Tindak Lanjuti Tragedi Kanjuruhan, FIFA akan Berkantor di Indonesia

Pemerintah dan FIFA akan membentuk tim transformasi untuk sepak bola Tanah Air menyusul tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

 logo FIFA

SOLOPOS.COM - logo FIFA

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah Indonesia dengan induk organisasi sepak bola dunia, FIFA, akan membentuk tim transformasi untuk sepak bola Tanah Air menyusul tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

“FIFA bersama-sama dengan pemerintah akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia dan FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses-proses tersebut,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers daring yang dipantau di Jakarta, Jumat (7/10/2022) malam.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Hal tersebut merupakan salah satu poin dalam surat dari FIFA yang diterima oleh Presiden Jokowi sebagai tindak lanjut pembicaraan melalui telepon antara Presiden Jokowi dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada Senin (3/10/2022).

Selanjutnya, kata Jokowi, akan dilakukan langkah-langkah kolaborasi antara FIFA, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan pemerintah Indonesia untuk membangun standar keamanan stadion di seluruh stadion yang ada di Indonesia.

Kemudian, ketiga pihak tersebut juga akan memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional.

Selanjutnya, kolaborasi Indonesia, AFC dan FIFA juga akan menyasar sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia, termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama.

Baca Juga: Ranking FIFA Terbaru Hari Ini: Brasil Kukuh di Puncak, Indonesia Merangkak

Kemudian kolaborasi tiga pihak itu juga akan turut menyoroti jadwal pertandingan agar memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada, serta menghadirkan pendampingan dari para ahli di bidangnya.

Jokowi juga mengatakan Gianni Infantino akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat.

“Nanti, Presiden FIFA akan datang ke Indonesia pada Oktober atau November untuk berdiskusi dengan pemerintah,” kata dia.

Selain itu, dalam surat tersebut juga disampaikan bahwa sepak bola Indonesia tidak dikenai sanksi oleh FIFA terkait tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada 1 Oktober 2022 lalu.

Baca Juga: Profil Arkhan Kaka, Striker Haus Gol Timnas U-17 Indonesia Binaan Persis Solo

“Berdasarkan surat tersebut, alhamdulillah sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA,” imbuh Presiden Jokowi.

Tragedi Kanjuruhan terjadi karena kerusuhan selepas tuntasnya laga klasik antara Arema Malang kontra Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 2-3, di mana sejumlah suporter memasuki lapangan dan dijawab keras oleh petugas pengamanan yang melontarkan tembakan gas air mata ke arah tribun.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Malang korban meninggal dunia akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur setidaknya 131 orang, sementara 440 orang mengalami luka ringan dan 29 orang luka berat.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022: Kroasia Singkirkan Jepang Lewat Adu Penalti

      Laga Jepang melawan Kroasia harus ditentukan lewat adu penalti setelah skor sama kuat 1-1 pada waktu normal hingga tambahan waktu atau extra time babak  16 besar Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Extra Time Tetap 1-1, Jepang vs Kroasia Berlanjut ke Adu Penalti

      Laga Jepang melawan Kroasia harus ditentukan lewat adu penalti setelah skor sama kuat 1-1 pada waktu normal hingga tambahan waktu atau extra time babak  16 besar Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Hasil Undian BWF World Tour Finals 2022: Jojo dan Ginting Bentrok di Grup B

      Undian BWF World Tour Finals 2022 telah dilakukan, hasil lengkapnya bisa disimak dalam ulasan di bawah ini.

      Ivan Perisic Samakan Kedudukan 1-1, Jepang vs Kroasia ke Babak Tambahan Waktu

      Jepang kembali membuat kejutan dengan mengalahkan Kroasia 1-0 pada babak pertama 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Prediksi Skor Brasil Vs Korea Selatan di Piala Dunia: Ada Pembantaian

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia FIFA 2022 antara Brasil dan Korea Selatan.

      Live Streaming Piala Dunia 2022: Brasil Vs Korea Selatan, Harapan Asia!

      Korea Selatan berupaya mencetak keajaiban lagi saat mereka menghadapi Brasil di 16 besar Piala Dunia 2022 yang ditayangkan secara langsung diSCTV dan live streaming.

      Kejutan Lagi! Jepang Sikat Kroasia 1-0 di Babak Pertama

      Jepang kembali membuat kejutan dengan mengalahkan Kroasia 1-0 pada babak pertama 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Jokowi: Kejuaraan Dunia Wushu Junior Pererat Persaudaraan Antarbangsa

      Indonesia selaku tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior menurunkan 23 atlet terbaik yang terdiriatas 12 atlet untuk nomor taolu dan 11 atlet sanda.

      Preview Persis Solo Vs RANS Nusantara, Begini Komentar Coach Leonardo Medina

      Leonardo Medina menegaskan dirinya sama sekali tak grogi menjelang laga Persis Solo Vs RANS Nusantara pada lanjutan kompetisi Liga 1 kali ini.

      Ini Susunan Pemain Jepang vs Kroasia: Ritsu Doan Starter

      Jepang menurunkan Ritsu Doan sebagai starter untuk menghadapi Kroasia pada babak 16 besar Piala Dunia di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Kondisi Menjelang BWF World Tour Finals 2022, Nimibutr Arena Bangkok Berangin

      Wakil Indonesia menjalani sesi latihan perdana di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand sebagai adaptasi sebelum terjun bertarung di BWF World Tour Finals 2022.

      Persis Solo Vs RANS Nusantara di Liga 1: Tantangan Pertama Leonardo Medina

      Persis Solo Vs RANS Nusantara dalam Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, akan menjadi laga kompetif pertama bagi pelatih Leonardo Medina.

      Skenario 16 Besar Brasil vs Korsel: Ancaman Taeguk Warriors

      Gaya permainan Korsel bisa memberikan ancaman bagi Brasil yang agak pincang karena beberapa pemain cedera pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadium 974 Doha.

      Live Streaming Piala Dunia 2022 Malam Ini: Jepang Vs Kroasia, Pantang Menyerah!

      Pertandingan Jepang Vs Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022 ini berpeluang berjalan sengit sepanjang 2x45 menit babak reguler.

      Mantap! Personel Polda Kepulauan Riau Raih Emas Kejuaraan Atletik di Malaysia

      Anggota Ditlantas Polda Kepri membawa empet medali dari kejuaraan atlet di Kuala Lumpur, Malaysia.

      Data dan Fakta Menarik Brasil vs Korsel: Pertemuan Resmi Pertama

      Data dan fakta Brasil vs Korsel pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Stadium 974 Doha.