Tutup Iklan -->
Thatit Paksi Setyawan, Pemain Gendang Milenial Viral Asal Sragen
Pengendang viral Thatit Paksi Setyawan (Instagram/@tatitpaksi).

Solopos.com, SOLO -- Pemain gendang viral bernama Thatit Paksi Setyawan akhir-akhir ini membuat heboh media sosial. Memiliki wajah yang rupawan dan teknik bermain kendang yang berbeda membuat Thatit Paksi Setyawan digrandungi para penikmat musik.

Thatit, pemain gendang viral ini berasal dari Sragen, Jawa Tengah. Ia mengenal alat musik kendang sejak kelas dua SD. Saat itu, sang ayah yang berprofesi sebagai dalang wayang kulit sedang pentas.

Muhammadiyah Tegas Tolak Istilah Berdamai dengan Covid-19: Lihat Tenaga Medis!

"Saya mulai bermain kendang sejak kelas dua SD. Dulu bapak waktu bapak pentas itu profesinya dalang wayang kulit. Pas pentas secara tiba-tiba saya minta pengin ngendang. Akhirnya, pas di pentasnya saya mencoba untuk menggendang. Pas waktu itu maraknya musik campursari. Saya mulai ngendang kelas dua SD ditekuni sampai sekarang." kata Thatit dalam video siaran langsung di kanal Youtube Jungkung Channel, Minggu (19/4/2020).

Menjadi pemain gendang viral, Thatit mengaku tak menyangka. Justru hal tersebut membuat dirinya bisa mempunyai saudara dan teman-teman baru.

Konser Akbar Didi Kempot 14 November 2020 Tetap Digelar, Hadirkan Hologram Sang Maestro

"Begini ya, pribadi saya dengan melihat dan mengalami dengan situasi seperti ini. Satu, saya kaget banget. Saya enggak nyangka istilahnya apa ya saya menyadari cara saya bermain kendang teknik yang saya gunakan masih dalam tahap belajar," lanjut dia.

"Saya merasa masih harus banyak belajar lagi. Banyak teman-teman saya pemain kendang saya lebih senior dari saya dan jago dari saya. Kalau dikatakan viral bukan viral, saya menyebutnya alhamdullilah banyak saudara dan teman. Kesempatan juga bisa berkenalan dengan teman-teman sebelumnya yang belum saya kenal," ungkapnya.

Bupati Juliyatmono Perbolehkan Salat Id Berjemaah di Lapangan, Istilah Karanganyar Terserah Muncul

Cucu Ki Manteb Sudarsono yang Berprestasi

Lelaki berusia 19 tahun ini ternyata cucu dari dalang kondang Ki Manteb Sudarsono. Dalam catatan prestasinya, Thatit berhasil memperoleh juara satu dalam ajang Parade Lagu Daerah Jawa Tengah 2020.

Tak hanya pemain gendang viral, Thatit juga mahir dalam menciptakan lagu. Terbukti dengan keberhasilan Thatit memperoleh juara pertama dalam perlombaan cipta lagu daerah tersebut.

10 Berita Terpopuler: Begal Sragen Ditangkap-Penemuan Mayat Wonogiri

Bersama dua rekannya yakni Denny Kumoro Tri Sasandy dan Kukuh Indrasmoro, Thathit pernah memenangi lomba cipta lagu di tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada 2019 lalu. Saat itu, mereka membawakan dua buah lagu berjudul Endahing Sragen dan Dolan Sragen.

Ia menceritakan lagu berjudul Endahing Sragen dan Dolan Sragen menggambarkan tentang keindahan potensi yang ada di Sragen. Baik itu potensi seni, budaya, pariwisata, kuliner hingga budaya Guyub Rukunnya masyarakat Sragen.

Update Covid-19 WNI di Luar Negeri: Positif 839, Tersebar di 35 Negara

"Jadi kalau Endahing Sragen ini saya menggambarkan bagaimana keindahan yang ada di Sragen, iklim di Sragen seperti apa, masyarakatnya, guyub rukunnya seperti apa. Bagaimana caranya musik khas Sragenan tayub ini bisa dinikmati oleh anak - anak muda sekarang. Lagu kedua Dolan Sragen, Sragen itu punya apa saja. pariwisata, makanan khasnya, produk unggulannya. Supaya bagaimana caranya orang itu tertarik untuk dolan ke Sragen," tandasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho