Kategori: Sukoharjo

Underpass Makamhaji Kartasura Sudah Dibuka Lagi, Mulus Tanpa Gronjalan Lur...


Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani

Solopos.com, SUKOHARJO -- Underpass Makamhaji, Kecamataan Kartasura, Sukoharjo, akhirnya dibuka kembali pada Jumat (19/3/2021) sore. Sebelumnya, underpass tersebut ditutup sejak Kamis (18/3/2021) untuk perbaikan.

Selama penutupan, gril saluran air diperbaiki dan jalan diaspal ulang sehingga kini mulus lagi. Pekerja memperbaiki infrastruktur itu secara maraton selama dua hari. Kepala Pos Lantas Kartasura, Aiptu A Christian DN, mengatakan underpass mulai dibuka pukul 17.15 WIB.

Dibukanya jalur underpass ini sesuai dengan target yakni rampung pada Jumat sore ini. "Proyeknya sudah selesai dan sudah dibuka. Tadi langsung kami buka setelah pengaspalan jalan selesai," katanya kepada Solopos.com, Jumat.

Baca Juga: Underpass Makamhaji Ditutup, Perlintasan Mayang Sukoharjo Macet Parah

Christian mengatakan underpass Makamhaji kembali dibuka dan bisa dilalui kendaraan setelah dua hari ditutup total. Penutupan underpass Makamhaji ini pun berdampak pada kepadatan arus lalu lintas di ruas-ruas jalan pengalihan.

Seperti kawasan Jalan A Yani, Tugu Lilin, perlintasan sebidang Mayang, hingga Jl Slamet Riyadi Solo. Namun kini dengan dibukanya kembali Underpass Makamhaji, harapannya mampu mengurangi kepadatan lalu lintas di ruas-ruas jalan tersebut.

Penutup Saluran Air

"Jalannya [Underpass Makamhaji] sekarang sudah mulus. Tapi ingat jangan ngebut saat melintas," pesan Christian.

Baca Juga: "Motor Dinas Ketua RT Colomadu" Viral, Ini Tanggapan Sekdes Blulukan Karanganyar

Ia mengatakan sebelum dibuka, pekerja fokus memperbaiki gril penutup saluran air underpass Makamhaji yang kerap dikeluhkan sering rusak dan membahayakan pengguna jalan. Selain itu aspal juga dilapis ulang sehingga seperti jalan baru.

Jalan underpass itu ditinggikan 10 sentimeter sehingga kembali mulus tanpa gronjalan. Kendati begitu, pengguna jalan yang melintas tetap diminta berhati-hati saat melintas. Pengguna jalan diminta tidak kebut-kebutan saat melintasi underpass Makamhaji.

Baca Juga: 2 Bulan Uji Coba, 38.000 Pelanggaran Terekam Kamera ETLE Satlantas Solo

"Semoga jalannya awet dan tidak bolong-bolong. Jadi tidak menimbulkan kecelakaan lalu lintas," katanya.

Selain kondisi jalan yang mulus, ia mengatakan kawasan underpass Makamhaji juga ditambah lampu penerangan. Sehingga tak lagi gelap gulita saat malam hari. Sebab kerap terjadi lakalantas saat malam hari karena minimnya penerangan jalan di sana.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih