Tutup Iklan -->
Tips Hindari Sakit Punggung Saat Kerja di Rumah
ilustrasi sakit punggung (thinkstock)

Solopos.com, SOLO-– Sakit punggung mungkin terjadi karena posisi yang kurang nyaman saat work from home atau bekerja di rumah.

Seperti diketahui kerja di rumah sangat disarankan saat pandemi Covid-19 saat ini. Aktivitas kerja di rumah terutama yang biasa menggunakan komputer sangat rentan mengalami sakit punggung. Hal ini bisa terjadi lantaran tak semua rumah punya perabotan yang cocok untuk suasana kerja seperti di kantor. Anda bisa bekerja dari meja dapur, meja makan atau dari tempat tidur.

Tak masalah bila itu dilakukan dalam jangka waktu singkat, tapi kebiasaan itu bisa berdampak buruk kepada kesehatan bila dilakukan terlalu lama.

Jika Anda biasa bekerja dengan komputer jinjing, ada beberapa kiat yang bisa diterapkan untuk menghindari sakit punggung, seperti dikutip Antaranews dari Time, belum lama ini.

1. Pandang layar komputer dengan leher tegak

Letakkan layar komputer tepat di hadapan agar Anda merasa nyaman. Jangan meletakkan layar di bagian bawah sehingga Anda harus menunduk untuk melihat layar laptop. Juga jangan menempatkan layar di mana Anda harus menengok ke kiri atau ke kanan.

Ada orang-orang yang menaruh keyboard serta mouse di depan, tapi meletakkan layar di samping, ini akan menyebabkan nyeri leher. Bila layar terpisah, atau bila memakai laptop, pakailah tumpukan buku atau kardus agar posisinya lebih tinggi dan nyaman bagi Anda.

Round Up Jumlah Kasus Corona Solo: Positif Tetap 27, PDP Tambah Jadi 163 Orang

2. Letakkan layar di samping jendela yang terang

Untuk mengurangi risiko mata lelah karena pantulan cahaya di layar, jangan bekerja membelakangi jendela karena cahaya yang masuk akan membuat layar memantul di layar.

Sebaiknya tidak duduk menghadap jendela karena Anda langsung melihat ke arah cahaya. Bila jendela Anda tidak dilapisi gorden atau penutup, pastikan layar terletak menyamping dari jendela. Jika Anda bekerja di meja kaca, lapisi permukaannya untuk mencegah pantulan cahaya.

3. Baca kertas dokumen dengan leher tegak

Jangan baca dokumen atau iPad dalam keadaan tergeletak di permukaan meja atau kondisi yang membuat kepala harus bolak-balik melihat layar di depan, lalu menunduk untuk membaca tulisan di kertas. Letakkan bacaan tepat di hadapan agar tubuh terasa nyaman.

4. Letakkan keyboard dan mouse di ketinggian yang nyaman

Pastikan Anda dapat menggunakan keyboard dan mouse dengan lengan dan tangan yang sejajar dan lurus, pastikan lengan dekat dengan sisi tubuh saat menggunakan mouse.

Saraf di tangan meninggalkan leher dan mengalir turun melalui bahu, siku dan pergelangan tangan. Ketika lengan terlalu merentang, ada kemungkinan lebih besar leher dan bahu Anda terasa tegang dan pegal.

5. Jangan pakai bantalan pergelangan tangan yang empuk

Bantalan ini terkesan bisa menyokong, tapi meletakkan apa pun di bawah pergelangan tangan justru menambah tekanan pada tendon fleksor dan saraf median, dan menambah risiko sindrom carpal tunnel, di mana tangan jadi kesemutan, mati rasa atau nyeri.

6. Manfaatkan teknologi suara

Teknologi pengenal suara bisa dipakai untuk menulis pesan atau surel. Ini bisa mengistirahatkan tangan Anda sementara.

7. Duduk bersandar di kursi

Duduklah di kursi agar sebagian bobot tubuh disangga oleh kursi. Duduklah dalam kondisi nyaman sehingga bisa menjangkau keyboard dan mouse lebih dekat. Bila kursi Anda tak punya penyokong punggung yang bagus, pakai bantal kursi atau handuk yang digulung di belakang punggung bagian bawah.

Begal Kembali Beraksi Di Plupuh Sragen, Korbannya Perempuan Muda Naik Motor Sendirian Malam Hari

8. Saat duduk, luruskan kaki di lantai atau sandaran kaki

Jika kaki Anda tidak menyentuh lantai, pakai apapun agar kaki bisa menapak dan beristirahat. Jangan posisikan kaki di belakang kursi atau membiarkannya tergantung di udara karena ini bisa memberi memberikan tekanan di bawah paha, membatasi aliran darah ke tungkai bawah Anda dan meningkatkan risiko trombosis vena dalam.

9. Batasi waktu bekerja di tempat tidur

Tempat tidur adalah tempat yang tidak ideal untuk bekerja, kecuali Anda duduk di pinggir kasur, menyilangkan kaki sebagai tatakan laptop. Bila memang tak ada pilihan, letakkan bantal di belakang punggung dan laptop di atas paha dengan tatakan bantal. Atau cari meja kecil sehingga Anda bisa mengetik dengan nyaman.

10. Beri jeda

Setiap 20-30 menit, beristirahatlah. Berdiri untuk menggerakkan otot dan meregangkan tubuh agar tidak kelelahan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho