SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil di musim hujan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Di musim hujan seperti sekarang ini, mobil tentu sering terkena air hujan karena itu ketahui tips perawatan kendaraan yang benar. Simak ulasannya di tips otomotif kali ini.

Sekilas hujan memang bisa bikin eksterior mobil jadi kinclong mendadak. Tapi sebenarnya, hujan malah bisa merusak cat mobil loh.  Penting untuk dipahami, bahwa pada daerah dengan kadar polusi udara yang tinggi seperti perkotaan atau kawasan pabrik, tetesan hujan sering kali mengandung zat asam yang bersifat korosif alias merusak.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Jika lapisan pelindung cat mobil rusak karena hujan asam, maka warna cat akan cepat pudar, bahkan berkerak. Ditambah lagi, jika tingkat kelembapan pada udara tinggi, semakin tinggi pula risiko karat pada mobil akibat terguyur hujan.

Nah berikut ini tips perawatan mobil di musim hujan seperti dikutip dari hondasolobaru.co.id, Kamis (20/10/2022):

1. Segera bilas dengan air lalu keringkan mobil

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk merawat mobil anda setelah terkena air hujan adalah membilasnya dengan air bersih lalu keringkan dengan menggunakan lap. Kamu bisa mencuci mobil menggunakan sabun khusus agar dapat mencegah kemunculan jamur yang dapat berkembang biak di mobil kesayangan kamu.

Baca Juga: Tips Aman Berangkat Sekolah di Musim Penghujan

2. Bersihkan dan Rawat Kaca Mobil

Salah satu masalah yang sering timbul saat musim hujan adalah kaca mobil berembun dan bermunculan jamur yang dapat menghalangi pandangan ketika berkendara.  Untuk merawatnya, bisa dengan membersihkan dan merawat kaca mobil untuk membantu memperkecil kerusakan yang ada di kaca mobil dan terhindar dari munculnya embun serta jamur.

Cara mengatasi embun di kaca adalah sewaktu membersihkan kaca, usahakan ac di dalam mobil dihidupkan dengan suhu yang tidak terlalu dingin, usahakan suhu yang ada didalam kabin menyerupai suhu yang ada di luar. Untuk hasil yang lebih sempurna, pembersihan kaca bisa menggunakan sabun khusus dan menggunakan lap kanebo dengan kondisi lembab.

3. Rajin Mengecek Mesin

Tips perawatan mobil di musim hujan berikutnya adalah rajin mengecek mesin mobil. Saat musim pengujan datang, air hujan sangat rentan masuk ke dalam komponen-komponen yang ada di mesin mobil yang dapat mengganggu kerja mesin. Air yang masuk ke dalam komponen tersebut, dikhawatirkan dapat membuat mobil mogok.

Baca Juga: Curah Hujan di Jateng Cukup Tinggi pada 2023, BMKG: Waspada Bencana Alam

Untuk mengecek mobil yang terkena banjir, segera periksa beberapa komponen penting seperti busi, karburator, saringan udara, kelistrikan dan altenator. Jika beberapa komponen tersebut terkena air, segera keringkan dengan hairdyer dan cek kinerja komponen di bengkel terdekat untuk mengetahui apakah masih dapat bekerja secara optimal. Promo diskon servis mobil murah

4. Rajin Memanaskan Mesin

Musim hujan cenderung dengan udara dingin. Untuk itu, apabila mobil jarang digunakan usahakan mesin mobil tetap dipanaskan.

5. Ganti Oli Mesin Secara Berkala

Cara merawat mobil agar tidak mudah rusak dapat dilakukan dengan rajin mengganti oli mesin. Dengan rajin mengganti oli mesin, mampu membantu merawat mesin mobil serta memberikan performa terbaik saat mobil dikendarai.

Baca Juga: Awal Musim Hujan, Belasan Sekolah di Kulonprogo Diterjang Banjir

Untuk penggantian oli mesin, usahakan menggunakan oli yang sudah direkomendasikan dan terpercaya, agar bisa berfungsi secara maksimal dan tidak merusak mesin.

6. Cek Kondisi Karet Wiper

Tips perawatan mobil di musim hujan berikutnya adalah cek kondisi karet wiper. Wiper adalah salah satu alat yang sangat penting ketika hujan turun.Jika karet wiper terlalu kesat maka hasil pembersihannya tidak akan maksimal. Jika dirasa kinerja karet wiper tidak maksimal, segera ganti dengan unit yang baru  agar tidak membahayakan saat berkendara di waktu hujan.

7. Cek Kondisi Ban dan Rem Mobil

Ketika berkendara dalam keadaan hujan, penggunaan ban dan rem mobil bekerja lebih ekstra karena berhadapan langsung dengan air. Dalam keadaan hujan dengan jalanan yang licin membuat pencengkeramaan ban terhadap jalan bekerja secara penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya