Sesalkan Aremania, PSSI Bentuk Tim Investigasi Tragedi Kanjuruhan

PSSI langsung membentuk tim investigasi setelah terjadi tragedi Kanjuruhan seusai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya yang mengakibatkan sedikitnya 127 orang meninggal dunia.

 Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan keterangan pers seusai mengikuti rapat terbatas terkait perkembangan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/9/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan keterangan pers seusai mengikuti rapat terbatas terkait perkembangan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/9/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Solopos.com, JAKARTA—PSSI langsung membentuk tim investigasi setelah terjadi tragedi Kanjuruhan seusai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang Jawa Timur.

Sebanyak 127 orang dilaporkan meninggal dunia seusai Arema FC dikalahkan Persebaya Surabaya 2-3. Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta menjelaskan dari 127 orang yang meninggal dunia tersebut, 34 orang meninggal di Stadion Kanjuruhan sementara sisanya meninggal saat mendapatkan pertolongan di sejumlah rumah sakit.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Hingga saat ini terdapat kurang lebih 180 orang yang masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit. Selain korban meninggal dunia, tercatat ada 13 unit kendaraan yang mengalami kerusakan, 10 di antaranya merupakan kendaraan Polri.

Baca Juga: Minta Maaf atas Tragedi Kanjuruhan, Manajemen Arema FC Bentuk Crisis Center

“PSSI menyesalkan tindakan suporter Aremania di Stadion Kanjuruhan. Kami berduka cita dan meminta maaf kepada keluarga korban serta semua pihak atas insiden tersebut. Untuk itu PSSI langsung membentuk tim investigasi dan segera berangkat ke Malang,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam keterangan di laman resmi PSSI, Minggu (2/10/2022).

Iriawan menambahkan PSSI mendukung kepolisian untuk menyelidiki kasus ini. Apalagi kejadian ini sangat mencoreng wajah sepak bola Indonesia.

“Untuk sementara kompetisi Liga 1 2022/2023 kami hentikan selama satu pekan. Selain itu tim Arema FC dilarang menjadi tuan rumah selama sisa kompetisi musim ini,” tukasnya.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan 127 Orang Meninggal, Klub-Klub Liga 1 Sampaikan Duka Cita

Hingga saat ini, Ketum PSSI terus berkoordinasi dengan pihak internal PSSI dan eksternal dalam hal ini aparat penegak hukum dan panpel Arema FC.

Kericuhan tersebut bermula saat ribuan suporter Aremania merangsek masuk ke area lapangan setelah Arema FC kalah. Pemain Persebaya langsung meninggalkan lapangan dan Stadion Kanjuruhan menggunakan empat mobil Polri, barracuda.

Kerusuhan tersebut semakin membesar di mana sejumlah flare dilemparkan termasuk benda-benda lainnya. Petugas keamanan gabungan dari kepolisian dan TNI berusaha menghalau para suporter tersebut.

Baca Juga: Korban Meninggal di Kanjuruhan Dikabarkan 127 Orang, Liga 1 Dihentikan Sepekan

Dengan jumlah petugas keamanan yang tidak sebanding dengan jumlah ribuan suporter Arema FC tersebut, petugas kemudian menembakkan gas air mata di dalam lapangan. Tembakan gas air mata itu membuat banyak suporter pingsan dan sulit bernapas.

Banyaknya suporter yang pingsan, membuat kepanikan di area stadion. Banyaknya suporter yang membutuhkan bantuan medis tersebut tidak sebanding dengan jumlah tenaga medis yang disiagakan di Stadion Kanjuruhan.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Hasil Piala Dunia 2022: Sensasional! Hajar Spanyol 2-1, Jepang Juara Grup E

      Jepang kembali membuat kejutan dengan mengalahkan Spanyol 2-1 pada laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha.

      Hasil Piala Dunia 2022: Kalahkan Kosta Rika 4-2, Jerman Tetap Tersingkir

      Jerman dipastikan gagal meraih tiket babak 16 besar Piala Dunia 2022 untuk kali kedua secara beruntun meskipun mengalahkan Kosta Rika 4-2 pada laga terakhir Grup E di Al Bayt Stadium Al Khor

      Klasemen Akhir Grup F Piala Dunia 2022: Kejutan! Maroko Pertama, Kroasia Kedua

      Kejutan terjadi saat Maroko  mengakhiri penyisihan Grup F Piala Dunia 2022 sebagai juara grup.

      Live Streaming Piala Dunia 2022 Hari Ini: Jepang Vs Spanyol, Bisa Otomatis!

      Pertandingan Jepang Vs Spanyol akan berlangsung pada Jumat (2/12/2022) dini hari ini, mulai pukul 02.00 WIB.

      Live Streaming Piala Dunia 2022 Kosta Rika Vs Jerman, Dipimpin Wasit Perempuan

      Jerman dan Kosta Rika akan menjalani laga hidup mati di Grup E Piala Dunia 2022 dini hari ini.

      Hasil Piala Dunia 2022: Imbangi Belgia 0-0, Kroasia Lolos ke 16 Besar

      Kroasia melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022 seusai bermain imbang 0-0 lawan Belgia pada laga penentuan Grup F di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan.

      Hasil Piala Dunia 2022: Atasi Kanada 2-1, Maroko Tembus 16 Besar  

      Maroko lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Kanada 2-1 pada pertandingan terakhir Grup F  di Al Thumama Stadium Doha.

      Prediksi Skor Jepang Vs Spanyol di Piala Dunia 2022: Wakil Asia Menyerah?

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak Penyisihan Grup E Piala Dunia FIFA 2022 antara Jepang dan Spanyol.

      Prediksi Skor Kosta Rika Vs Jerman di Piala Dunia 2022: Mukjizat Tim Panser

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak Penyisihan Grup E Piala Dunia FIFA 2022 antara Kosta Rika dan Jerman.

      Hasil Babak Pertama, Kroasia vs Belgia 0-0

      Kroasia dan Belgia bermain sama kuat 0-0 pada babak pertama laga penentuan Grup F Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan.

      Mantap! PBSI Kembali Gulirkan Kejurnas Bulu Tangkis, Berhadiah Rp1,1 Miliar

      Kejurnas bulu tangkis PBSI sempat vakum selama pandemi Covid-19.

      Susunan Pemain Kanada vs Maroko, Sama-Sama Pasang 3 Penyerang

      Kanada memasang tiga bek tengah dan menempatkan dua gelandang tengah dalam formasi 3-4-3 dalam susunan starting XI untuk pertandingan terakhir Grup F Piala Dunia 2022 menghadapi Maroko di Al Thumama Stadium Doha.

      Tak Tergantung Waktu Liga 1 Dimulai, Persis Solo Memilih Tetap Fokus Latihan

      Hingga saat ini belum diketahui pasti tentang waktu pelaksanaan kembali kompetisi Liga 1.

      Susunan pemain Kroasia vs Belgia: Martinez Cadangkan Kapten Eden Hazard

      Kapten Belgia Eden Hazard tidak ada dalam susunan pemain starting XI menghadapi Kroasia pada laga penentuan Grup F Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan.

      Data dan Fakta Menarik Jelang Jepang vs Spanyol

      Data dan fakta Jepang vs Spanyol pada laga penentuan Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium Ar-Rayyan.