SOLOPOS.COM - Ilustrasi berangkat sekolah di musim penghujan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Berangkat sekolah di musim penghujan seperti sekarang ini tentu jadi tantangan tersendiri bagi kalian para pelajar, karena itu ketahui tipsnya supaya tubuh tetap sehat. Simak ulasannya di tips belajar kali ini.

Biasanya sebelum hujan turun ada sebuah pertanda seperti suara gemuruh, adanya angin kencang, suhu yang semakin dingin, dan juga langit yang berubah menjadi berawan gelap. Tapi ada kalanya hujan tak mengenal waktu, hujan bisa saja tiba-tiba turun entah itu di pagi hari, siang, sore atau malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hujan di pagi hari terkadang juga membuat anak sekolah malas berangkat, apalagi jika sudah ditengah perjalanan. Pasti hal ini sangat menyebalkan karena harus melindungi diri terutama buku, seragam, dan sepatu agar tidak basah.

Dikutip dari mamikos.com, Rabu (19/10/2022), berikut ini ada beberapa tips berangkat sekolah di musim penghujan:

Ekspedisi Mudik 2024

1. Berangkat Lebih Awal

Tips yang pertama adalah berangkat sekolah lebih awal. Meski ada beberapa siswa yang mungkin sulit untuk berangkat lebih awal, ada baiknya hal ini dilakukan untuk mengantisipasi cuaca buruk ketika berangkat sekolah. Jika kalian berangkat sekolah terjebak hujan pasti akan terlambat sampai ke sekolah bukan?

Baca Juga: Berbagai Arti Mimpi Awan yang Menggambarkan Perasaan Si Pemimpi

Karena di pagi hari dimana banyak orang berangkat sekolah atau kerja yang terkena macet karena ada genangan air akibat hujan. Tentunya setiap orang harus berhati-hati ketika melewati genangan air agar pakaian tidak basah. Maka dari itu, usahakan agar berangkat sekolah lebih awal ketika memasuki musim hujan.

2. Selalu Membawa Perlengkapan Saat Musim Hujan

Tips yang kedua adalah dengan selalu membawa perlengkapan saat musim hujan, seperti jaket, jas hujan atau payung, obat-obatan pribadi, dan juga plastik. Tentunya semua barang-barang ini sangat diperlukan saat musim hujan. Jaket sangat berguna ketika musim hujan karena suhu yang dingin. Jas hujan atau paying juga berguna untuk melindungi diri ketika berangkat sekolah saat hujan. Obat-obatan pribadi berguna untuk berjaga-jaga jika kita merasa tidak enak badan setelah kehujanan.

Baca Juga: Hujan Deras, Sejumlah Rumah di Kartasura Sukoharjo Terendam hingga Mata Kaki

Bahkan tak ada salahnya jika kalian membawa plastik atau kantong kresek dan juga sandal, hal ini akan berguna agar sepatu atau buku kalian tidak basah. Ketika hujan turun saat berangkat sekolah, kalian bisa menggunakan sandal terlebih dahulu dan memasukkan sepatu ke dalam kantong plastik atau kresek. Tentunya setelah sampai di sekolah kalian harus memasukkan sandal ke dalam plastik lalu memakai sepatu kalian.

3. Rajin Cek Prakiraan Cuaca

Tips yang ketiga adalah jangan lupa untuk cek prakiraan cuaca setiap hari sebelum berangkat sekolah. Di era digitalisasi yang serba modern ini pasti anak sekolah banyak yang memiliki smartphone dan tentunya sudah ada Google yang memberitahu prakiraan cuaca setiap hari. Dengan begitu, kalian bisa mempersiapkan barang-barang uang dibutuhkan saat hujan, seperti paying, jaket, atau jas hujan.

Baca Juga: Alasan Hujan, Jalan Rusak di Keprabon-Sukuh Karanganyar Belum Diperbaiki

4. Jaga Kesehatan

Tips yang keempat tentunya hal yang sangat penting, yaitu dengan selalu menjaga kesehatan tubuh. Di musim hujan biasnya banyak muncul sejumlah penyakit, seperti flu, batuk, pilek, demam berdarah, dan penyakit lainnya. Agar tidak mudah sakit, kalian sebagai anak sekolah harus selalu menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh agar dapat beraktivitas setiap harinya dengan semangat.

5. Perbanyak Minum Air Putih dan Makanan Sehat

Tips aman berangkat sekolah di musim penghujan berikutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih dan juga makan makanan yang sehat. Banyak minum air putih akan membuat kalian tidak kekurangan cairan dalam tubuh dan tidak membuat kalian sering merasa haus bahkan di musim hujan. Kalian bisa minum air putih sebelum berangkat sekolah dan jangan lupa untuk makan makanan yang sehat serta bergizi agar dapat memperkuat daya tahan tubuh di musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya