Update: Jumlah Positif Corona Indonesia 2.738, Rekor Tambahan Kasus Baru
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto saat jumpa pers. (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Solopos.com, JAKARTA -- Indonesia kembali mencatatkan jumlah tambahan kasus baru harian tertinggi positif virus corona (Covid-19) pada Selasa (7/4/2020), yakni 204 kasus. Dengan demikian, total pasien positif virus corona hingga Selasa ini mencapai 2.738 orang.

Angka tersebut diungkapkan Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto, dalam jumpa pers di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Angka tersebut didapatkan dari jumlah kasus positif corona yang dirawat di rumah sakit (RS) di seluruh Indonesia hingga pukul 12.00 WIB, termasuk tambahan kasus baru.

3 Obat Mujarab Andalan Tung Desem Waringin Lawan Covid-19

"Kita dapatkan penambahan kasus baru confirmed, berdasarkan pemeriksaan PCR, Covid-19 sebanyak 247 orang. Sehingga total kasus hingga 7 April mencapai 2.738 orang," kata Yuri, Selasa.

Kabar baiknya, terdapat tambahan kasus pasien sembuh sebanyak 13 orang sehingga total pasien sembuh menjadi 204 orang. "Sedangkan kasus meninggal bertambah 12 orang menjadi 221 orang," imbuhnya.

Hai Driver Ojol Jakarta, Orang Terkaya Ini Bagi Makanan Gratis Setiap Hari Untukmu

Jumlah tambahan kasus baru positif virus corona harian yang mencapai 204 kasus ini menunjukkan masih tingginya penularan di Indonesia. Yuri menduga ada banyak orang tanpa gejala (OTG) yang masih menularkan Covid-19 kepada orang lain tanpa disadari.

"Gambaran-gambaran yang saya sampaikan beberapa hari ini menunjuukkan bahwa masih banyak penularan di luar rumah sakit. Masih ada orang sakit yang tidak merasa sakit yang menularkan ke orang lain," kata Yuri.

PSBB DKI Jakarta Akhirnya Disetujui Menkes Terawan

Tambahan Kasus Baru Tertinggi

Karena itu, Yuri kembali mengingatkan agar masyarakat disiplin dan mematuhi imbauan pemerintah. Di antaranya disiplin mencuci tangan, mengenakan masker, dan menajaga jarak aman atau physical distancing.

Yuri menegaskan pentingnya masyarakat tetap tinggal di rumah, terutama di DKI Jakarta yang telah resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini penting untuk menekan jumlah tambahan kasus baru positif corona di Indonesia yang terus menunjukkan tren meningkat.

6 April, Indonesia Catatkan Jumlah Kasus Baru Positif Covid-19 Tertinggi

"Patuhi ketentuan tidak perlu pulang kampung hari ini, kita melindungi orang-orang di kampung, kita lindungi orang tua di kampung. Dengan cara ini, kita akan dengan cepat menggentikan penularan Covid-19," tutup Yuri.

Sebelumnya pada Senin (6/4/2020), Indonesia mencatatkan jumlah tambahan kasus baru harian positif Covid-19 mencapai 218 kasus. Angka itu merupakan penambahan kasus harian tertinggi sejak 2 Maret 2020 lalu. Dan hari ini, Indonesia mencatatkan penambahan kasus yang lebih tinggi yaitu 247 kasus baru.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho