SOLOPOS.COM - Sejumlah tukang sedang bekerja membangun SDN 02 Kadokan, Grogol, Sukoharjo, Rabu (27/11/2013) siang. Bangunan sekolah tersebut diproyeksikan sebagai tempat pengungsian korban banjir. ( Kurniawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Bagi kamu yang ingin mendirikan rumah, khususnya di Solo, Jawa Tengah, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu upah atau ongkos tukang harian di Kota Bengawan yang ada di bawah ini.

Solo menjadi salah satu kota ternyaman yang ada di Indonesia. Predikat tersebut diberikan oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) pada 2018 lalu. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan di 26 kota dari 19 provinsi di Indonesia, Solo menempati posisi pertama kota layak huni dengan indeks 66,9 persen.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua Kompartemen Livable City IAP, Elkana Catur mengatakan Solo terpilih menjadi kota yang memiliki nilai paling tinggi dan konsisten menjadi kota yang layak huni dan paling nyaman di Indonesia.

Baca Juga: Apa Itu Slebew, yang Viral di Tiktok dan Citayam Fashion Week?

Dari hal tersebut, ada masyarakat yang ingin mendirikan rumah di Kota Bengawan dan tinggal di Kota Solo bersama keluarga. Nah, jika kamu salah satunya yang ingin membangun rumah di Solo, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa upah tukang bangunan harian di kota yang mempunyai kuliner nasi liwet ini.

Menurut situs Aristeki.my.id dan Soloproperty.co.id, rata-rata upah tukang bangunan harian di Solo Rp100.000 hingga Rp250.000.

Baca Juga: Bukan Singkatan, Makna Pelat Nomor Solo AD Ada Kaitannya dengan Inggris

Besaran upah tukang bangunan tersebut tergantung dengan pekerjaan yang mereka lakukan, misalnya saja untuk cat, biayanya adalah Rp120.000/orang/hari.

Untuk informasi lengkap mengenai upah tukang bangunan harian di Kota Solo, kamu bisa cek di bawah ini.

Baca Juga: Arti Huruf Belakang di Pelat Nomor Jogja AB Berdasarkan Wilayahnya

  1. Kepala Tukang – Rp175.000/orang.
  2. Tukang Cat – Rp120.000/orang.
  3. Tukang Kayu – Rp130.000/orang.
  4. Tukang Batu – Rp140.000/orang.
  5. Pembantu Tukang – Rp100.000/orang.
  6. Tukang Besi – Rp130.000/orang.
  7. Tukang Gali Tanah – Rp100.000/orang.
  8. Tukang Listrik – Rp110.000/orang.

Baca Juga: Tak Hanya Stadion Manahan, Ini 13 Venue ASEAN Para Games 2022 di Solo

Sebagai catatan, upah tukang bangunan harian di Kota Solo tersebut bisa lebih murah apabila kamu menyediakan makan siang atau santapan untuk mereka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya