Tomohon, Kota Bunga dan Anugerah Serba Tujuh
Kota bunga Tomohon (Pesona Indonesia)

Solopos.com, SOLO -- Kota Tomohon, Sulawesi Utara sudah dikenal sebagai kota bunga. Tidak hanya produksi bunga yang berlimpah, kota ini juga punya keunikan lain termasuk wisata serba tujuh.

Menikmati kota bunga Tomohon bukan perkara sulit. Hanya butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dari ibu kota Sulawesi Utara, Manado. Kondisi alam Tomohon yang berada di ketinggian 900-1.100 meter di atas permukaan laut membuat daerah ini kerap diselimuti hawa sejuk dengan suhu 18-20 derajat Celcius.

Inilah yang menjadikan pesona bunga di Kota Tomohon selalu terpancar saban tahun. Namun, puncaknya ada di bulan Juli atau Agustus saat digelar parade bunga dunia bertajuk Tomohon International Flower Festival (TIFF).

Hajatan Saat Pandemi Covid-19 Klaten: Boleh Ada Hiburan Tapi Tamu Tak Boleh Sumbang Lagu

Festival skala internasional ini diadakan sejak 2010 dengan menampilkan kendaraan berhias bunga dan aromatik megah yang akan melewati jalan-jalan utama kota ini.

Kota Tomohon ini memang dianugerahi Tuhan dengan bunga yang berlimpah. Ada krisan kuning dan putih cerah, dahlia merah dan ungu, lili, mawar dan berbagai bunga lainnya. Sepanjang jalan di kota itu penuh dengan bunga yang mekar.

Mayoritas Krisan

kota bunga Tomohon
Festival Bunga Tomohon (Bekraf)

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan Kecamatan Tomohon Utara menjadi jantungnya bunga di kota ini. Sepanjang 2018, di kecamatan ini ada 4,62 juta tangkai bunga krisan yang diproduksi. Kemudian ada 172.500 tangkai Gladiol, 17.200 tangkai Garbera, 10.500 tangkai mawar, dan 1.500 tangkai Heliconia.

Pesona bunga di Kota Tomohon kian terpancar dari gelaran kontes ratu bunga Nusantara. Acara ini bertujuan menjaring para putri terbaik se-Indonesia yang memiliki bakat dan kemampuan serta rasa cinta akan bunga.

Got7 Dikonfirmasi Comeback November, Penggemar Antusias

Mereka juga bertugas menjadi duta yang mempromosikan pariwisata melalui bunga. Urusan pesona bunga di Kota Tomohon ini sebenarnya tidak hanya berhenti di sektor pariwisata, namun juga pengembangan florikultura.

Pesona Kota Tomohon tidak hanya berakhir di bunga. Kota ini juga dianugerahi hal serba tujuh. Di Tomohon terdapat tujuh gunung, tujuh air terjun dan tujuh danau.

Tujuh gunung yang mengelilingi kota itu adalah Gunung Api Lokon, Gunung Empung, Gunung Mahawu, Gunung Tatawiran, Gunung Masarang, Gunung Tampusu, dan Gunung Kasuratan.

Gunung Api Aktif

Dari semua gunung itu, yang paling terkenal adalah Gunung Lokon yang merupakan gunung api aktif dan menjadi ikon kota ini. Sedangkan gunung api Mahawu, kini tidak erupsi lagi.

Kini gunung ini bisa didaki dalam 10 menit karena pemerintah membangun anak tangga untuk naik dengan gardu pandang di puncaknya. Dari gardu itu, kita bisa melihat Gunung Lokon, Gunung Manado Tua, Pulau Bunaken, Kota Manado dan teluknya, Gunung Klabat, Kota dan Danau Tondano serta tentunya Kota Tomohon.

Sedangkan air terjun yang dimiliki Tomohon juga ada tujuh yaitu Air Terjun Tumimperas, Air Terjun Ranowawa, Air Terjun Tapahan Telu, Air Terjun Kandera Watu, Air Terjun Kinapesutan,Air Terjun Mahlimbukar, dan Air Terjun Sariouw.

Satu-Satunya di Dunia, Ini Negara Diawali Huruf O

Tujuh danau yang menambah pesona kota bunga Tomohon adalah Danau Linow, Danau Limaney Pangolombian, Danau Tampusu, Danau Zano Zemden, Danau Linow Oki, Danau Masarang Oki dan Danau Sineleyen.

Yang paling terkenal adalah Danau Linow yang bisa berubah tiga warna yaitu hijau toska, biru, dan cokelat susu. Danau yang berasal dari kata Lilinowan yang berarti tempat berkumpulnya air, adalah danau vulkanik yang terbentuk dari endapan belerang.

Sisi lain Tomohon yang sudah menjadi perhatian dunia tentu adalah pasar ekstrem tang menjual daging tikus ekor putih, anjing, kelelawar, ular, sampai biawak. Bunga, serba tujuh, sampai pasar ekstrem ini yang kemudian menjadikan Tomohon layak dikunjungi saat berada di Sulawesi Utara.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom