Upin & Ipin Trending Twitter, Les' Copaque Berikan Penjelasan

Animasi Upin & Ipin trending topik di Twitter pada Senin (17/1/2022), pihak Les' Copaque memberikan penjelasan.

 Animasi Upin Ipin.  (JIBI/Bisnis Indonesia)

SOLOPOS.COM - Animasi Upin Ipin. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO-Menanggapi isu yang trending di Twitter, melalui akun resminya, Les’ Copaque memberi penjelasan bahwa cerita dalam animasi Upin & Ipin adalah fiksi. Pihaknya tak pernah mengambil cerita yang terinspirasi dari kisah nyata siapapun.

“Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les’ Copaque Production. Ianya tidak diambil atau diinpirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada,” tulis Les’ Copaque seperti dikutip dari Bisnis.com pada Selasa (18/1/2022).

PromosiHarta Karun Wonoboyo Klaten, Temuan Timbunan Emas Terbesar Indonesia

Sebagaimana diketahui animasi Upin & Ipin menjadi trending topik di Twitter pada Senin (17/1/2022). Seorang pengguna media sosial TikTok bernama akun @bang_alonk3110, mengunggah video dua buah makam anak kecil bernama Upin dan Ipin.

Keterangan video tersebut menyebutkan bahwa karakter Upin dan Ipin dibuat tak pernah dewasa karena didasarkan dari khayalan Opah. “Pantesan gak pernah gede, ternyata cerita berdasarkan khayalan Opah 10 tahun yang lalu,” tulis akun tersebut.

Tangkapan layar video TikTok tentang kisah Upin & Ipin tersebut akhirnya menjadi trending di Twitter. Warganet pun turut memberikan komentar yang mengandung teori konspirasi seputar Upin & Ipin. Tak hanya itu, warganet juga menyoroti kisah kedua anak yang digambarkan sebagai anak yatim piatu karena kedua orang tuanya meninggal dalam kecelakaan.

Menanggapi komentar warganet yang menyoroti kisah Upin dan Ipin, pembuat animasi Malaysia Les’ Copaque memberikan penjelasan. Kisah tersebut fiktif dan merupakan ide dari Hajah Ainon.

Baca Juga: Petualangan Si Kembar Upin Ipin Tayang di Bioskop Indonesia Hari Ini

Hajah Ainon  merupakan pengisi suara Opah. Kemudian cerita yang ada di Kampung Durian Runtuh diambil dari sedikit pengalaman milik Haji Burhanuddin, selaku Pengarah Urusan Les’ Copaque Production dan pengisi suara Tok Dalang.

1. Alasan Upin dan Ipin yatim piatu

Menanggapi narasi yang beredar di medsos, Les’ Copaque menerangkan bahwa tak adanya karakter orang tua untuk Upin dan Ipin karena faktor keterbatasan kerja. “Ketika Upin & Ipin Musim 1 disiarkan di TV9, ianya merupakan projek sampingan saja. Oleh kerana kesuntukan masa dan kekurangan tenaga kerja, tiada watak baru dihasilkan dan LCP memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu,”  jelasnya.

2. Penggambaran karakter Upin dan Ipin botak

Kemudian untuk penggambaran karakter Upin dan Ipin dibuat botak, alasan yang sama juga disampaikan oleh Les’ Copaque. Pihaknya menerangkan bahwa karakter Upin dan Ipin dibuat botak untuk memperpendek pembuatan animasi.

Baca Juga: Viral! Video Makam Upin dan Ipin, Netizen: Jadi Selama ini Kita…

“Begitu juga ketika Upin & Ipin Musim 1 dihasilkan, pihak LCP terpaksa memendekkan kos dan mempercepatkan proses pembuatan. Nak buat rambut [hair simulation] ketika itu terlalu memakan masa,” tulisnya.

Les’ Copaque kemudian menuliskan bahwa netizen yang masih penasaran dengan asal-usul animasi Upin & Ipin, bisa membeli buku milik Haji Burhanuddin. “Kalau nak tahu kisah dan sejarah tentang penubuhan Les’ Copaque Production boleh dapatkan buku yang ditulis sendiri oleh Tn Haji Burhanuddin yang akan berada di pasaran pada bulan Mac nanti,” ujarnya.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

+ PLUS 5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Berita Terkini

Lirik Lagu Lara - Difki Khalif feat Ariel Noah

Di bawah ini terdapat lirik lagu Lara dari Difki Khalif feat Ariel Noah, yang telah tayang pada Rabu, 18 Mei 2022 dan ditonton lebih dari 200.000 kali.

Pemeran Mbah Dok dalam Film KKN di Desa Penari, Aslinya Cantik Loh!

Selalu tampil menyeramkan, siapa sangka pemeran Mbah Dok dalam film KKN di Desa Penari ternyata berwajah cantik?

KKN di Desa Penari Jadi Film Terlaris Sepanjang Masa

Kesuksesan KKN di Desa Penari menjadikannya sebagai film terlaris sepanjang masa.

Andhika Pratama Klarifikasi Isu Jadi Sugar Daddy Chandrika Chika

Andhika Pratama akhirnya memberikan klarifikasi terkait isu menjadi sugar daddy Chandrika Chika.

Nama Dicatut untuk Menipu Orang, Raffi Ahmad Sedang Kumpulkan Bukti

Terkait pencatutan nama dirinya untuk dugaan penipuan, Raffi Ahmad mengaku tim kuasa hukumnya sedang mengumpulkan bukti.

Pernah Jadi Korban Penipuan, Raffi Ahmad Beri Pesan Menohok pada Penipu

Kepada Uya Kuya, Raffi Ahmad mengaku pernah jadi korban penipuan.

Jejak Cuan Film Nasional

Jatuh bangun film nasional tak menyebabkan industri kreatif ini surut. Pascapandemi layar film nasional kian berkibar.

Deretan Artis yang Jadi Dokter, Siapa Saja?

Berikut ini sejumlah artis Tanah Air yang jadi dokter.

Diramal Punya Kekasih Berinisial A, Siapa Chandrika Chika?

Simak ulasan kabar artis kali ini tentang siapa Chandrika Chika yang kembali jadi perhatian gara-gara ramalan Hard Gumay tersebut.

Waduh! Andhika Pratama Dituding Jadi Sugar Daddy Chandrika Chika

Andhika Pratama yang digosipkan sebagai sugar daddy Chandrika Chika, kok bisa?

Selamat! Rihanna dan A$AP Rocky Resmi Menjadi Orang Tua

Penyanyi pop Rihanna dan rapper A$AP Rocky resmi menjadi orang tua dari seorang bayi laki-laki.

Mantan Agen Sebut Karier Johnny Depp Meredup Karena Tak Profesional

Mantan agen Johnny Depp menyebut karier aktor Hollywood itu sudah lama meredup karena sikap tidak profesionalnya.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (20/5/2022): Ada 1 Film Baru, Mau Nonton?

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Jumat, 20 Mei 2022 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Apa saja film yang tayang?

Lirik Lagu Sakit Rindu - Yeni Inka feat Kevin Ihza

Di bawah ini terdapat lirik lagu Sakit Rindu dari Yeni Inka feat Kevin Ihza, yang telah tayang pada Jumat, 3 Mei 2022 dan ditonton lebih dari 330.000 kali.

Erick Thohir Mengupas Kebenaran Cerita KKN di Desa Penari

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengupas kebenaran cerita KKN di Desa Penari.