkab Sukoharjo, dengan PT Rayon Utama Makmur (RUM) Sukoharjo dan warga terdampak limbah perusahaan yang berada di Nguter, Sukoharjo itu.

Hal itu disampaikan Ganjar untuk menanggapi pernyataan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, yang mengaku akan menyurati Gubernur Jateng untuk memfasilitasi mediasi tersebut.

Ganjar mengaku hingga saat ini belum menerima surat dari Bupati Wonogiri. Selain itu, dirinya pun menilai tidak perlu digelar mediasi.

“Sepertinya belum [terima surat]. Tapi, saya rasa enggak perlu mediasi lagi, kan kemarin sudah dirapatkan,” ujar Ganjar saat dijumpai Semarangpos.com di sela menerima kunjungan Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, di Puri Gedeh, Kota Semarang, Jumat (6/12/2019).

Ganjar menyatakan dalam rapat yang diikuti 15 perusahaan, salah satunya PT RUM di kompleks Kantor Gubernur Jateng, Selasa (3/12/2019) sudah dihasilkan beberapa keputusan dan kesepakatan.

“Keputusannya ya mereka selama 1 tahun ini enggak boleh buang limbah. Hari ini kita juga akan ada aksi susun rencana selama satu tahun, bantu IPAL-nya yang tidak kuat. Kita bantu persoalan mereka. Tapi jangan buang dulu [limbah]. Kalau enggak bisa, ya kita akan lakukan tindakan hukum,” tegas Ganjar.

Sebelumnya, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengaku akan menyurati Gubernur Jateng terkait rencana mediasi antara Pemkab Wonogiri, Pemkab Sukoharjo, dan PT RUM Sukoharjo.

Mediasi itu digelar dalam rangka menemukan solusi atas persoalan bau limbah PT RUM yang menyebar di Sukoharjo hingga Wonogiri. Mediasi itu akan mempertemukan Pemkab Wonogiri, Pemkab Sukoharjo, PT RUM, dan perwakilan masyarakat.

Joko mengaku juga sempat mendatangi kantor PT RUM di Nguter, Sukoharjo, Rabu (27/11/2019). Dia menagih solusi konkret PT RUM atas bau limbah yang sampai ke daerah perbatasan Wonogiri dengan PT RUM, seperti Selogiri.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho