TNI dan Polri Galakkan Vaksinasi Covid-19, Tracking, dan Testing di Boyolali

Saat ini TNI dan Polri terus berupaya melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat di Boyolali dan ada dua strategi yang dijalankan saat ini.

 Warga mengikuti vaksinasi di Asrama Haji Donohudan Boyolali yang difasilitasi TNI dan Polri, Minggu (25/7/2021). (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

SOLOPOS.COM - Warga mengikuti vaksinasi di Asrama Haji Donohudan Boyolali yang difasilitasi TNI dan Polri, Minggu (25/7/2021). (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI — TNI dan Polri terus berupaya membantu dalam penanganan Covid-19 di Boyolali saalh satunya dengan mengencarkan vaksinasi. Selain itu, TNI dan Polri juga akan berperan dalam pelaksanaan tracking dan testing di lapangan.

Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond, mengatakan saat ini TNI dan Polri terus berupaya melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat di Boyolali. Ada dua strategi yang dijalankan saat ini.

“Pertama melalui program Serbuan Vaksin dengan TNI. Program itu dilaksanakan dengan skala besar. Bila ada stok vaksin di TNI atau Polri yang harus dihabiskan dalam satu waktu, kami keroyok sama-sama. Kedua, kami sudah mendapat arahan Kapolri untuk pembuatan Gerai Vaksin,” kata dia, Senin (26/7/2021).

Baca juga: Vaksinasi 36.000 Siswa SD dan SMP di Boyolali Dimulai

Dia menjelaskan lokasi Gerai Vaksin tersebut berada di samping kantor Satlantas Polres Boyolali. Gerai vaksin disediakan bagi masyarakat umum yang ingin melaksanakan vaksinasi dengan membawa syarat berupa kartu tanda penduduk (KTP).

Selain vaksinasi, TNI Polri juga akan membantu dalam pelaksanaan testing dan tracking.

“Saat kunjungan Panglima TNI ke Asrama Haji Donohudan, kemarin, sudah mengarahkan kepada jajaran TNI dan Polri khususnya babinsa dan bhabinkamtibmas untuk melaksanakan tracking. Untuk kegiatan tracing memang alat pendukungnya adalah antigen dan PCR. Prosedurnya sudah diarahkan,” lanjut dia.

Baca juga: Boyolali Zona Kuning, Jumlah Pasien Covid-19 Di Bangsal RS Menurun

Selanjutnya dari Polres Boyolali dan Kodim Boyolali akan membuatkan panduan khusus untuk babinsa dan bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan tracking tersebut.

Selain secara manual, tracking juga dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Silacak. Bisa juga dengan video call menggunakan HP.

“Kami minta bantuan kepada masyarakat untuk bisa menerima dan mau dilaksanakan tracking. Jangan sampai muncul isu yang sering didengar yakni merasa dicovidkan dan sebagainya. Ini bukan untuk mencari-cari atau mencovidkan,” jelas dia.

Menyasar Berbagai Kalangan

Diketahui beberapa hari lalu telah dilakukan vaksinasi di Asrama Haji Donohudan yang difasilitasi TNI dan Polri. Dari Kodim Boyolali belum lama ini juga menggelar vaksinasi yang menyasar kalangan remaja di Pondok Pesantren Al Huda.

Dandim 0724/Boyolali, Letkol Arm. Ronald F. Siwabessy, mengatakan kegiatan yang digelar di Ponpes Al Huda tersebut merupakan bagian dari program Serbuan Vaksin yang dilaksanakan TNI sinergi dengan Polri.

Baca juga: Masih Ada 2 Titik Penyekatan di Boyolali, Ini Lokasinya

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan sesuai instruksi Presiden, kegiatan tracking dan testing akan ditingkatkan secara masif.

“Nantinya akan dimulai di tujuh wilayah aglomerasi yang ada di Jawa Bali. Kegiatan tersebut akan dikoordinir oleh TNI bersama Polri serta Puskesmas di masing-masing wilayah,” kata dia, Minggu (25/7/2021).

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Kasus Perusakan Makam di Polokarto Sukoharjo, Polisi Minta Masyarakat Jangan Terprovokasi

Kapolres Sukoharjo meminta masyarakat jangan terprovokasi dengan adanya dugaan perusakan nisan makam di Permakaman Muslim Polokarto.

Sempat Jatuh, Pendaki asal Madiun Meninggal di Gunung Lawu Karanganyar

Seorang pendaki Gunung Lawu asal Madiun meninggal dunia setelah sempat jatuh dan tak sadarkan diri saat melakukan pendakian.

Warga Lereng Merapi-Merbabu Jadi Sasaran Vaksinasi, Segini Kuotanya

Percepatan vaksinasi direncanakan kembali dilakukan di Kecamatan Selo pada Selasa (21/9/2021). Vaksinasi akan dilakukan di semua desa dengan jumlah sasaran sekitar 1.500 sasaran.

Geram Proyek GOR Indoor Manahan Tak Selesai, DPRD Solo: Jangan Terulang Lagi!

Pimpinan DPRD Solo geram dengan pelaksanaan proyek lanjutan GOR Indoor Manahan yang tak selesai sesuai target.

Diberi Gelar Kanjeng Pangeran, Gibran Juga Dapat Pesan ini Dari Raja Keraton Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapat beberapa pesan dan arahan seusai menerima gelar Kanjeng Pangeran dari Raja Keraton Solo.

Catat! Syarat Masuk Pasar Klewer Solo Akan Pakai Aplikasi Peduli Lindungi

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, menyebut perlunya penggunaan aplikasi Peduli Lindungi untuk masuk ke Pasar Klewer.

Kasus Perusakan Nisan Makam, Permakaman Muslim Polokarto Sukoharjo Punya Aturan Ketat

Permakaman Muslim Polokarto, Sukoharjo, yang sebelumnya dilaporkan terdapat kasus perusakan makam, memiliki sejumlah aturan ketat.

Kembali Dilonggarkan, Hajatan di Solo Boleh Undang 50 Orang

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali melonggarkan aturan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pada pekan ini.

Panas Lur...! BMKG Ingatkan Suhu Udara Jateng Bisa Capai 37 Derajat Celsius sampai Oktober

BMKG Jateng mengingatkan akan adanya peningkatan suhu udara, bahkan bisa mencapai 37 derajat Celcius hingga Oktober mendatang.

Penutupan Dam Colo Sukoharjo Mundur 10 Hari, Ini Penyebabnya

Penutupan aliran saluran irigasi Dam Colo, Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah mundur 10 hari dari jadwal sebelumnya akan ditutup pada 1 Oktober 2021.

Hiii... Aura Wingit Pembantaian PKI di Cincim Jembatan Bacem Sukoharjo Masih Terasa

Warga sekitar Jembatan Bacem di Sungai Bengawan Solo, Telukan, Sukoharjo, masih merasakan aura wingit dari tragedi pembantaian PKI 1965 lalu.

Pemkot-Keraton Solo Buka Sentra Vaksinasi Covid-19 Sasar Abdi Dalem, Pelajar, dan Umum

Pemkot bekerja sama dengan Keraton Solo membuka sentra vaksinasi Covid-19 dengan sasaran kalangan abdi dalem, pelajar, dan umum.

Gibran Dapat Gelar Pangeran dari Keraton Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mendapat gelar Pangeran dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Lansia di Desa Bendo Boyolali Antusias Ikut Vaksinasi

Lansia di Desa Bendo, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, antusias mengikuti vaksinasi yang digelar di desa setempat.

Iuuuhhhh… Air Sungai Bengawan Solo di Sragen Hitam Pekat Seperti Oli, Bau Busuk

Air Sungai Bengawan Solo di Sragen berwarna hitam pekat seperti oli dan berbau busuk akibat tercemar limbah.