Tragedi Kanjuruhan Ternyata Terbesar Kedua dalam Kerusuhan Sepak Bola di Dunia

Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) yang mengakibatkan setidaknya 127 orang meninggal dunia menjadi tragedi yang menelan korban jiwa terbesar kedua dalam sejarah kerusuhan di stadion sepak bola.

 Arema FC berduka atas tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober 2022. (Twitter @AremafcOfficial)

SOLOPOS.COM - Arema FC berduka atas tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober 2022. (Twitter @AremafcOfficial)

Solopos.com, JAKARTA—Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada pekan ke-11 Liga 1 2022/2023, Sabtu (1/10/2022) yang mengakibatkan setidaknya 127 orang meninggal dunia menjadi tragedi yang menelan korban jiwa terbesar kedua dalam sejarah kerusuhan di stadion sepak bola.

Tragedi pertama dengan jumlah korban jiwa terbesar, dikutip Antara dari laman footballgroundguide.com, Minggu, terjadi di Stadion Nasional (Estadio Nacional), Lima, Peru, saat laga Peru vs Argentina pada 1964.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Kejadian yang menewaskan 326 orang tersebut terjadi akibat kerusuhan di dalam stadion dan dihalau polisi yang membuat penonton panik berlari di pintu keluar yang ternyata masih tertutup dan membuat banyak yang terinjak-injak.

Baca Juga: Sesalkan Aremania, PSSI Bentuk Tim Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Tragedi kedua terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10) malam, seusai pertandingan antara tuan rumah Arema FC yang kalah melawan Persebaya Surabaya dengan skor 2-3.

Suporter Arema FC yang kecewa dengan kekalahan itu melampiaskan dengan turun ke lapangan mengejar pemain dan ofisial sehingga polisi berupaya menghalau, termasuk menembakkan gas air mata.

Penonton yang panik berlari ke pintu keluar sehingga terjadi penumpukan. Akibatnya fatal, banyak penonton yang terinjak-injak, terhimpit, dan sesak napas.

Baca Juga: Minta Maaf atas Tragedi Kanjuruhan, Manajemen Arema FC Bentuk Crisis Center

Selain korban meninggal dunia, tercatat ada 13 unit kendaraan yang mengalami kerusakan, 10 di antaranya merupakan kendaraan Polri.

Tragedi ketiga, terjadi Stadion Olahraga Accra, Ghana, yang mempertandingkan laga antara Heart of Oak vs Kotoko pada 2001.

Pertandingan antara dua klub raksasa Ghana itu awalnya berjalan kondusif ketika Kotoko unggul sementara, namun dua gol di akhir laga membalikkan keadaan dan akhirnya memenangkan Heart of Oak.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan 127 Orang Meninggal, Klub-Klub Liga 1 Sampaikan Duka Cita

Fans Kotoko bereaksi buruk dengan melemparkan botol dan kursi ke lapangan yang direspons polisi dengan gas air mata, yang membuat para penggemar Kotoko keluar.

Namun, penonton tidak menyadari jika gerbang tidak terbuka sehingga akhirnya berdesak-desakan dan menyebabkan 126 orang meninggal.

Tragedi keempat terbesar terjadi di Stadion Hillsborough, Inggris, ketika laga Liverpool vs Nottingham Forest pada 1989 yang terjadi karena penonton berdesak-desakan dan menyebabkan setidaknya 96 orang meninggal dunia.

Baca Juga: Korban Meninggal di Kanjuruhan Dikabarkan 127 Orang, Liga 1 Dihentikan Sepekan

Kelima, tragedi memilukan yang terjadi di Stadion Dasharath, Nepal, saat pertandingan antara Janakpur Cigarette Factory dan Liberation Army of Bangladesh pada 1988.

Pertandingan awalnya berjalan baik, tetapi di tengah laga terjadi badai salju yang menyebabkan para penonton panik karena 75 persen areal stadion masih terbuka.

Polisi kemudian menghalau yang justru mengarah penonton ke pintu keluar yang masih tertutup dan menyebabkan setidaknya 93 orang tewas karena terhimpit dan terinjak-injak.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Laga Penentuan Grup A-B, Ada Wales vs Inggris

      Jadwal Piala Dunia 2022 pada malam dan dini hari nanti akan memainkan empat pertandingan penentuan dari Grup A dan B, dua laga di antaranya mempertemukan Belanda vs Qatar dan Wales vs Inggris. 

      Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022: Portugal Mantap di Puncak Grup H

      Portugal tak tergoyahkan di puncak klasemen Grup H seusai meraih kemenangan kedua Piala Dunia 2022 pada Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

      Hasil Piala Dunia 2022: Atasi Uruguay 2-0, Portugal Melangkah ke 16 Besar

      Portugal memastikan meraih tiket 16 besar Piala Dunia 2022 seusai mengalahkan Uruguay 2-0 pada pertandingan Grup H di Lusail Stadium.

      Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022: Puncaki Grup G, Brasil Lolos ke 16 Besar

      Brasil lolos ke 16 besar setelah memuncaki Grup G Piala Dunia 2022 seusai mengalahkan Swiss 1-0 pada pertandingan di Stadium 974 Doha.

      Hasil Piala Dunia 2022: Tundukkan Swiss 1-0, Brasil Susul Prancis ke 16 Besar

      Brasil menyusul Prancis ke 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Swiss 1-0 pada laga Grup G Piala Dunia 2022  di Stadium 974 Doha.

      Masalah Keamanan Jadi Syarat Liga 1 Dilanjutkan

      Liga 1 Indonesia musim 2022-2023 membutuhkan keselarasan soal keamanan dan keselamatan di stadion sebelum dapat dilanjutkan kembali.  

      Menjelang Liga 1 Digulirkan Kembali, PT LIB Sebut Klub Samakan Persepsi

      PT Liga Indonesia Baru menggelar diskusi dengan klus peserta Liga 1 2022/2023 sebagai persiapan bergulirnya kembali kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Tanah Air tersebut.

      Timnas Indonesia Akhirnya Boleh Pakai SUGBK saat Piala AFF 2022

      Timnas Indonesia akhirnya diizinkan untuk bermarkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Piala AFF 2022.

      Persis Solo Ikut Hadir, Berikut Ini Hasil Diskusi Persiapan Bergulirnya Liga 1

      Klub peserta Liga 1 mengikuti diskusi dengan Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi untuk persiapan bergulirnya kembali ajang sepak bola tertinggi di Tanah Air itu.

      Babak Pertama Rampung, Brasil vs Swiss 0-0

      Brasil belum mampu menjebol gawang Swiss pada babak pertama Grup G Piala Dunia 2022  di Stadium 974 Doha.

      Prediksi Skor Portugal Vs Uruguay di Piala Dunia 2022: Perang Bintang

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak Penyisihan Grup H Piala Dunia FIFA 2022 antara Portugal dan Uruguay.

      Live Streaming Piala Dunia 2022: Portugal Vs Uruguay, Adu Tajam Striker Kawakan

      Pertandingan Portugal Vs Uruguay di penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 ini akan menjadi adu seni sepak bola. Hal itu dikarernakan pemain dari kedua tim punya kemampuan atau skill individu di atas rata-rata, terutama skuad Portugal.

      Susunan Pemain Brasil vs Swiss: Tim Samba Tanpa Neymar

      Brasil dipastikan tanpa diperkuat Neymar saat melawan Swiss pada laga Grup G di Stadium 974 Doha

      Data dan Fakta Menarik Jelang Portugal vs Uruguay

      Data dan fakta Portugal vs Uruguay pada laga Grup H Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Al Daayen.

      Hasil Piala Dunia 2022: Sempat Bangkit, Korsel Menyerah 2-3 dari Ghana

      Korea Selatan (Korsel) harus mengakui keunggulan Ghana 2-3 pada laga lanjutan Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Ar-Rayyan.