SOLOPOS.COM - Ilustrasi bluetooth speaker. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Untuk mempertahankan kualitas suara pada bluetooth speaker, kamu perlu mengetahui tips perawatan yang rutin seperti membersihkannya dari debu dan kotoran yang dapat merusak atau mempengaruhi kualitas suaranya. Simak ulasannya di tips teknologi kali ini.

Memiliki perangkat ini memang bisa menambah suasana menonton televisi di rumah atau mendengarkan musik menjadi menyenangkan. Karena itu perlu perawatan yang tepat.  Perlu diingat pula untuk meletakkan piranti ini di lokasi yang datar, bersih dan kering. Karena penempatan juga mempengaruhi keluaran suara, guna menghasilkan suara yang powerful, nge-bass dan sesuai harapan.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Dikutip dari polytron.co.id pada Minggu (6/11/2022), bberikut ini adalah tips untuk membersihkan bluetooth speaker agar awet dan tahan lama:

1. Pastikan bahwa sambungan kabel power listrik sudah dicabut. Pada saat pembersihan, speaker tidak boleh tersambung dengan aliran listrik untuk menghindari terkena sengatan listrik.

Baca Juga: Begini Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online, Dijamin Antiribet

2. Cabut semua kabel yang masih terhubung pada bagian terminal, misal kabel RCA, coaxial dan sebagainya.

3. Ada speaker yang diselimuti kabinet yang terbuat dari kayu mahoni, kayu lapis, plastik, fiber maupun bahan lainnya.

Kamu harus kenali kabinetnya terlebih dahulu. Untuk kabinet yang terbuat dari kayu mahoni atau kayu lapis, pastikan cara pembersihannya harus benar, yaitu tanpa cairan berlebih, karena sifat kayu yang dapat menyerap air, hal ini dapat membuat kabinet menjadi cepat lapuk, lembab dan rusak.

Gunakan kain lap yang lembut dan tidak berbulu, dan bisa menggunakan cairan khusus pembersih namun hanya gunakan sedikit saja. Lap dan bersihkan permukaan bagian luar kabinet, yaitu pada bagian atas dan sampingnya. Pastikan kabinet kering tanpa sisa air berlebihan yang berpotensi merusak permukaan kabinet.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Alarm Mobil Tidak Berbunyi

4. Untuk pembersihan speaker grill, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bahannya.

Ada yang terbuat dari kain seperti kain kasa, ada juga yang terbuat dari metal. Jika grill bisa dilepas pasang, maka untuk membersihkannya kamu bisa melepaskannya terlebih dahulu. Untuk grill yang terbuat dari kain maka kamu bisa membersihkannya dengan sikat gigi bekas atau lap yang tidak berbulu, bersihkan dengan pelan agar grill tidak mudah rusak, tidak disarankan menggunakan cairan untuk membersihkan grill.

Namun jika kamu memiliki vacuum cleaner maka alat ini bisa digunakan untuk membersihkan bagian grill. Jika grill terbuat dari metal dan bisa dilepas pasang, maka bisa menggunakan sikat gigi bekas atau kain lap, bersihkan tanpa cairan supaya metal tidak berkarat.

5. Berikutnya adalah membersihkan speaker cone atau kerucut speaker, dalam pembersihan ini bisa menggunakan vacuum cleaner dengan perlahan.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Ada Sinyal

Pada bagian ini adalah komponen yang paling sensitif oleh karena itu kamu harus membersihkannya dengan perlahan dan tidak menekan. Jika tidak memiliki vacuum cleaner maka kamu bisa menggunakan kapas, cotton bud atau kuas, bersihkan dengan pelan-pelan. Bersihkan juga kerucut pada bagian woofer, twitter dan midrange. Tidak disarankan menggunakan cairan saat membersihkan bagian ini.

6. Kemudian kamu dapat membersihkan bagian terminal speaker, yaitu bagian panel atas dan bagian belakang.

Seperti penjelasan di nomor 2, bahwa kamu harus memastikan semua kabel sudah tercabut, misal kabel RCA, kabel optic, kabel coaxial, kabel microphone, USB dan sebagainya.

7. Bersihkan bagian terminal dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang biasanya menempel pada sela-sela lubang kabel. Jika kamu tidak memiliki vacuum cleaner maka kamu bisa menggunakan kain lap lembut yang tidak berbulu, cutton bud atau kuas.

Bersihkan lubang-lubangnya dengan seksama, kemudian kamu bisa membersihkan bagian lainnya dengan menggunakan kain lap lembut. Pada bagian ini tidak disarankan membersihkan menggunakan cairan.

Baca Juga: Motor yang Mirip Vespa, Cocok untuk Bergaya Retro Nih!

8. Lakukan pembersihan di atas secara rutin dan berkala agar speaker kamu tetap cantik, bersih, dan tentunya tetap memiliki performa maksimal.

9. Pastikan semua pembersihan sudah selesai dan benar-benar kering sebelum kamu menggunakannya kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya