SOLOPOS.COM - Sepeda listrik Yamaha Booster (Antara)

Solopos.com, JAKARTA-Yamaha merilis dua model sepeda listrik/e-bike 2023, Booster dan Booster Easy. Keduanya dibuat dengan desain yang unik.

Visordown mengabarkan bahwa Booster dan Easy masih keluarga e-bike S-pedelec. Dengan begitu, Booster dan Easy dapat dilihat sebagai sepeda listrik yang memiliki kecepatan hingga 45km/jam, sedangkan Easy dapat mencapai 25 km/jam.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Dari segi desain, keduanya cukup unik dan memiliki kemiripan dengan apa yang dihadirkan oleh Fantic dan juga Issimo berkat rangka diecast dan penggunaan ban gemuk yang berukuran 4 inci (diameter 20 inci).

Hal ini menjadi menarik, dikarenakan Fantic dan Yamaha memiliki kolaborasi pada segmen sepeda motor trail. Meskipun ada kesamaan visual antara rangkaian Booster dan Issimo, elemen teknisnya tetap berbeda.

Hal itu dibuktikan melalui model Booster yang sama-sama menggunakan unit penggerak PW-S2, untuk Yamaha Booster dapat menghasilkan torsi hanya 75Nm, sedangkan motor Issimo menghasilkan 95Nm.

Meski begitu, Yamaha tidak memberikan rincian yang mendetail mengenai penggunaan suspensi. Tetapi, shokbreaker depan dari Booster tampaknya memiliki kemiripan dengan Issimo.

Hanya saja, penggunaan desain rem jelas berbeda dengan apa yang digunakan oleh Issimo yakni cakram tunggal berdiameter 180mm di depan dan belakang untuk Booster. Sedangkan untuk Issimo menggunakan diameter 160mm untuk depan dan belakangnya.

Dalam hal perbandingan satu sama lain, Booster dan Booster Easy cukup identik. Yang menjadi perbedaan dari keduanya adalah performa dan juga jarak jangkau yang dimiliki masing-masing sepeda elektrik ini.

Untuk Booster Easy, Yamaha menginformasikan setidaknya sepeda elektrik ini dapat menempuh jarak sekitar 120km dengan sekali pengisian daya, sedangkan Booster dapat menempuh jarak hanya 110km.

Kedua kendaraan ini memiliki lima mode berkendara, yang tersedia di antaranya +ECO, ECO, STD, HIGH dan AUTO, dengan +ECO menyediakan jangkauan terpanjang, dan HIGH memberikan performa tertinggi.

Soal harga, hingga saat ini belum ada keterangan resmi. Kemungkinan, sepeda listrik mirip Fantic Issimo yang dijual di Eropa ini memiliki kisaran harga serupa, yakni sekitar 3.590 euro atau Rp59 jutaan.

Demikian pula dengan penjualan di Indonesia, hingga saat ini belum ada kabar tentang rencana dijual di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya