SOLOPOS.COM - PEMERIKSAAN -- Polisi memeriksa seorang pendukung sepakbola Rusia belum lama ini. Ulah sejumlah suporter Rusia menyebabkan badan sepakbola Eropa, UEFA, menjatuhkan sanksi denda kepada pengurus sepakbola negeri itu. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

PEMERIKSAAN -- Polisi memeriksa seorang pendukung sepakbola Rusia belum lama ini. Ulah sejumlah suporter Rusia menyebabkan badan sepakbola Eropa, UEFA, menjatuhkan sanksi denda kepada pengurus sepakbola negeri itu. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

WARSAWA — Tak hanya tereliminasi lebih awal, Rusia juga harus kembali membayar denda akibat ulah fans mereka selama di Euro 2012. Badan Sepak Bola Eropa UEFA menjatuhkan denda senilai US$37.800 atau setara Rp356 juta terhadap Federasi Sepak Bola Rusia.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Denda itu dijatuhkan karena kelakuan tidak pantas yang dilakukan fans mereka saat pertandingan lawan Polandia pada laga kedua penyisihan Grup A. UEFA mengatakan panel disiplin menyebut fans Rusia membentangkan spanduk dengan tulisan provokatif dan melemparkan kembang api ke lapangan.

Sementara seorang laki-laki masuk ke lapangan dengan mengibarkan bendera Rusia setelah pertandingan antara Polandia dan Rusia yang berakhir dengan skor imbang 1-1. Sebelumnya Rusia telah didenda US$150.000 atau sekitar Rp1,4 miliar karena fans mereka menyerang petugas tadion di Wroclaw saat pertandingan pertama penyisihan grup lawan Republik Cheska.

“Federasi Sepak Bola Rusia (RFS) didenda 30.000 euro karena aksi pelemparan kembang api oleh penonton, membentangkan spanduk provokatif dan salah seorang suporter memasuki lapangan pada pertandingkan pekan lalu lawan Polandia di Warsawa di Grup A Euro 2012,” sebut pernyataan resmi UEFA seperti dilansir Skysports, Senin (18/6) WIB.
Kendati didenda, UEFA belum menjatuhkan pengurangan enam poin di kualifikasi Euro 2016 terhadap Rusia. “Kasus yang dimaksud dan keputusan yang telah ditetapkan tak berdampak apa pun pada periode percobaan terhadap RFS menyusul insiden di pertandingan pertama lawan Republik Cheska di Wroclaw. Ini berarti pengurangan enam poin saat ini masih ditanggungnya,” imbuh pernyataan itu.

Pasukan Beruang Merah, julukan Rusia, tereliminasi setelah kalah 0-1 dari Yunani, Minggu (17/6/2012) dini hari WIB. RFS menerima pendapatan US$13,3 juta atau sekitar Rp125,4 miliar atas partisipasi dan hadiah uang karena finis di peringkat tiga klasemen Grup A di belakang Cheska dan Yunani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya