UNS & Xihua University Kolaborasi Perggelarkan Budaya Jawa-Tiongkok
Kampus UNS Solo (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO — Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bersama Fakultas Sastra dan Jurnalistik Xihua University, Tiongkok, Kamis-Jumat (26-27/11/ 2020), mengadakan pergelaran budaya dalam merekatkan budaya Jawa dan Bashu Tiongkok.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan kerja sama kedua kampus yang terjalin sejak 2019. FIB UNS sebagai tuan rumah acara ini pada hari pertama menggelar Seminar Tradisi Tionghoa/Tiongkok dalam Dunia Jawa dan Akulturasi Budaya Seni Kuliner Jawa-Tiongkok (Perspektif Antropologi Pangan).

Cermati! Zodiak-Zodiak Ini Bisa Jatuh Cinta demi Uang

Seminar kolaborasi UNS Solo dan Xihua University itu diadakan tatap muka dengan jumlah peserta terbatas di Ruang Seminar Gedung 3 FIB UNS dan disiarkan melalui Zoom Cloud Meetings,

Dwi Susanto sebagai pemateri seminar pertama akan menyampaikan interaksi tradisi Tiongkok dengan Nusantara (Jawa) telah terbukti ada sejak berabad-abad lalu.

Interaksi Kebudayaan Tradisi

Fakta tersebut memberikan bukti bahwa interaksi kebudayaan tradisi Tiongkok telah terjadi dan melebur dalam identitas masyarakat Jawa yang berlapis-lapis.

“Muncul penelitian untuk menelusuri tradisi masyarakat Tiongkok yang diresepsi dalam tradisi Jawa dengan mengambil satu kasus cerita Zhu Yingtai,” ujarnya, Rabu (25/11/2020).

Elemen Fengsui dalam Rumah Bisa Datangkan Rezeki

Sedangkan pemateri seminar kedua, Marimin akan menerangkan pertemuan budaya Jawa-Tiongkok terjadi dalam stratifikasi sosial masyarakat suku Jawa yang tersebar di Pantai Utara Jawa.

Pada hari kedua, FIB UNS akan menggelar pentas seni secara virtual melalui platform Zoom Cloud Meetings dan kanal YouTube FIB.UNS, berupa pertunjukkan barongsai dan wayang kulit. (*)

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom